Comscore Tracker

7 Aplikasi Terbaik untuk Unduh File Torrent di Android

Membawa fitur yang tak kalah lengkap dari versi PC

Torrent menjadi rumah untuk berbagai konten digital seperti aplikasi, video, lagu, buku dan banyak lagi. Mengunduh file di torrent berbeda dengan mengunduh file biasa, karena membutuhkan aplikasi tertentu untuk bisa mengakses file torrent tersebut dan mengunduhnya.

Sama seperti di PC, ada banyak aplikasi torrent yang tersedia di Android. Untuk mempermudah menemukan yang terbaik, berikut beberapa aplikasi terbaik untuk unduh file torrent di Android.

1. LibreTorrent

7 Aplikasi Terbaik untuk Unduh File Torrent di Androidilustrasi LibreTorrent (play.google.com)

LibreTorrent merupakan aplikasi torrent yang sepenuhnya gratis untuk Android. Aplikasi ini mengusung UI dengan gaya Material Design, di samping menawarkan mode gelap seperti banyak aplikasi lain saat ini.

LibreTorrent membawa banyak fitur penting seperti pengguna dapat mencari file torrent secara spesifik dan memindahkan file torrent ke berbagai folder berbeda ketika sedang mengunduh.

Selain itu, jika mau, pengguna juga bisa menjadwalkan pengunduhan file torrent di waktu tertentu. Terakhir, untuk memastikan jika perangkat pengguna dan file yang diunduh aman, LibreTorrent juga hadir dengan dukungan enkripsi.

2. BitTorrent

7 Aplikasi Terbaik untuk Unduh File Torrent di Androidilustrasi BitTorrent (play.google.com)

BitTorrent merupakan aplikasi torrent yang sangat terkenal karena dianggap sebagai salah satu aplikasi pertama untuk mengunduh file torrent. BitTorrent terus berkembang dari waktu ke waktu, dan kini juga mulai merambah platform lain, salah satunya Android.

Aplikasi gratis ini membawa semua fitur standar yang bisa diharapkan dari aplikasi sejenis. Beberapa di antaranya seperti dukungan untuk streaming sebagian file media yang sedang diunduh, mengatur file torrent untuk hanya bisa diunduh lewat koneksi Wi-Fi, memilih lokasi penyimpanan untuk hasil unduhan file torrent, dan banyak lagi.

3. uTorrent

7 Aplikasi Terbaik untuk Unduh File Torrent di Androidilustrasi uTorrent (play.google.com)

Sama seperti BitTorrent, uTorrent juga menjadi salah satu aplikasi torrent paling populer di desktop yang kini juga tersedia di Android. Menariknya, uTorrent juga dikembangkan oleh perusahaan/developer yang sama dengan aplikasi BitTorrent.

Aplikasi uTorrent memiliki desain UI bergaya Material Desain yang sederhana dan sama seperti yang lain, juga memungkinkan pengguna untuk hanya memilih file tertentu dari torrent untuk diunduh serta memilih berbagai protokol jaringan untuk mengunduh. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis namun memiliki versi berbayar dengan lebih banyak fitur.

Baca Juga: 7 Alternatif Gratis dari Aplikasi Hits Berbayar di Android

4. TorrDroid

7 Aplikasi Terbaik untuk Unduh File Torrent di Androidilustrasi TorrDroid (play.google.com)

Salah satu keunggulan TorrDroid adalah hadirnya search engine bawaan yang memungkinkan pengguna untuk secara langsung mencari file torrent yang ingin diunduh. Dengan begitu, pengguna jadi tidak perlu buang-buang waktu untuk mencari file torrent lewat browser lain seperti Chrome atau Firefox.

Untuk fitur, TorrDroid memungkinkan pengguna untuk mengunduh lebih dari satu file torrent secara bersamaan, mengatur kecepatan download serta upload dan melarang proses unduhan untuk berjalan dalam koneksi data seluler. Bagian terbaiknya, semua fitur-fitur itu bisa dinikmati secara gratis (tetapi dengan iklan).

5. tTorrent Lite

7 Aplikasi Terbaik untuk Unduh File Torrent di Androidilustrasi tTorrent Lite (play.google.com)

tTorrent Lite memiliki semua fitur-fitur standar yang umumnya ada di aplikasi torrent. Lewat aplikasi ini, pengguna bisa mengunduh file torrent secara individu, membatasi unduhan via koneksi data seluler dan menyimpan file unduhan langsung ke penyimpanan eksternal.

Tidak hanya itu, saat proses mengunduh sedang berlangsung, pengguna juga bisa mengatur limit upload/download untuk tiap file torrent. tTorrent Lite terbilang standar dan mengandung iklan di dalamnya. Jika tidak mau diganggu oleh iklan, pengguna juga dibekali dengan opsi untuk memilih versi premiumnya yang berbayar.

6. Advanced Download Manager

7 Aplikasi Terbaik untuk Unduh File Torrent di Androidilustrasi Advanced Download Manager (play.google.com)

Advanced Download Manager menjadi salah satu aplikasi downloader terbaik di Android. Aplikasi ini bisa mengunduh dari berbagai macam website untuk berbagai jenis file, tak terkecuali file torrent.

Untuk fitur torrent-nya, aplikasi ini tidak menawarkan banyak fitur istimewa. Sebagian besar merupakan fitur umum seperti mengurutkan file yang diunduh sesuai prioritas dan dukungan untuk otomatis melanjutkan proses mengunduh setelah ada masalah pada jaringan. Semuanya hal tersebut bisa didapatkan secara gratis namun dengan iklan yang bisa dihilangkan dengan mengeluarkan sedikit uang.

7. FrostWire

7 Aplikasi Terbaik untuk Unduh File Torrent di Androidilustrasi FrostWire (play.google.com)

FrostWire merupakan aplikasi untuk mengunduh file torrent sekaligus audio dan video player. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh file media via torrent untuk kemudian langsung diputar.

Jika mau, pengguna juga bisa memutar file yang sedang diunduh saat proses unduhan berlangsung. Tidak hanya file-file media seperti lagu dan film saja, lewat aplikasi ini, pengguna juga bisa mengunduh file lain seperti buku, aplikasi dan banyak lagi. Sama seperti yang lain, FrostWire bisa digunakan secara gratis. Terdapat iklan di dalam aplikasi ini, tetapi tentunya bisa dihilangkan.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa aplikasi terbaik untuk unduh file torrent di Android. Jika ada rekomendasi aplikasi serupa, langsung tulis di kolom komentar di bawah ya!

Baca Juga: Ringan, Ini 7 Aplikasi Android Go Terbaik untuk Digunakan

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya