Comscore Tracker

Gak Asal Jepret, Ini 5 Teknik Agar Hasil Foto Polaroidmu Kece

Lagi ngetren nih

Beberapa tahun terakhir ini pembelian kamera polaroid atau kamera instan memang meningkat pesat. Perlu diketahui ya polaroid itu bukan kameranya melainkan merek kameranya. Namun karena polaroid merupakan perusahaan pertama yang memproduksi kamera instan, jadilah orang menyebut kamera instan sama dengan polaroid.

Tidak hanya untuk sekedar mengabadikan momen bersama menjadi sebuah foto, kamera instan telah menjadi gaya hidup tersendiri. Setiap orang tentu harus melewati tahap pemula sebelum menjadi profesional. Nah, jika kamu masih pemula dalam menggunakan kamera instan, maka 5 trik berikut ini bisa sangat membantumu.

1. Pencahayaan yang tepat

Gak Asal Jepret, Ini 5 Teknik Agar Hasil Foto Polaroidmu Kecepinterest.com

Fotografi dan pencahayaan adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan termasuk pada polaroid. Karena kamera instan tidak dibantu dengan ISO yang mudah diatur atau shutter speed, maka kamu harus pintar memilih pencahayaan langsung di bawah sinar matahari. 

2. Angle yang sesuai

Gak Asal Jepret, Ini 5 Teknik Agar Hasil Foto Polaroidmu Kecedarkroomanddearly.com

Kemampuan utama yang menjadi karakter bagi seorang fotografer adalah kecerdasan dalam menentukan angle yang tepat. Begitu pun dengan memotret menggunakan kamera instan, kamu harus memahami teknik dasarnya misalnya saja makanan akan terlihat lebih enak jika dipotret dengan flat lay.

Begitu juga dengan pemandangan dengan pencahayaan tepat dari atas atau posisi foto di dalam ruangan berada di sisi lampu dan tidak tepat di bawah cahayanya.

3. Pemilihan warna kontras

Gak Asal Jepret, Ini 5 Teknik Agar Hasil Foto Polaroidmu Kecepinterest.com

Keunggulan kamera instan adalah kemampuannya dalam menonjolkan warna pada hasil jepretan. Hindari untuk memotret objek dan latar belakang dengan warna yang senada.

Baca juga: Gratis Nih, 6 Aplikasi Keren Untuk Membantumu Mendekor Rumah Impian

4. Pemilihan properti yang menarik

Gak Asal Jepret, Ini 5 Teknik Agar Hasil Foto Polaroidmu Kecepinterest.com

Gunakan properti yang sesuai dengan objekmu. Misalnya saja objekmu berbentuk persegi maka padu padankan dengan objek yang berbentuk oval atau tabung.

5. Simpan film dalam kulkas

Gak Asal Jepret, Ini 5 Teknik Agar Hasil Foto Polaroidmu Kecepinterest.com

Pengetahuan mendasar yang tidak lagi dipikirkan oleh mereka pengguna kamera digital adalah kondisi film. Dengan sedikit perhatian ekstra pastikan film yang baru kamu beli disimpan di dalam kulkas dan dipanaskan (dikeluarkan) sejam sebelum digunakan. Sebab suhu terbaik untuk menghasilkan hasil foto yang baik di kamera instan adalah 15-25 derajat celcius.

Baca juga: 6 Aplikasi Paling Berguna Untuk Mahasiswa Ekonomi, Sudah Punya?

Topic:

Berita Terkini Lainnya