Comscore Tracker

Kormo, Aplikasi Baru dari Google yang Berguna untuk Mencari Pekerjaan

Kamu bisa membuat CV-mu dengan gratis lewat aplikasi ini

Kamu sudah pasti tentang Google kan? Perusahaan raksasa yang bekerja di bidang teknologi. Apakah kamu sudah pernah mendengar tentang produk aplikasinya yang terbaru, Kormo? Kemungkinan besar belum.

Itu adalah aplikasi yang ditujukan untuk para pekerja. Konsepnya seperti LinkedIn yang mana bisa menghubungkanmu kepada perusahaan-perusahaan serta orang-orang di dalamnya. Berikut ini info lebih lanjut mengenai Kormo.

1. Kormo bertujuan untuk mempermudah seseorang mencari pekerjaan

Kormo, Aplikasi Baru dari Google yang Berguna untuk Mencari Pekerjaanmedium.com

Diluncurkan pada Maret lalu di Indonesia, aplikasi Kormo berusaha untuk menjadi jembatan bagi para pekerja dengan perusahaan. Banyak para pekerja yang kebingungan dalam mencari perusahaan dan banyak perusahaan yang kebingungan mencari karyawan baru. Lewat masalah ini Kormo berusaha menjadi jembatan kedua belah pihak.

2. Sudah banyak perusahaan yang tergabung dalam Kormo

Kormo, Aplikasi Baru dari Google yang Berguna untuk Mencari Pekerjaanmedium.com

Dalam acara Google for Indonesia yang digelar di Jakarta pada Rabu kemarin (20/11), terdapat info jika aplikasi ini sudah mulai banyak digunakan. "Kami telah terkoneksi dengan 25.000 pekerja dan bekerja sama dengan ratusan perusahaan di fase ini," ujar Bickey Russell selaku Project Lead Kormo yang berbicara pada acara Google tersebut. Namun demikian, perusahaan yang mendaftar di Kormo masih terbatas seputar Jakarta saja dan rencananya akan berkembang ke kota-kota lain.

Baca Juga: Aplikasi dan Website Gratis yang Mempermudah Proses Daftar CPNS

3. Pengguna aplikasi dapat membuat curriculum vitae (CV) dengan gratis

Kormo, Aplikasi Baru dari Google yang Berguna untuk Mencari Pekerjaanyoutube.com Kormo Bangladesh

Salah satu fitur yang ditawarkan dalam aplikasi ini adalah pembuatan CV. Banyak orang yang masih tidak paham dengan pentingnya dan cara membuat CV yang baik dan benar. Karena itu Kormo menyediakan opsi pembuatannya. Caranya cukup dengan mengisi data pribadi serta minat pekerjaan dalam aplikasi Kormo. Nantinya CV tersebut bisa dicetak.

4. Ada beberapa pilihan ranah pekerjaan yang bisa dicoba

Kormo, Aplikasi Baru dari Google yang Berguna untuk Mencari Pekerjaanmedium.com

Pilihan itu mencakup area desain, memasak, administratif, manejemen, pelayanan, dan lain sebagainya. Karena tergolong aplikasi baru, Kormo masih sedikit memberikan opsi ketertarikan bidang dan hanya memberikan 12 pilihan. Sebagai contoh belum ada bidang dalam guru atau penulis. Tapi dipastikan ke depannya akan berkembang.

5. Bagi yang tidak memiliki pengalaman, aplikasi Kormo juga memberikan fitur pembelajaran

Kormo, Aplikasi Baru dari Google yang Berguna untuk Mencari Pekerjaanpeoplematters.in

Jika kamu mengecek langsung aplikasi Kormo ini, kamu akan mendapati opsi “pelajari.” Opsi ini memberikanmu tutorial dalam bentuk video yang bisa mengembangkan kemampuanmu. Mereka yang belum memiliki pengalaman bekerja atau tidak memiliki keahlian spesialis pun bisa belajar dari video-video tersebut.

Aplikasi Kormo sudah disebarkan ke beberapa negara, seperti Bangladesh dan India. Itu berarti ada kesempatan bagimu untuk bekerja di luar negeri selain di luar kota dan luar pulau. Mari kita tunggu saja update lebih dari aplikasi ini dan silakan mencobanya mulai dari sekarang.

Baca Juga: 7 Aplikasi Terbaik untuk Menghemat Kuota Smartphone Kamu, Bikin Senang

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You