Comscore Tracker

Work From Home? 5 Aplikasi Meeting Online Ini Bisa Membantumu

Gratis, simpel, dan bermanfaat!

Wabah Covid-19 yang tengah merajalela di Indonesia membuat masyarakat harus disiplin dalam menerapkan social distancing. Banyaknya sekolah dan universitas yang diliburkan, tempat wisata yang ditutup, hingga perusahaan yang mengharuskan karyawannya bekerja dari rumah alias work from home. Walaupun work from home, produktivitas dan kelancaran bekerja harus tetap terjaga, 'kan?

Jika biasanya melakukan meeting secara langsung di kantor, sekarang meeting pun berpindah ke sistem online dengan aplikasi. Untuk memudahkanmu, 5 aplikasi ini dapat kamu pilih untuk melakukaan meeting online dengan para kolegamu di kantor. Yuk, simak ulasannya!

1. Skype

Work From Home? 5 Aplikasi Meeting Online Ini Bisa Membantumumspoweruser.com

Siapa yang tak mengenal aplikasi yang terkenal untuk video call ini? Lewat Skype, kamu dapat melakukan panggilan video dengan maksimal 50 orang. Batas waktu dalam satu panggilan ialah 4 jam, dengan maksimal 10 jam per hari. Jika tak ingin lupa isi meeting, kamu dapat merekam seluruh panggilan dari awal sampai akhir. 

2. Zoom

Work From Home? 5 Aplikasi Meeting Online Ini Bisa Membantumuforbes.com

Sama dengan Skype, Zoom juga memudahkanmu untuk melakukan panggilan video dengan maksimal 25 orang dalam versi gratisnya. Salah satu kelebihan Zoom ialah adanya fitur share screen alias memperlihatkan layar komputer/laptopmu dengan orang lain. Jadi, kamu dapat menampilkan materi berupa slide, jurnal, buku, dan lain-lain. Namun, kekurangan Zoom versi gratis adalah batasan waktu dalam satu meeting yang hanya 40 menit. Jika waktunya sudah habis, kamu harus memulai sebuah meeting lagi. 

Hal yang unik dari Zoom ialah kamu dapat mengganti latar belakang saat melakukan panggilan video dengan gambar-gambar berbagai tempat, seperti di London, sawah, ruang angkasa, dan lain-lain. Kamu pun dapat menggunakan gambarmu sendiri, lho! Asyik dan lucu, deh!

3. GoToMeetings

Work From Home? 5 Aplikasi Meeting Online Ini Bisa Membantumugigaom.com

Sesuai namanya, kamu dapat menggunakan GoToMeetings untuk menyelenggarakan meeting secara online. Memiliki fitur panggilan video dan share screen, aplikasi ini memiliki kekurangan yaitu batas maksimal pengguna dalam sebuah meeting hanyalah 3 orang saja dalam versi gratisnya.

Baca Juga: Lagi Social Distancing? Tenang, Belanja Aman Pakai 5 Aplikasi Ini Aja!

4. Google Hangout

Work From Home? 5 Aplikasi Meeting Online Ini Bisa Membantumutechcrunch.com

Bisa beramai-ramai, kamu bisa melakukan meeting dengan 250 orang, lho! Cocok banget, nih, buat kamu yang ingin melakukan kuliah online dengan seluruh teman di angkatanmu! Sama dengan aplikasi lainnya, Google Hangout juga memiliki fitur video call dan share screen.

5. Join.Me

Work From Home? 5 Aplikasi Meeting Online Ini Bisa Membantumublog.join.me

Walaupun belum terlalu terkenal di Indonesia, Join.Me bisa menjadi pilihanmu dalam melakukan meeting online. Join.Me pun memiliki fitur yang memungkinkan pengguna bergabung lewat nomor telepon atau VoIP. Tak lupa, aplikasi ini juga memungkinkanmu untuk mengirim berkas dan share screen.

Nah, aplikasi mana yang ingin kamu coba, nih? Walaupun work from home, semoga semangatmu tetap membara, ya! Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan!

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Iklan Mengganggu pada Aplikasi Resmi Xiaomi

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

Kedokteran UNS 2017 aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya