Comscore Tracker

5 Alasan Google Masih Menjadi Media Informasi Terbaik Masa Kini

Apakah Goggle gak bakal ketinggalan zaman?

Era digital memang membawa perubahan masif dalam ranah pencarian informasi terkini maupun yang kamu butuhkan dalam keseharian. Salah satunya penggunaan Google sebagai search engine yang terus bertahan sejak awal era digital hingga kini berkembang mengikuti zaman.

Meski sudah banyak media informasi dalam bentuk audio visual yang utuh, mesin pencari Google tetap jadi pilihan yang tak pernah ditinggalkan. Lantas, faktor apa, sih, yang bikin Google tetap menjadi media informasi terbaik masa kini?

Langsung simak ulasan lengkap penulis lewat artikel berikut ini, yuk!

1. Lebih banyak referensi dalam menemukan informasi apapun itu

5 Alasan Google Masih Menjadi Media Informasi Terbaik Masa Kiniilustrasi mesin pencari Google (pexels.com/Luca Sammarco)

Google sebagi mesin pencari selalu membawa kamu pada informasi yang tidak berhenti di satu sisi saja, melainkan ratusan bahkan jutaan referensi yang bisa kamu olah untuk mendapatkan gambaran lebih banyak lagi. Dengan banyaknya referensi, informasi yang kamu dapat akan lebih bervariasi dan memberikan wawasan tak terhingga.

Tentu kamu harus mencari referensi yang punya kredibilitas sesuai dengan fakta dan data. Hindari berita hoaks yang bisa membuatmu salah menafsirkan informasi apapun itu.

2. Lebih mudah mencerna informasi yang kita baca 

5 Alasan Google Masih Menjadi Media Informasi Terbaik Masa Kiniilustrasi membaca artikel (pexels.com/alleksana)

Informasi yang kita temukan di mesin pencari Google didominasi dalam bentuk tulisan. Meski begitu, data dan informasi ini juga sudah banyak yang didukung penambahan gambar maupun video untuk menunjang kemudahan pengguna mencerna informasi.

Bisa dikatakan, Google menjadi mesin pencari yang memberikan paket komplet bagi penggunanya dalam mencari informasi terkini. Kamu bisa mencerna, mengolah, dan mengumpulkan berbagai informasi tanpa kesulitan memahami makna atau inti dari tersajinya informasi itu sendiri. 

Baca Juga: 7 Alternatif Google Photos untuk Menyimpan Foto dengan Aman

3. Irit penggunaan data atau kuota internet 

5 Alasan Google Masih Menjadi Media Informasi Terbaik Masa Kiniilustrasi membaca artikel (pexels.com/Ivan Samkov)

Dewasa ini, penggunaan data atau kuota internet perlu kita kelola dalam bujet pengeluaran secara tertib. Pembengkakan penggunakan internet pun bisa-bisa jadi cukup menguras dompet, apalagi jika mencari informasi dalam bentuk video berdurasi panjang.

Nah, Google sebagai mesin pencari menyajikan bentuk informasi yang ramah terhadap penggunaan data atau kuota internet kamu. Didominasi tulisan, kamu jadi lebih irit kuota dan bisa memanfaatkan data internet untuk keperluan lainnya, deh!

4. Mencari informasi dari berbagai belahan dunia dengan fitur Google Translate

5 Alasan Google Masih Menjadi Media Informasi Terbaik Masa Kiniilustrasi membaca artikel (pexels.com/Burst)

Mencari informasi dasarnya tidak hanya sebatas di satu negara atau bahasa saja. Ada kalanya kamu mungkin membutuhkan referensi lebih banyak guna mendapatkan gambaran yang lebih terang terkait suatu fakta dan data.

Google sendiri memudahkan kita mencari informasi dari berbagai belahan dunia lewat fitur Google Translate atau Google Terjemahan. Bagi kamu yang kesulitan berbahasa asing, memanfaatkan Google Translate bisa diterapkan untuk mempermudah mengolah dan mencerna segala informasi yang kamu butuhkan.

5. Banyak portal berita yang sudah terpercaya dan terbebas dari hoaks

5 Alasan Google Masih Menjadi Media Informasi Terbaik Masa Kiniilustrasi membaca artikel (pexels.com/Matheus Bertelli)

Ketakutan dalam mencari informasi dari berbagai sumber jadi momok di era digital. Apalagi, ketika banyak sekali berita hoaks yang lebih mudah beredar.

Namun, jangan khawatir karena dewasa ini Google memiliki fitur verivied sites yang mengklasifikasikan situs-situs kredibel. Fitur ini membuat situs yang kamu kamu kunjungi lebih jelas, siapa pemiliknya, siapa yang mengelola, dan siapa yang harus bertanggung jawab ketika ada informasi hoaks tersebar di situs tersebut. 

Sejatinya, Google bisa bertahan, bahkan cenderung berkembang lebih besar, di era digital saat ini lantaran kemampuan mereka meningkatkan layanan. Jadi, tidak hanya sebagai mesin pencari saja, Google pun telah banyak melahirkan fitur-fitur lain yang meningkatkan produktivitas manusia di internet sehingga tetap relevan mengikuti perkembangan zaman. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Garis di Google Sheets, Mudah Banget!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya