TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Aplikasi Bloatware Sering Ditemui di HP Xiaomi, Apa Itu?

Bisa dihapus atau dinonaktifkan

ilustrasi aplikasi bloatware di HP (unsplash.com/Rob Hampson)

Aplikasi bloatware sering dikeluhkan pengguna HP Xiaomi. Sebab, banyak aplikasi bloatware yang tidak digunakan. Akhirnya, aplikasi-aplikasi tersebut malah memenuhi ruang penyimpanan.

HP pun lebih mudah lemot. Performanya jadi kurang bisa mendukung aktivitasmu sehari-hari. 

Nah, apa itu aplikasi bloatware? Apakah bisa menghapus aplikasi tersebut? Berikut penjelasan lengkap yang harus kamu tahu.

Baca Juga: Perbedaan Xiaomi Redmi dan Mi yang Sering Dianggap Sama

Apa itu aplikasi bloatware?

ilustrasi hp (unsplash.com/Luis Villasmil)

Aplikasi bloatware adalah aplikasi bawaan di HP. Sebenarnya, bukan HP Xiaomi saja yang memiliki aplikasi ini. Aplikasi bloatware juga ditemukan di Mac, iOS, dan Windows, lho.

Aplikasi bloatware dibuat tahun 1990-an. Hasil dari perjanjian antara perusahaan perangkat lunak dan produsen. Sehingga, produsen dapat meningkatkan nilai jual barang.

Sayangnya, aplikasi yang diharapkan dapat bermanfaat bagi pengguna ini justru kurang tepat. Pengguna jarang sekali menggunakan aplikasi bawaan HP ini. Sehingga, aplikasi tersebut dibiarkan saja.

Dampaknya, aplikasi memakan banyak ruang memori dan membuat HP lemot ataupun sering nge-lag. Pada akhirnya, banyak pengguna yang ingin menghapus aplikasi bloatware.

Apakah mungkin menghapus aplikasi bloatware?

ilustrasi aplikasi (unsplash.com/William Hook)

Menghapus aplikasi bloatware bisa jadi solusi terbaik. Namun, cara ini sangat sulit. Bahkan, sebagian besar pengguna gak bisa menghapus aplikasi bawaan tersebut. Meskipun bisa melakukan root untuk menghapusnya, tapi cara ini gak disarankan, Guys.

Root pada HP cukup berbahaya. Jadi, salah satu jalan tengahnya adalah menonaktifkan aplikasi bawaan. 

Walaupun aplikasi gak hilang di HP, tapi aplikasi tidak berjalan. Dengan kata lain, aplikasi bloatware tidak terlalu membebani HP.

Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi yang Mudah dan Cepat

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya