TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Perangkat Output Komputer yang Fungsinya Krusial, Apa Saja

Komputer tidak bisa berjalanan kalau gak ada perangkat ini

ilustrasi menggunakan laptop dan headphone (pexels.com/olly)

Banyak yang masih bingung membedakan antara perangkat input dan output. Perangkat input adalah perangkat yang digunakan untuk memasukan data ke dalam komputer.

Sementara, perangkat output adalah perangkat yang dipakai menampilkan hasil dari data yang telah dimasukan sebelumnya. Agar lebih memahami perangkat output komputer, yuk simak ulasan berikut!

1. Monitor

ilustrasi monitor komputer (unsplash.com/Firmbee.com)

Monitor adalah salah satu perangkat output yang paling sering digunakan, terutama bagi para pengguna komputer. Monitor berfungsi sebagai alat yang menampilkan visualisasi data yang telah diolah oleh komputer. Semakin besar layarnya, makin jelas pula visualisasi yang ditampilkan.

Baca Juga: Kenali 7 Jenis Komputer beserta Fungsinya, Sudah Tahu?

2. Printer

ilustrasi printer (unsplash.com/Mahrous Houses)

Printer adalah perangkat output yang sangat membantu dalam menghasilkan dokumen cetak pada kertas. Ada banyak jenis printer yang tersedia, mulai dari printer dot-matrix hingga inkjet printer. Dalam memilih printer, sebaiknya sesuaikanlah dengan kebutuhan yang kamu miliki.

3. Speaker

ilustrasi speaker (Pexels.com/ Marinko Krsmanovic)

Bagi pengguna komputer yang suka mendengarkan musik atau menonton film, speaker tentu menjadi hal yang penting. Speaker adalah perangkat output audio yang berfungsi menyalurkan suara yang dihasilkan oleh komputer, sesuai kebutuhanmu serta kualitas suara yang dihasilkan.

Baca Juga: 5 Jenis Virus dan Malware yang Umum Dijumpai di Komputer, Apa Saja?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya