Comscore Tracker

Tokopedia Terapkan Growth Mindset dalam Hadapi Revolusi Industri 4.0

Wow, Tokopedia akan ngapain ya nanti?

Jakarta, IDN Times - Dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0, peningkatan keterampilan,
baik soft skill maupun hard skill, merupakan salah satu poin penting yang mesti diperhatikan oleh generasi muda dalam mewujudkan mimpinya. Hasil survei ASEAN Youth: Technology, Skills and the Future of Work yang dirilis pada tahun 2019 oleh World Economic Forum dan Sea, menyebutkan bahwa 16% anak muda ASEAN memilih bekerja di perusahaan teknologi sebagai karier mereka di masa depan.

Dalam menjawab tantangan yang dihadapi anak muda ASEAN, divisi ASEAN Digital Skills Task Force dari World Economic Forum menginisiasi program ASEAN Digital Skills 2020 yang berfokus pada pelatihan, program magang dan beasiswa. Sebanyak 16 perusahaan teknologi Asia Tenggara telah berpartisipasi dalam program ini, salah satunya Tokopedia.

Di Revolusi Industri 4.0, persaingan akan semakin ketat, karena setiap orang punya kesempatan yang sama. Yang dapat membedakan mereka adalah pemikiran untuk terus bertumbuh ke arah yang lebih baik. Semangat tersebut merupakan satu dari 3 DNA Tokopedia, yakni growth mindset. Lalu bagaimana ya contoh nyata dari penerapan growth mindset di Tokopedia? Check this out!

1. Practice makes perfect

Tokopedia Terapkan Growth Mindset dalam Hadapi Revolusi Industri 4.0IDN Times/Tokopedia

Head of Engineering (Android), Tokopedia, Rico Harisin adalah salah satu sosok di balik aplikasi Tokopedia di perangkat Android yang sekarang digunakan oleh puluhan juta masyarakat Indonesia dalam menemukan dan memulai apa pun. Rico percaya akan semangat 'Growth Mindset’, salah satu DNA Tokopedia.

“Dengan bantuan dan kolaborasi yang baik antar seluruh tim, baik dari tim back-end developer, product design dan juga quality assurance, akhirnya aplikasi Android Tokopedia bisa meluncur pada tahun 2015,” ujar Rico.

Aplikasi Tokopedia pun kini jauh lebih berkembang dibandingkan dengan yang sebelumnya, kalau dulu aplikasi Tokopedia hanya seputaran marketplace namun sekarang sampai pesan hotel pun tersedia di aplikasi Tokopedia. Perkembangan teknologi, terutama di era Revolusi 4.0, sangat pesat sekali sehingga kita harus siap beradaptasi. Dengan langsung turun ke lapangan, kita dapat belajar bagaimana cara menanggulangi permasalahan secara riil.

2. Tanamkan semangat untuk "Mulai Aja Dulu"

Tokopedia Terapkan Growth Mindset dalam Hadapi Revolusi Industri 4.0IDN Times/Tokopedia

Di tahun ke-10nya, Tokopedia telah memiliki lebih dari 6,4 juta penjual, dimana 70%diantaranya adalah pebisnis baru. Mereka yang tadinya ibu rumah tangga, mahasiswa/i, pekerja kantoran dan beragam latar belakang lainnya, sekarang punya akses memasarkan produk ke seluruh Indonesia; bertransformasi menjadi pelaku UMKM baru.

Software Engineer Lead (Fintech - Merchant Lending), Vania Christie Chandra merupakan salah satu Nakama yang membantu mengembangkan fitur Modal Toko yang bekerjasama dengan Modalku. Dengan fitur Modal Toko, pemilik usaha bisa mendapatkan modal hingga Rp300 juta dengan bunga pinjaman rendah dan flat, bebas biaya admin atau provisi lainnya, serta dapat ditarik kapan saja.

Vania berpendapat bahwa menekuni profesi sebagai seorang developer membutuhkan niat serta kemauan untuk memulai. Baginya, profesi ini tidak hanya diperuntukkan bagi sebagian orang saja, namun juga terbuka untuk semua, terlebih di era Revolusi Industri 4.0. Vania percaya bahwa yang paling  penting adalah memiliki semangat untuk #MulaiAjaDulu.

3. Stay curious!

Tokopedia Terapkan Growth Mindset dalam Hadapi Revolusi Industri 4.0IDN Times/Tokopedia

Berlandaskan DNA ‘Growth Mindset’, Tokopedia terus bertumbuh mengikuti perkembangan zaman dan menghadirkan solusi dari hulu ke hilir untuk mempermudah kehidupan masyarakat. Layanan di Tokopedia pun juga semakin berkembang, tidak hanya sebagai platform berbelanja daring namun juga secara berkala menambah fungsi dan fitur lain, misal untuk berinvestasi.

Senior Software Engineer (Fintech-Investment and Insurance) Tokopedia, Antonius, merupakan salah satu developer produk Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksa Dana. Ia melihat adanya peluang besar dalam mempermudah masyarakat untuk berinvestasi secara online. Menurutnya, Revolusi Industri 4.0 dapat membuka peluang untuk kualitas hidup yang lebih baik karena dapat mempermudah masyarakat untuk melakukan berbagai hal, salah satunya berinvestasi.

Perkembangan teknologi sangatlah pesat dan sangat disayangkan jika kita hanya terpaku pada satu teknologi dan menutup mata pada hal-hal baru.

4. Asah hard skill serta soft skill

Tokopedia Terapkan Growth Mindset dalam Hadapi Revolusi Industri 4.0IDN Times/Tokopedia

Semangat growth mindset juga diterapkan oleh Gilang Kusuma Jati, Engineering Manager (New Retail) Tokopedia. Ia merupakan salah satu Software Engineer di balik aplikasi Mitra Tokopedia, sebuah aplikasi ringan berukuran 2 MB mempermudah semua orang dalam memulai dan mengembangkan usaha, terutama para pemilik usaha kecil, baik toko kelontong, warung, kios, usaha individu atau sejenisnya yang merupakan UMKM; penyumbang lebih dari 60% pendapatan negara.

Dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0, selain peningkatan hard skill melalui pendidikan non-formal, Gilang menyoroti hal berbeda. Menurutnya, sebagai developer muda juga harus mengasah soft skill, seperti koordinasi dan kerja sama tim serta sifat empati.

Tuh guys, jadi semuanya harus balance ya!

Topic:

  • Anastasia Desire

Just For You