Comscore Tracker

Cara Menggunakan ChatGPT, AI yang Jawab Semua Pertanyaan

Dari tutorial sampai bikin esai, bisa!

Punya pertanyaan random atau serius yang belum ketemu jawabannya? Atau, sedang bingung bikin narasi untuk esai maupun profil Linkedin? Coba kenalan dulu dengan artificial intelligence bernama ChatGPT ini. Tools yang baru dirilis pada akhir November 2022 ini, bisa membantu menjawab dan menjelaskan hampir seluruh jenis pertanyaan.

Fitur ini pun bisa kamu nikmati secara gratis selama masa percobaan. Tanpa perlu unduh aplikasi, cara menggunakan ChatGPT pun sangat ringkas. Tinggal ketik pertanyaan, lalu biarkan si AI menjawab.

Apa itu ChatGPT?

Cara Menggunakan ChatGPT, AI yang Jawab Semua Pertanyaanilustrasi situs Chat GPT (dok. OpenAI)

ChatGPT merupakan produk artificial intelligence dari perusahaan OpenAI. Prototype chatbot ini disambut antusias oleh berbagai kalangan tech geek juga regular user. Teknologi ini bahkan mendapatkan satu juta pengguna pertamanya sebelum berusia satu minggu, melansir akun resmi CEO OpenAI, Sam Altman. 

Popularitas teknologi AI ChatGPT memuncak karena dapat menjawab pertanyaan layaknya manusia. Bahkan jawabannya cukup rinci hingga terbentuk dialog layaknya obrolan.

Berbeda dengan mesin telusur biasa, AI tak sekadar memberikan tautan jawaban. Hasil dari penggunaan kode Phyton ini, mampu memecahkan masalah rumit melalui penjelasan rinci. Bahkan jika kamu mencari contoh kontrak kerja, ChatGPT bisa membuatkannya untukmu. 

Saat ini, ChatGPT masih dalam proses penelitian dan pengembangan. Meski demikian, chatbot dari OpenAI ini sudah bisa digunakan dengan sangat baik. Penggunaan teknologi bahasa GPT-3.5 dan kumpulan berbagai sumber, membuatnya nyaris bisa menjawab dan mengikuti instruksi apa saja. 

Namun, tetap saja, tak ada gading yang tak retak, ChatGPT pun menimbulkan pro kontranya sendiri. Artificial intelligence ini meningkatkan kekhawatiran akan peran manusia dalam beberapa sektor yang mungkin saja bisa dihapus, termasuk jurnalis hingga pemrogram di masa depan, melansir Forbes

Selain itu, ChatGPT pun memiliki keterbatasan basis pengetahuan yang masih terbatas sampai 2021 saja. Ada juga kecenderungan untuk menghasilkan jawaban yang salah dan penggunaan frasa berulang. Meski demikian, bot ChatGPT bisa mengakui saat tak mampu menjelaskan atau keliru menampilkan jawabannya. Wah, menarik, ya! 

Well, walaupun saat ini bisa digunakan secara gratis, Sam Altman selaku CEO OpenAI menyatakan adanya kemungkinan biaya obrolan. Ungkapan tersirat dalam balasan cuitan kepada Elon Musk tersebut mengisyaratkan adanya wacana monetisasi ChatGPT di masa mendatang. 

Baca Juga: Apa itu ChatGPT yang Viral di Twitter, Disebut Bisa Kalahkan Google!

Cara daftar ChatGPT

Cara Menggunakan ChatGPT, AI yang Jawab Semua Pertanyaanilustrasi membuat akun ChatGPT (dok. OpenAI)

Sebelum menggunakan ChatGPT, pengguna perlu mendaftar dulu. Bukan pendaftaran yang pakai fotokopi KTP gitu, bukan. Namun, melakukan sign up serupa membuat akun gitu.

Ada tiga opsi untuk sign up ke ChatGPT. Caranya, bisa menggunakan kombinasi email dan password, menghubungkan ke akun Google, atau dengan Microsoft account yang sudah ada. 

Jika sudah ready, langsung meluncur bikin akun dulu. Caranya seperti berikut:

  1. Buka browser di gawaimu
  2. Kunjungi situs https://chat.openai.com/ atau juga bisa melalui https://openai.com/blog/chatgpt/ lalu klik tombol hitam bertuliskan 'TRY CHATGPT'
  3. Ada dua tombol di halaman beranda, klik 'Sign Up' untuk mulai membuat akun
  4. Lanjut, pilih opsi pendaftaran. Kalau hendak menggunakan email, maka masukkan email dan password pada form yang ada. Jika memilih menghubungkan akun Gmail atau Microsoft, bisa klik salah satu dari dua opsi yang ada di bawah
  5. Lakukan verifikasi kode atau klik tautan verifikasi pada inbox email jika menghubungkan akun dengan Google dan Microsoft.

Langkah kelima tersebut merupakan akhir cara daftar ChatGPT. Selanjutnya, kamu bisa login dan langsung menggunakan fitur artificial intelligence ini.

Cara menggunakan ChatGPT

Cara Menggunakan ChatGPT, AI yang Jawab Semua Pertanyaanilustrasi halaman beranda ChatGPT (dok. OpenAI)

Lanjut, saatnya meluncur menggunakan si AI dari OpenAI ini. Setelah berhasil mendaftar, biasanya kamu akan diarahkan kembali ke halaman beranda yang menampilkan dua tombol 'login' dan 'sign up'.

Untuk melanjutkan, seperti ini caranya:

  1. Klik 'Login' pada halaman beranda
  2. Masukkan email dan password, pilihan lainnya dengan menghubungkan akun Gmail atau Microsoft. Sesuaikan dengan opsi yang kamu pilih saat mendaftar sebelumnya, ya
  3. Setelah loading selesai, kamu akan diarahkan ke halaman beranda sebagaimana tampilan pada gambar
  4. Ketikkan instruksi, pertanyaan, atau apa pun pada kolom di bawah seperti yang ditandai merah pada gambar di atas
  5. Lalu, klik tanda panah atau 'Enter' pada keyboard dan AI pun akan menjawab semua pertanyaanmu selama dia mengetahuinya.

Kamu bisa melanjutkan pertanyaan layaknya percakapan pada aplikasi chating biasa. Nantinya, bot akan membalas sesuai pertanyaan terbarumu. Tampilannya akan jadi seperti gambar di bawah ini.

Cara Menggunakan ChatGPT, AI yang Jawab Semua Pertanyaanilustrasi chat dengan ChatGPT (dok. OpenAI)

Sebagaimana terlihat di samping, terdapat menu 'Reset Thread' untuk memulai ulang percakapan. Kamu bisa mencoba versi dark mode juga agar lebih nyaman di mata atau bergabung dengan Discord dari OpenAI. 

Cara menggunakan ChatGPT ini bisa kamu terapkan untuk berbagai hal menyenangkan. Namun, jangan sembarangan menggunakannya, sebab artificial intelligence dari OpenAI ini tidak mau menjawab ketika pengguna melontarkan pertanyaan yang melanggar ketentuan. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Bikin Gambar Avatar AI yang Viral di Instagram

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya