TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

2 Cara Mengunci Rumus di Excel agar Data Tidak Berubah

Perlu dilakukan agar rumus tidak berubah

ilustrasi Microsoft Excel (freepik.com/freepik)

Kalau boleh bilang penerapan rumus di Excel bisa sangat sensitif. Tergeser sedikit saja rumusnya bisa berubah. Akhirnya, hasil yang ditampilkan malah eror. Demi menghindari hal tersebut, kamu bisa pakai cara mengunci rumus di Excel ini.

Selain mencegah rumus diubah orang lain atau tidak sengaja berubah sendiri tanpa disadari, langkah ini juga kamu perlukan ketika menerapkan rumus ke banyak sel. Jadi, ketika kamu memasukkan rumus di satu sel dan menerapkannya ke seluruh baris dengan cara di-drag, rumusnya tidak akan berubah. Nah, bagimana cara mengunci rumus di Excel? Ini tutorialnya untukmu. 

1. Cara mengunci rumus di Excel

ilustrasi keyboard (unsplash.com/Aryan Dhiman)

Mengunci rumus di Excel dapat menjadikannya absolut. Nah, ketika menjadi absolut, rumus akan tetap sama ketika dijadikan referensi, disalin, atau bahkan dipindahkan ke workbook lainnya.

Rumus absolut ini biasanya ditandai dengan simbol dolar di antara formulanya. Perlu diketahu, masing-masing peletakan simbol dolar bisa bermakna berbeda. Begini penjelasannya:

  • $A1 artinya mengizinkan referensi baris berubah, tetapi tidak mengizinkan referensi kolom
  • $1 artinya memungkinkan referensi kolom berubah, tetapi referensi baris tidak
  • $A$1 artinya tidak mengizinkan referensi kolom maupun baris berubah.

Kamu bisa mengubah angka 1 atau huruf A sesuai dengan sel yang tersemat rumus Untuk menjadikan rumus absolut, dapat mengetik secara manual simbol dolar sesuai dengan urutan yang dikehendaki.

Namun, selain itu, sebetulnya ada cara lain, yakni  menggunakan tombol F4. Begini tutorialnya:

  1. Pada workbook milikmu, ketikkan rumus di salah satu sel yang dikehendaki
  2. Aktifkan sel tersebut
  3. Tekan tombol F4 pada keyboard, lalu Excel otomatis akan mengubahnya menjadi absolut. 

Ketika kamu menekan F4 sekali, maka akan berlaku penguncian kolom dan baris. Jika menekan F4 dua kali, maka baris akan terkunci. Sementara itu, kalau menekan tombol F4 tiga kali, maka kolomlah yang terkunci. Kamu bisa menekan F4 bersama tombol FN jika F4 saja tidak memberikan efek apa pun.

Baca Juga: 3 Cara Menghitung Umur di Excel, Bisa Pakai Rumus Berbeda

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya