Comscore Tracker

7 Game Keren yang Ternyata Kehilangan Fitur Menariknya

Apa saja dan apa alasannya?

Sebuah game yang baik akan mempunyai fitur yang baik pula. Fitur tersebut biasanya menjadi ujung tombak dari game tersebut dan membuat game itu semakin menarik. Namun ternyata pada beberapa game fitur yang menjadi ujung tombak mereka tersebut dihilangkan. 

Alasan masing-masing developer berbeda-beda. Banyak gamer yang merasa bahwa hilangnya fitur tersebut memengaruhi kenikmatan dan kualitas dari game-game tersebut. Fitur apa saja yang dihilangkan dari game-game berikut ini ya hingga membuat para gamer kecewa.

1. Endingnya - Knights Of The Old Republic 2

7 Game Keren yang Ternyata Kehilangan Fitur Menariknyagames.avclub.com

Ending merupakan bagian yang penting dalam sebuah game. Ending yang menarik tentunya akan membuat gamer merasa puas ketika menyelesaikan game tersebut. Obsidian selaku developer game ini mengaku bahwa kesulitan dalam menyelesaikan game ini tepat waktu, alhasil dia memotong beberapa bagian ending yang ternyata dirasakan para gamer dan membuat game ini kurang pada endingnya. 

Ending ada game ini dinilai terlalu ambisius dan memberikan banyak petunjuk. Pada akhirnya Obisidian merilis ending-ending yang tak sempat mereka kerjakan dengan harapan modder bisa membuat gamer merasakan ending sebenarnya dari game ini.

2. Perang Saudara yang Diperpanjang - Skyrim

7 Game Keren yang Ternyata Kehilangan Fitur Menariknyanintendo.co.za

Game ini sebenarnya sangat mantap, bagi yang pernah memainkan game ini pasti tahu alasannya. Namun sebagian dari gamer merasakan adanya kurang dalam peperangan yang ada di Skyrim yaitu Perang Saudara. Dimana Ulfric Stormloack melawan Imperial Legion. Seperti kebanyakan game open-world kamu bebas memilih side manapun. Namun kurangnya perang ini adalah kalian dipastikan akan memenangkan perang ini. Gamer banyak berharap bisa sedinamis mungkin hingga kamu bisa kalah pada perang ini.

3. Boss Battle Song Bird - Bioshock: Infinite

7 Game Keren yang Ternyata Kehilangan Fitur Menariknyareddit.com

Sudah bukan rahasia lagi bila banyak tantangan yang dihadapi ketika mengembangkan game Bioshock: Infinite. Benar, game yang satu ini memiliki cukup banyak perombakan salah satunya adalah boss battle Song Bird. Boss yang satu ini menjadi fitur game yang hilang.

Awalnya Song Bird diproyeksikan untuk menjadi semacam nemesisnya Bioshock: Infinite. Ia bakal bertemu dengan kalian di sepanjang perjalanan dan kalian disuruh memilih untuk menghindar atau menghadapinya.

Tapi kemudian fitur ini disunat dan kalian hanya bakal menghadapi Song Bird menjelang akhir permainan. Cukup tragis nasib raksasa yang satu ini. Padahal untuk ukuran, Song Bird ini besarnya bukan main.

Baca Juga: 5 Game Ini Buktikan Bahwa 2018 Merupakan Tahun Terbaik Bagi Video Game

4. Stormy Ascent - Crash Bandicoot

7 Game Keren yang Ternyata Kehilangan Fitur Menariknyagamerevolution.com

Sebuah game yang tentunya familiar dengan kamu. Yup, Crash Bandicoot, game adventure yang telah menjadi franchise sejak Playstation. Di sini ternyata ada bonus round yang bernama Stormy Ascent. Sebuah bonus round tergila yang pernah ada. Namun ternyata fitur tersebut tidak jadi dirilis pada saat itu. Hingga fitur tersebut jadi legenda bertahun-tahun. Namun Activision lewat Crash Bandicoot : N-Sane Trilogy kembali membawa bonus round. Tertarik mencobanya atau malah sudah frustasi dibuatnya?

5. Pemotongan Unsur Explorasi - Uncharted 4

7 Game Keren yang Ternyata Kehilangan Fitur Menariknyastore.playstation.com

Bila sebelum-sebelumnya fitur yang hilang membuat game sedikit hampa berbeda dengana fitur pada game ini. Fitur yang dihilangkan merupakan beberapa pilihan eksplorasi. Diakui memang Uncharted 4 menjadi berbeda namun menjadi lebih segar. Fitur yang dihilangkan tersebut disebut-sebut karena peralihan jabatan penting dari Amy Hennig ke duo Bruce Straley dan Neil Druckmann.

6. BFG yang Bisa di Mod - DOOM

7 Game Keren yang Ternyata Kehilangan Fitur Menariknyayoutube.com/RandomlyCylent

Senjata BFG kepunya game Doom tentunya ikonik. Kehadirannya sangat ditunggu oleh banyak gamer terutama penggemarnya. Namun ternyata fitur ini tidak ada pada Doom terbaru dan membuat banyak gamer kecewa.

7. Misi ke-51 - Metal Gear Solid V: The Phantom Pain

7 Game Keren yang Ternyata Kehilangan Fitur Menariknyayoutube.com/Nox

Fitur ini tidak jadi terselesaikan karena Hideo Kojima dan Konnami selaku perusahaan bersitegang. Padahal kehadiran game satu ini sangat dinantikan penggemar. Alhasil sebagai misi yang tak terselesaikan dan berakhir dengan ketidakjelasan membuat game ini yang diplot sebagai akhir game manjadi tidak jelas tanpa hadirnya misi tersebut secara lengkap.

Itulah tadi 7 game dengan beragam fitur yang hilang dan tak terselesaikan. Kehadiran fitur-fitur pada game tersebut cukup dinantikan dan membuat game-game tersebut sangat laris dipasarkan namun apa daya ternyata ada berbagai masalah yang mengiringi hilangnya fitur-fitur tersebut. Ada game favoritmu di atas?

Baca Juga: Super Seru, Ini 7 Game Terbaik untuk Nintendo Switch Edisi 2018

Niken Ari Prayitno Photo Community Writer Niken Ari Prayitno

Full time writer & part-time student.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You