Comscore Tracker

9 Perkembangan Teknologi Industri Perfilman yang Paling Berpengaruh

Tanpa alat ini, bisa-bisa kita masih melihat film bisu

Film adalah produk teknologi dan kamu harus tahu itu. Semenjak 1800an, film sudah mulai diproduksi dan terus berkembang hingga sekarang. Kualitas sekaligus ide-ide cerita selalu muncul yang baru, karena teknologinya yang makin canggih. Berikut ini adalah teknologi yang mengubah jalannya industri film.

1. Kamera film

9 Perkembangan Teknologi Industri Perfilman yang Paling Berpengaruhredsharknews.com

Ini adalah teknologi yang ditemukan pada 1800an. Pernah dikatakan pada 1895, karena begitu bagusnya gambar yang dikeluarkan dan tampak nyata pada saat itu, orang-orang berlari menghindari layar yang menunjukkan kereta yang berjalan mengarah ke mereka.

2. Suara sinkronis

9 Perkembangan Teknologi Industri Perfilman yang Paling Berpengaruhlynda.com

Film bisu memasuki era keemasan sebelum ditemukannya teknologi ini. Di masa tersebut, live-music langsung diadakan sebagai latar musik untuk film. Namun dengan adanya teknologi ini, orang-orang tak perlu memainkan alat musik secara live lagi.

3. Warna

9 Perkembangan Teknologi Industri Perfilman yang Paling Berpengaruhtheultralinx.com

Pada zaman dulu, film berwarna monokrom atau hitam putih. Kehadiran teknologi yang menampilkan warna membuat film menjadi lebih nyata.

4. Layar hijau

9 Perkembangan Teknologi Industri Perfilman yang Paling Berpengaruhtechsmith.com

Penggunaan teknologi digital di dunia film dimulai pada 1940an. Teknologi ini membuat aktor “bisa berada di mana saja,” bahkan di suatu tempat yang tidak mungkin dikunjungi manusia.

Baca Juga: 9 Teknologi Ini Ternyata Sudah Diprediksi oleh The Simpsons Sejak Lama

5. Peralatan ringan

9 Perkembangan Teknologi Industri Perfilman yang Paling Berpengaruhpinterest.com

Kebanyakan teknologi yang dibutuhkan untuk membuat film berukuran sangat besar dan berat hingga menyusahkan proses produksi. Namun semenjak ditemukan kamera kecil dan ringan, hal itu langsung mengubah gaya dan tema film.

6. Rig kamera

9 Perkembangan Teknologi Industri Perfilman yang Paling Berpengaruhdslrvideoshooter.com

Rig kamera adalah teknologi yang membantu perkembangan teknik pengambilan gambar. Tanpa adanya itu, mustahil mendapatkan gambar yang mulus dengan hanya bermodalkan tangan saja.

7. Lensa digital

9 Perkembangan Teknologi Industri Perfilman yang Paling Berpengaruhcanon-europe.com

Kualitas lensa yang terus menerus dikembangkan memungkinkan mendapatkan gambar yang lebih bagus. Di zaman dulu, sangat susah mendapatkan gambar 24 frame per detik yang mana sekarang sangat mudah didapat.

8. Gambar dari komputer

9 Perkembangan Teknologi Industri Perfilman yang Paling Berpengaruhredsharknews.com

Alias CGI (computer-generated imagery). Teknologi CGI menunjukkan kemunculan era modern dari industri perfilman.

9. Internet

9 Perkembangan Teknologi Industri Perfilman yang Paling Berpengaruhcaasimada.net

Mau tidak mau, harus diakui internet sangat membawa perubahan bagi industri film. Selain memudahkan orang untuk mendistribusikan film, para konsumen juga menjadi lebih selektif dalam memilih film.

Beruntunglah kalian para pencinta film di zaman sekarang karena kehadiran teknologi canggih yang membuat gambar film memiliki kualitas tinggi. Bayangkan saja jika tidak ada teknologi ini, apa yang bakal kamu tonton?

Baca Juga: Menurut Bill Gates, Ini 10 Inovasi Teknologi yang Penting Dikembangkan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You