TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menjual HP agar Harganya Tak Jatuh, Wajib Tahu!

Pastikan kondisi smartphone memang dalam kondisi prima

ilustrasi ponsel (unsplash.com/@artcoastdesign)

Masifnya pertumbuhan industri smartphone melahirkan banyak produk-produk terbaru setiap bulannya. Berbagai merek saling bersaing menawarkan beragam HP dengan berbagai keunggulannya masing-masing.

Tentu saja pertumbuhan itu diimbangi dengan makin maraknya peredaran HP bekas di pasaran. Jika kamu pandai merawat ponsel dalam kondisi prima, aktivitas jual-beli ini bisa jadi lahan bisnis, lho! Apalagi, jika kamu telah mengetahui tips bikin harga HP tak jatuh sebelum kamu menjualnya dalam kondisi bekas.

Baca Juga: 7 Tips Rekomendasi Beli iPhone Bekas yang Wajib Diterapkan

1. Cek kondisi ponsel secara menyeluruh

ilustrasi ponsel (unsplash.com/@jannis_lucas)

Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengecek kondisi ponsel secara menyeluruh. Bagaimana pun ponsel tersebut sudah pernah digunakan sehingga bisa saja kondisinya tidaklah sebagus seperti sebelumnya.

Pengecekan kondisi smartphone juga dapat memberikan gambaran untukmu dalam menentukan harga jualnya. Apalagi jika ada komponen yang rusak sehingga bisa kamu perbaiki terlebih dahulu sebelum dijual nanti.

2. Membandingkan harga ponsel di pasaran

ilustrasi uang (unsplash.com/Sharon McCutcheon)

Kamu mungkin kerap kebingungan dalam menentukan harga untuk menjual smartphone. Salah satu caranya bisa dilakukan dengan membandingkan harga ponsel dengan merek serupa di pasaran.

Nantinya kamu dapat menentukan sendiri kira-kira berapa harga yang cocok untuk menjual smartphone kamu. Dengan begitu, smartphone pun jadi tak terlalu mahal atau pun tak kemurahan saat dijual.

3. Memilih metode penjualan yang cocok

ilustrasi ponsel (unsplash.com/@nordwood)

Pada saat menjual ponsel tentu ada beragam cara yang bisa dilakukan. Cara-cara tersebut bisa dengan menjualnya pada kenalan, melalui sosial media, atau pun dengan bantuan e-commerce.

Kamu bisa menentukan sendiri metode penjualan seperti apa yang sekiranya memang cocok untuk dilakukan. Terpenting, kamu bisa dengan mudah menemukan pelanggan yang akan membeli smartphone tersebut.

4. Usahakan kelengkapan box dan aksesoris

ilustrasi ponsel baru (unsplash.com/@nsantoianni)

Smartphone menjadi barang elektronik yang penjualannya juga harus mempertimbangkan kelengkapan. Hal ini didasarkan dari kelengkapan box atau pun aksesoris bawaan yang biasa diperoleh saat membeli ponsel.

Jika kamu memang ingin menjual ponsel, usahakan bahwa box dan aksesorinya lengkap. Semakin sedikit paket box dan aksesori original yang tidak kamu sertakan, harga HP yang kamu jual pun cenderung semakin turun. 

Baca Juga: 5 Risiko Membeli Smartphone Bekas, Harus Selektif dan Cermat!

Verified Writer

Jamilah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya