TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Google Search Didampingi AI, Kini Punya Tampilan Baru yang Khas

Dibuat lebih mumpuni dan mampu menjawab pertanyaan sulit

ilustrasi Google (unsplash.com/Arkan Perdana)

Teknologi terbaru diumumkan Google I/O 2023. Salah satu yang mencuri perhatian adalah Google Search didampingi AI. 

Walaupun disebut cukup terlambat, sebab banyak platform mulai menerapkan AI (Kecerdasan Buatan), tapi Google Search merencanakan mesin pencarian berbasis AI dengan cukup matang. Tampilannya pun gak mirip seperti ChatGPT. 

Google Search punya cara sendiri dalam menerapkan AI pada mesin pencariannya. Nah, bagaimana tampilannya jika Google Search didampingi AI?

Berikut sedikit gambaran untukmu. 

Baca Juga: Deretan Teknologi Terbaru yang Diumumkan Google I/O 2023, Apa Saja?

Google Search didampingi AI mampu menjawab pertanyaan sulit

ilustrasi Google Search AI (dok. blog.google)

Selama ini, Google Search identik dengan mesin pencarian web. Saat ini, Google tengah menguji AI pada mesin pencariannya dengan menggunakan AI generatif. Tujuannya untuk memberikan informasi sekaligus konteks yang banyak sebagai hasil pencarian.

Dengan kata lain, Google Search yang didukung teknologi AI dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit. Kemampuan tersebut belum dimiliki Google Search biasa, tanpa AI.

Dilansir Google, AI generatif akan menelusuri topik, memahami topik lebih cepat, dan menemukan sudut pandang baru. Sehingga, Google Search AI akan menyelesaikan berbagai hal termasuk menampilkan hasil pencarian dengan mudah.

Contoh pertanyaan sulit yang bisa dijawab oleh Google Search AI:

Tempat wisata mana yang sebaiknya dikunjungi keluarga dengan anak di bawah 3 tahun dan seekor anjing? Apakah mengunjungi Bryce Canyon atau Arches?

Dilansir The Verge, Liz Reid (Wakil Presiden Penelusuran Google) mencontohkan pertanyaan sulit yang dicari di Google Search AI, "mengapa roti sourdough masih sangat populer?"

Setelah menekan Enter, mesin pencarian Google AI akan menunjukkan hasilnya. Akan tetapi, berbeda dengan tampilan Google biasa, hasil pencarian tampak lebih komprehensif. 

Baca Juga: Bahaya AI Voice Generator yang Bisa Ganti Suara Penyanyi, Hati-Hati!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya