TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

ChatGPT Plus Resmi Rilis, Apa Bedanya dengan yang Gratis?

Untuk menggunakan ChatGPT Plus biayanya $20 per bulan

halam utama ChatGPT (dok. OpenAI)

OpenAI akhirnya secara resmi merilis ChatGPT versi berbayar. Sebelumnya Presiden dan Co-Founder OpenAI, Greg Brockman, memang sempat memberikan informasi bahwa mereka tengah mengembangkan konsep ChatGPT yang lebih premium pada pertengahan Januari 2023 lalu.

Kini OpenAI secara resmi merilis pilot program subscription yang diberi nama ChatGPT Plus. Pihak OpenAI sendiri menjanjikan respons yang lebih cepat dibanding versi gratis dengan biaya langganan yang tak masih masuk di akal.

Baca Juga: Cara Menggunakan ChatGPT, AI yang Jawab Semua Pertanyaan

Janjikan respons yang lebih cepat

OpenAI mematok biaya paket sebesar $20 per bulan bagi yang ingin menggunakan ChatGPT Plus. Program berbayar ChatGPT tersebut akan memberi akses prioritas ke AI chatbot, bahkan traffic ChatGPT sedang ramai di mana pengguna gratis harus menunggu.

Biaya berlangganan tersebut sejatinya lebih murah dibanding perkiraan. Melansir The Verge, estimasi awal biaya berlangganan ChatGPT versi premium bisa mencapai $42 per bulan. Untungnya OpenAI 'hanya' mematok setengah dari estimasi biaya awal tersebut.

OpenAI mengatakan akan mengirimkan undangan untuk layanan tersebut kepada orang-orang yang berada di Amerika Serikat dan dalam "daftar tunggu" selama beberapa minggu ke depan. Setelahnya, program berbayar ini akan diperluas ke beberapa negara lain di seluruh dunia.

Keunggulan ChatGPT Plus

ilustrasi perintah di ChatGPT (dok. IDN Times/Fatkhur Rozi)

Menurut laman resminya, ChatGPT Plus akan menyediakan tiga fitur khusus:

  • Akses tanpa waktu tunggu ke ChatGPT, bahkan saat jam sibuk
  • Waktu respons lebih cepat
  • Akses prioritas ke fitur dan peningkatan baru

Seperti yang kita tahu, ChatGPT memang sangat populer. Program kecerdasan buatan milik OpenAI tersebut digunakan oleh orang dari berbagai kalangan untuk berbagai tujuan. Mulai dari copywriter hingga programmer. Tentu memiliki akses ke ChatGPT selama masa sibuk jelas merupakan keuntungan utama membayar ChatGPT Plus.

Saat beberapa orang harus menunggu berjam-jam untuk masuk, keunggulan dari segi prioritas akses masuk saja sudah memastikan popularitas model berlangganan. Poin "Mendapatkan akses pertama ke fitur dan peningkatan baru" juga bisa dibilang sangat menarik. Meskipun sejauh ini kita belum tahu fitur baru itu apa yang nantinya akan diberikan oleh ChatGPT.

Baca Juga: 5 Kerusakan Smartphone yang Paling Umum

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya