Comscore Tracker

7 Aplikasi Terbaik Alternatif Tiktok yang Layak untuk Dicoba

Juga tawarkan video-video pendek menghibur seperti TikTok

Terlepas dari popularitas yang dimilikinya, Tiktok tidak untuk semua orang. Tiktok kerap dikritik karena masalah privasi dan bahkan di-banned atau dilarang di sejumlah negara seperti India dan Afghanistan. Tidak hanya itu, di beberapa negara, konten-konten TikTok yang mengandung unsur tertentu juga mendapatkan sensor.

Untungnya, di luar sana ada cukup banyak alternatif TikTok yang layak untuk digunakan. Berikut beberapa di antaranya.

1. Triller

7 Aplikasi Terbaik Alternatif Tiktok yang Layak untuk Dicobailustrasi Triller (dok. Triller)

Triller telah ada sedikit lebih lama dari TikTok di mana aplikasi ini pertama kali dirilis pada 2015 silam. Aplikasi ini memang butuh banyak waktu untuk meraih popularitasnya namun kini, Triller menjadi salah satu kompetitor terbesar TikTok. UI yang diusung Triller hampir sama seperti TikTok di mana pengguna bisa dengan cepat menonton video populer atau mengakses konten terbaru dari orang yang mereka ikuti. Tidak hanya itu, Triller juga memiliki perpustakaan lagu yang masif dengan lebih dari satu juta lagu populer di dalamnya.

2. YouTube Shorts

7 Aplikasi Terbaik Alternatif Tiktok yang Layak untuk Dicobailustrasi YouTube Shorts (dok. Google)

YouTube memang masih menjadi platform berbagi video terbesar saat ini, namun ketika TikTok mulai menemukan kesuksesan, YouTube memutuskan untuk membuat hal serupa lewat Shorts. Shorts tidak terpisah, melainkan ada di YouTube itu sendiri. Pengguna bisa mengakses Shorts langsung di YouTube versi aplikasi maupun web. Salah satu hal menarik dari Shorts adalah konten-konten yang ditampilkan, bakal menyesuaikan dengan konten yang sering pengguna tonton di YouTube sehingga tetap relevan dengan pengguna.

3. Likee

7 Aplikasi Terbaik Alternatif Tiktok yang Layak untuk Dicobailustrasi Likee (dok. Likeme)

Meski mengemas UI yang agak mirip seperti TikTok, Likee menghadirkan sejumlah fitur yang membuatnya unik. Pertama, Likee memiliki segudang stiker, filter dan efek yang dapat digunakan untuk mengustomisasi video pengguna. Likee bahkan memiliki efek ganti wajah bawaan, makeup virtual hingga ganti warna rambut. Jika bosan dengan video-video pendek yang ditampilkan, Likee juga menawarkan konten “Live”. Meski penggunanya tidak sebanyak TikTok, Likee tetap memiliki beragam video kreatif dan menghibur.

Baca Juga: 7 Alternatif Google Photos untuk Menyimpan Foto dengan Aman

4. Funimate

7 Aplikasi Terbaik Alternatif Tiktok yang Layak untuk Dicobailustrasi Funimate (dok. AVCR Inc.)

Funimate merupakan tempat untuk berbagai jenis video pendek. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat video transisi, membuat efek sendiri atau menambahkan emoji serta stiker lucu ke video yang dibuat. Funimate hadir dengan lebih dari 100 efek yang bisa dicoba. Fitur editing video pada aplikasi ini juga tak kalah istimewa dari TikTok di mana selain memungkinkan untuk editing multi-layer, tapi juga menawarkan dukungan untuk menggabungkan video, menambahkan efek slow-motion dan memberi beberapa animasi.

5. Huddles

7 Aplikasi Terbaik Alternatif Tiktok yang Layak untuk Dicobailustrasi Huddles (dok. Clash App)

Awalnya dikenal sebagai Byte, Huddles merupakan salah satu alternatif terbaik untuk Tiktok yang memudahkan kreatornya untuk mendapat uang. Jika dibandingkan dengan TikTok, Huddles memang platform yang lebih kecil, namun saat ini Huddles memiliki lebih dari 5,000 kreator yang menghasilkan uang karena melakukan sesuatu yang mereka suka. Meskipun begitu, Huddles tetap cocok untuk mereka yang hanya suka menonton video-video pendek karena platform punya berbagai jenis konten untuk semua pengguna.

6. Instagram Reels

7 Aplikasi Terbaik Alternatif Tiktok yang Layak untuk Dicobailustrasi Instagram Reels (dok. Instagram)

Reels merupakan jawaban Instagram untuk TikTok. Sama seperti Shorts milik YouTube, Reels langsung tertanam di Instagram dan jadi salah satu cara baru untuk menikmati konten di Instagram. Setelah hanya 15 detik, Reels kini bisa merekam video hingga 90 detik. Selain memilih lagu dari perpustakaan lagu yang sangat lengkap, Reels juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan berbagai macam efek, stiker dan filter. Reels sendiri sering dijadikan kreator Instagram untuk mendapatkan pengikut dengan lebih cepat.

7. Snapchat

7 Aplikasi Terbaik Alternatif Tiktok yang Layak untuk Dicobailustrasi Snapchat (dok. Snap Inc)

Sebelum TikTok dikenal banyak orang seperti sekarang, ada Snapchat – salah satu platform jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 2011. Snapchat memang sempat “tenggelam”, namun kini telah kembali menemukan momentumnya. Snapchat telah digunakan selama bertahun-tahun untuk membuat video-video pendek, yang dirancang untuk menghilang setelah beberapa waktu. Selain untuk berbagai konten video, Snapchat juga bisa digunakan untuk mengirim pesan, berbagi foto dan banyak lagi.

Itulah tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa aplikasi terbaik alternatif TikTok untuk dicoba. Tertarik untuk menjajal salah satu aplikasi di atas?

Baca Juga: Bosan dengan Twitter? Ini 7 Alternatif Terbaik untuk Dijajal

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya