Comscore Tracker

Gandeng Unity, Google Latih Developer Game Asli Indonesia

Gratis dan bisa diikuti dari mana saja!

Bukan rahasia kalau industri gaming di Indonesia tengah naik pesat. Google Indonesia mencatat bahwa pencarian kata "gaming" naik 210 persen pada 2020. Saat ini, mobile gaming pun jadi salah satu yang diminati.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, mencatat bahwa industri game bisa menyumbang (lebih dari Rp31 triliun). Tidak ingin hanya bermain? Google Indonesia menawarkan program bagi mereka yang berminat jadi pencipta game.

Mengapa Unity?

Gandeng Unity, Google Latih Developer Game Asli Indonesiaprogram pelatihan Google Play x Unity Game Developer Training (youtube.com/Google Indonesia)

Dalam perhelatan Google for Indonesia (G4ID) pada Rabu (7/12), Google Indonesia mengumumkan program Google Play x Unity Game Developer Training. Jika kalian main Mobile Legends: Bang Bang atau Free Firegame tersebut menggunakan engine Unity.

"Unity digunakan secara global baik oleh developer besar maupun kecil, mulai dari studio game indie hingga studio game besar," tutur Director of Google Play Partnerships untuk ASEAN dan Australia, Kunal Soni.

Bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI), program yang masih dalam tahap pilot ini memberi pelatihan dan sertifikasi kepada 500 mahasiswa/i di lebih dari 15 perguruan tinggi dan 50 developer profesional. Selain dipandu oleh instruktur, program mandiri ini dilakukan secara online dan gratis.

Baca Juga: Google Jaring 9.000 Peserta di 2023 dengan Program Bangkit

Bisa memilih 3 jalur sesuai passion

Dalam pelatihan Google dan Unity ini, para peserta diizinkan untuk memilih antara tiga jalur pembelajaran sesuai kehendaknya. Jalur-jalur tersebut adalah:

  • Game Developer
  • Artist
  • Programmer

Setelah memilih, para peserta akan menjalani program pelatihan intensif. Pelatihan ini terbagi menjadi 10 modul dengan waktu pembelajaran sekitar 30–40 jam dan bisa diselesaikan selama beberapa minggu.

Bagaimana cara mendaftar?

Gandeng Unity, Google Latih Developer Game Asli Indonesiaprogram pelatihan Google Play x Unity Game Developer Training (Dok. Google Indonesia)

Selain gratis, para peserta pelatihan bisa diuntungkan dengan:

  • Mendapatkan keahlian yang dicari oleh industri game.
  • Mengikuti ujian untuk mendapatkan lisensi dari Unity, yang diakui secara global.

Dalam perhelatan tersebut, Google meresmikan program pelatihan pembuatan game bersama Unity. Bagi yang tertarik, bisa mendaftar melalui situs g.co/grow/gamedevtraining-id.

“Meningkatkan keterampilan mahasiswa dan developer lokal melalui berbagai kursus dan pelatihan yang tersedia di Unity akan membekali mereka dengan ilmu membuat game kelas dunia,” ucap Kunal.

Sebelum mendaftar, pastikan kamu benar-benar yakin dengan jalur pembuatan game yang diinginkan, ya!

Baca Juga: Google Umumkan Daftar Aplikasi dan Game Terbaik di Google Play 2022

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya