Comscore Tracker

6 Teknologi Digital yang Jadi Tren di Abad 21

Teknologi digital kini menjadi kebutuhan primer manusia

Teknologi digital tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia saat ini, banyak aspek dalam lini kehidupan manusia melibatkan teknologi ini, mulai dari marketplace, media sosial, pendidikan, penyimpanan database, teleconference, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, perlu bagi kita untuk mengetahui tren apa saja seputar teknologi digital agar kita senantiasa adaptif untuk mempermudah hidup kita melalui fasilitas digital dan bahkan bisa menciptakan peluang dan inovasi baru pada teknologi ini, sehingga teknologi ini bisa semakin membawa manfaat bagi umat manusia.

Berikut ulasan singkat mengenai 6 teknologi digital yang menjadi tren di abad 21.

1. Artificial Intelligence

6 Teknologi Digital yang Jadi Tren di Abad 21AI mempermudah hidup manusia. (pexels.com/@kindelmedia)

Dilansir dari kdnuggets.com, AI atau artificial intelligence merupakan kemampuan suatu mesin komputer untuk mereplikasi cara berpikir dan logika manusia, konsep mengenai AI telah dirumuskan oleh manusia sejak tahun 1950an dan kini perkembangannya telah mencakup semua lini kehidupan manusia, mulai dari gadget yang kita gunakan hingga sistem kontrol otomatis pada kendaraan, perangkat elektronik maupun industri, AI telah banyak membantu mempermudah hidup manusia karena manusia tidak lagi perlu untuk mengontrol secara langsung proses yang sedang dikerjakan oleh sistem AI.

Saat ini perkembangan AI telah mencapai tahap dimana manusia mampu merancang mesin AI yang bisa menangkap dan memahami langsung bahasa manusia, sebuah perusahaan riset asal San Fransisco, Open AI, telah berhasil mengembangkan GPT-3, sebuah mesin AI yang mampu menyimpan informasi melalui membaca dan mampu mengolah dan menuangkan informasi dalam bentuk tulisan teks, bahkan bisa melakukan percakapan dengan manusia, hal ini bisa mempermudah kehidupan manusia di masa depan dimana manusia bisa mempekerjakan mesin AI dan memberi instruksi hanya dengan kata kata, tidak perlu repot untuk memprogram mesin AI.

2. E-Money

6 Teknologi Digital yang Jadi Tren di Abad 21Ilustrasi transaksi dengan e-money (pexels.com/@energepic-com-27411)

Gopay, OVO dan LinkAja memang sudah tidak asing lagi bagi kita, karena dengan fasilitas tersebut bisa memberikan kita kemudahan dalam bertransaksi dengan lebih fleksibel dan nyaman, ketiga contoh di atas merupakan e-money.

Menurut European Central Bank, e-money merupakan value dari suatu uang yang disimpan dalam bentuk elektronik, baik yang berbasis hardware seperti chip, kartu dan lain lain, ataupun bisa berbasis software seperti pada aplikasi OVO dan Gopay.

Teknologi ini menjadi tren di era digital seperti sekarang karena karakteristik masyarakat saat ini cenderung lebih menyukai sesuatu hal yang praktis dan fleksibel, menurut trade.gov, karakteristik konsumen Indonesia cenderung untuk adaptif terhadap produk produk digital.

Transaksi melalui e-money  dikatakan praktis karena dilakukan tanpa perlu menyiapkan uang kembalian karena secara otomatis sudah terupdate di sistemnya, ditambah dengan kondisi pandemi yang memungkinkan untuk bertransaksi dengan #dirumahaja dan contactless payment sehingga menjadikan tren e-money semakin menjamur.

3. Internet of Things (IoT)

6 Teknologi Digital yang Jadi Tren di Abad 21Ilustrasi mengkoneksikan alat dengan jaringan internet (pexels.com/@alexander-dummer)

IoT merupakan suatu interkoneksi antara suatu alat atau objek dengan sebuah jaringan internet, sehingga memungkinkan alat atau objek itu untuk dipantau dan dikendalikan dari jarak jauh melalui koneksi internet.

Dilansir dari oracle.com, saat ini terdapat lebih dari 7 miliar device yang terkoneksi dengan IoT dan diperkirakan jumlahnya akan meningkat sebesar 22 miliar pada tahun 2025.

Teknologi ini menjadi tren karena kepraktisannya dalam aplikasi sehari hari, sesederhana lampu atau AC yang bisa dikendalikan lewat smartphone hingga mobil masa depan yang berjalan tanpa driver melalui pengendalian otomatis berbasis GPS dan jaringan internet.

Baca Juga: 5 Alasan Teknologi AIoT SHARP Siap Penuhi Kebutuhan Milenial

4. Teknologi Wireless

6 Teknologi Digital yang Jadi Tren di Abad 21Ilustrasi komunikasi mobile (pexels.com/@george-pak)

Teknologi wireless merupakan teknologi yang tidak memerlukan adanya kabel sebagai transmisi data, teknologi ini membawa kemudahan dalam kehidupan manusia, baik dalam bidang telekomunikasi, kontrol - kendali, hingga transportasi.

Teknologi ini sudah sejak lama ditemukan, dimana radio dan TV merupakan salah satu perangkat wireless tertua yang menginisiasi teknologi teknologi wireless yang lebih muda seperti bluetooth dan internet.

Saat ini, teknologi wireless telah maju cukup pesat, kita tentu sudah tidak asing dengan adanya smartphone yang memungkinkan komunikasi dilakukan secara mobile, hampir semua kalangan usia mengenal smartphone sebagai salah satu kebutuhan primer, selain itu dikembangkannya wifi beserta jaringan 5G merupakan salah satu kemajuan dari teknologi wireless.

5. Virtual Reality & Augmented Reality

6 Teknologi Digital yang Jadi Tren di Abad 21Ilustrasi orang menggunakan VR (pexels.com/@fauxels)

Pernah main Pokemon Go? Seru banget gak sih? Itu merupakan salah satu aplikasi teknologi VR & AR yang merupakan teknologi digital yang lagi ngetren di abad 21.

Dilansir dari marxentlabs.com, VR dan AR sendiri merupakan suatu simulasi dengan program komputer sehingga user bisa merasakan sensasi secara langsung dalam berinteraksi dengan lingkungan yang ada di program tersebut, selain merasakan sensansi nyata secara visual, kini telah dikembangkan teknologi audio, sentuhan, bahkan indra penciuman dalam program VR & AR, makin kerasa banget kan nyatanya.

Melansir linchpinseo.com, pada tahun 2018, pasar VR dan AR telah berhasil menjual produknya hingga mencapai 8,9 juta pengguna, dan diperkirakan akhir tahun 2022 akan tumbuh menjadi 65,9 juta pengguna.

Tren dalam VR dan AR kan terus meningkat, khususnya dalam dunia entertainment seperti video game dan virtual tour, dalam bidang IPTEK sendiri juga dimanfaatkan untuk data visualization (molekular, arsitektur, simulasi pemodelan cuaca), pelatihan (mengemudi, penerbangan), edukasi, martial art training , sports, terapi kejiwaan, dan masih banyak lagi.

Itu dia 6 tren teknologi digital di abad 21, dari semua yang ada di atas, mana nih yang menurutmu paling keren dan prospeknya paling bagus di masa depan?

Baca Juga: Gak Kalah Canggih! 5 Teknologi Bikinan Korea Utara 

Muhammad Ilham Akbar Photo Writer Muhammad Ilham Akbar

usual average introvert guy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya