Comscore Tracker

8 Aplikasi Gratis Buat Kamu yang Sering Lupa Password

Mulai sekarang kamu cuma perlu mengingat satu kata sandi

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, banyak sekali layanan digital yang kita gunakan sehari-hari. Seperti email, media sosial, internet banking, e-commerce, streaming musik, dsb. Semua layanan digital tersebut tentu membutuhkan kata sandi sebagai pengaman untuk mengakses akun.

Jadi, berapa kata sandi yang harus kamu ingat untuk semua layanan digital yang kamu gunakan? Apakah kamu termasuk orang yang sering lupa kata sandi?

Tenang, berikut adalah 8 aplikasi Password Manager yang akan membantu mengelola semua kata sandi kamu. Sehingga kamu tidak perlu repot lagi untuk mengingat semua kata sandi.

1. Keepass2Android

8 Aplikasi Gratis Buat Kamu yang Sering Lupa Passwordplay.google.com

Merupakan satu dari banyak aplikasi Unofficial KeePass Password Safe yang ada di Play Store. KeePass sendiri adalah aplikasi pengelola kata sandi gratis dan open source yang versi resminya hanya tersedia untuk sistem operasi Windows.

Dengan Keepass2Android kamu bisa menyimpan semua kata sandi yang kamu miliki dengan aman dan gratis. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan kartu identitas, kartu kredit dan catatan penting.

Semua data tersebut di enkripsi menggunakan algoritma AES-256 bit yang menjamin keamanan data kamu. Sementara untuk masuk ke aplikasinya, bisa menggunakan kata sandi master, QuickUnlock atau sidik jari.

2. Bitwarden

8 Aplikasi Gratis Buat Kamu yang Sering Lupa Passwordplay.google.com

Sama seperti Keepass2Android, Bitwarden merupakan aplikasi password manager gratis dan open source. Dengan algoritma AES-256 bit, kamu bisa menyimpan semua kata sandi, catatan penting, kartu kredit dan kartu ID dengan keamanan tingkat tinggi.

Kamu juga bisa membuat kata sandi super kuat dengan fitur password generator. Dan dengan fitur sinkronisasi, semua kata sandi yang disimpan bisa diakses melalui situs resmi bitwarden dan perangkat kamu lainnya.

Aplikasi Bitwarden memiliki 3 pilihan keamanan untuk mengaksesnya, yaitu menggunakan kata sandi utama, sidik jari atau PIN.

Baca Juga: 10 Tanda Password yang Kamu Gunakan Terlalu Lemah, Yuk Ganti! 

3. My Vault

8 Aplikasi Gratis Buat Kamu yang Sering Lupa Passwordplay.google.com

Aplikasi ini menyimpan semua kata sandi dan catatan penting kamu hanya di penyimpanan lokal smartphone. Jadi tidak perlu akses internet dan tidak bisa di sinkronisasi. Hanya bisa dicadangkan ke Excel.

Dengan tampilan yang sederhana. Kamu bisa membuka aplikasi hanya dengan PIN atau fingerprint. Dan setiap data yang kamu simpan di enkripsi dengan algoritma yang sangat kuat.

4. Avast Passwords

8 Aplikasi Gratis Buat Kamu yang Sering Lupa Passwordplay.google.com

Pengelola kata sandi gratis berikutnya adalah Avast Passwords. Simpan semua kata sandi, kartu kredit dan catatan penting kamu di Avast Passwords. Lalu sinkronkan semuanya ke perangkat kamu lainnya secara mudah dan gratis.

Aplikasi Avast Password tersedia untuk perangkat Android, iPhone, PC dan Mac. Dengan fitur Login Satu Sentuhan kamu bisa mengakses Avast Password di desktop dengan mudah.

Selain hal-hal di atas, fitur password generator, autofill password dan sidik jari juga tersedia. Dan yang pasti semua data di enkripsi dengan AES-256 bit.

5. Avira Password Manager

8 Aplikasi Gratis Buat Kamu yang Sering Lupa Passwordplay.google.com

Avira PWM menggunakan enkripsi sekelas bank untuk melindungi semua kata sandi dan catatan penting kamu. Tersedia fitur built-in autentikasi 2 faktor untuk meningkatkan keamanan saat mengakses akun kamu. Dan untuk masuk ke aplikasinya, kamu bisa menggunakan kata sandi master, sidik jari atau Face ID.

Fitur Autofill Password juga tersedia untuk memudahkan kamu mengisi kata sandi. Dan fitur Backup and Sync akan memudahkan kamu mengakses semua kata sandi dari perangkat lain yang kamu miliki.

6. Norton Password Manager

8 Aplikasi Gratis Buat Kamu yang Sering Lupa Passwordplay.google.com

Aplikasi tersedia untuk perangkat android dan iOS juga ekstensi browser chrome, firefox, safari dan microsoft edge. Dan semua kata sandi dan catatan kamu bisa disinkronisasi otomatis ke semua perangkat tersebut.

Dengan fitur built-in browser, kamu bisa menjelajah internet lebih aman. Fitur penting lainnya adalah password generator untuk membuat kata sandi super kuat, pengisian kata sandi otomatis dan Touch ID/Face ID untuk masuk ke aplikasi dengan lebih mudah dan aman.

7. Roboform

8 Aplikasi Gratis Buat Kamu yang Sering Lupa Passwordplay.google.com

Simpan semua kata sandi kamu dengan keamanan tingkat tinggi AES-256 bit ditambah autentikasi 2 faktor akan menjamin keamanan data kamu di Roboform.

Roboform menyediakan fitur pengisian data otomatis tidak hanya untuk username dan password tapi juga nama, no. hp, alamat dan data diri lainnya yang tersimpan.

Tersedia juga fitur Emergency Access untuk memberi akses kontak terpercaya ke data roboform kamu jika terjadi kematian, cacat atau sebagai metode pemulihan akun.

8. Keeper

8 Aplikasi Gratis Buat Kamu yang Sering Lupa Passwordplay.google.com

Terakhir adalah aplikasi pengelola kata sandi Keeper. Dengan fitur Security Audit untuk menilai seberapa kuat semua kata sandi kamu yang disimpan. Dan fitur pengisian kata sandi otomatis untuk login lebih mudah dan aman.

Untuk memastikan cuma kamu yang bisa mengakses data kamu. Keeper mempunyai sistem verifikasi identitas Keeper DNA, yaitu sistem verifikasi dengan autentikasi 2 faktor, sidik jari dan wearable device untuk masuk ke aplikasi.

Jadi, aplikasi password manager mana yang akan kamu instal sekarang? Tentukan dan instal segera agar kamu tak perlu repot lagi mengingat banyak kata sandi.

Baca Juga: Ketahui 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Gunakan Aplikasi Password Manager

Akim Photo Community Writer Akim

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You