TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Elon Musk akan Izinkan Bot Gunakan API Twitter

Sebelumnya, penggunaan akses API gratis dicabut oleh Twitter

Aplikasi Twitter (Unsplash/Claudio Schwarz)

Sikap Elon Musk sepertinya melunak terkait kebijakan pembatasan Application Programming Interface atau API dari Twitter. Sebelumnya, Twitter mengakui bahwa mereka mencabut akses API kepada aplikasi pihak ketiga. Kemudian diikuti oleh kabar bahwa Twitter akan memberikan tarif bagi yang ingin menggunakan API tersebut, termasuk untuk akun-akun meme atau fanbase yang jadi terancam punah akibat perubahan kebijakan tersebut.

Namun pada dalam sebuah twit-nya, Elon sepertinya mulai melunak. Ia mengatakan bahwa Twitter akan memberikan izin bagi akun-akun terverifikasi untuk menggunakan API Twitter. Namun ada, syaratnya.

Hanya untuk akun yang memproduksi 'Good Content'

"Menanggapi umpan balik, Twitter akan mengaktifkan API ringan dan hanya tulis untuk bot yang menyediakan konten bagus yang gratis," tulis Elon Musk dalam sebuah twitnya.

Twitter akan melunak terkait kebijakan API tersebut. Elon Musk menyebutkan bahwa ia akan mengizinkan penggunaan API ringan dengan format "write-only" bagi akun-akun yang memproduksi 'good content'.

Memang konteks 'good content' di sini masih terkesan abu-abu. Sebagai contoh, twit Elon Musk di atas merupakan balasan dari akun yang mengunggah konten meme kucing. 

Terkait kebijakan API berbayar sendiri, Elon Musk berdalih bahwa ia hanya menegakkan aturan perusahaan. Menurut Musk, API Twitter kerap disalahgunakan oleh penipu dan akun-akun manipulatif. Oleh karena itu penarikan biaya terhadap API diharapkan bisa meminimalisir hal tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Twitter 2.0? Twitter Versi Baru yang akan Diumumkan Elon Musk

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya