Comscore Tracker

Rekomendasi 7 Browser Android dengan Jaminan Keamanan Privasi Terbaik

Dijamin aman!

Dengan banyaknya kasus atau skandal kebocoran data, privasi seakan menjadi masalah yang kini lebih besar daripada biasanya. Terlebih dengan banyaknya situs yang diam-diam dapat ‘mencuri’ privasi penggunanya, tindakan preventif mulai dilakukan untuk mencegah hal semacam itu.

Salah satu yang paling membantu adalah memasang aplikasi browser dengan fokus terhadap privasi di smartphone. Tidak hanya dapat memblokir spyware, browser yang sangat memperhatikan keamanan penggunanya ini, juga tidak menyimpan cookie dan terkadang memblokir iklan yang mencurigakan.

Siap untuk browsing internet dengan merasa lebih aman? Berikut 7 di antaranya yang bisa kamu pasang.

1. Brave Browser

Rekomendasi 7 Browser Android dengan Jaminan Keamanan Privasi Terbaikprabidhi.info

Brave Browser merupakan aplikasi browser dengan fokus terhadap privasi yang direkomendasikan. Ini hadir dengan sebagian besar fitur privasi pada umumnya seperti pemblokir iklan dan tracker, pencarian pribadi, mode incognito, HTTPS Everywhere, pemblokir script, pemblokir cookie pihak ketiga dan banyak lagi.

Brave sempat ‘mati’ sampai akhirnya dihidupkan lagi dan dikembangkan menjadi browser yang lebih baik lagi. Masih ada beberapa bug memang namun secara keseluruhan, browser ini berjalan dengan baik. Plus, ini juga gratis dan punya tampilan UI yang menarik.

2. Cake Web Browser

Rekomendasi 7 Browser Android dengan Jaminan Keamanan Privasi Terbaikandroidpolice.com

Cake Web Browser lebih berfokus terhadap bagaimana agar tidak selalu melacak penggunanya, dengan menawarkan mode privasi penuh. Lebih lanjut, Cake juga memiliki fitur perlindungan kode sandi dan fitur-fitur privasi lain seperti HTTPS Everywhere, pemblokir iklan dan mode Do Not Track.

Secara fungsi, Cake juga lumayan lengkap dengan menghadirkan dukungan pencarian via suara dan mode gelap. Terlepas dari popularitas yang kurang dibanding yang lain, Cake tetap mampu memberikan user-experience yang baik kepada penggunanya.

3. DuckDuckGo Privacy Browser

Rekomendasi 7 Browser Android dengan Jaminan Keamanan Privasi Terbaikandroidauthority.com

DuckDuckGo merupakan nama yang cukup populer dalam dunia internet search engine, di samping Google dan Bing. Jika Google memiliki Chrome, maka DuckDuckGo memiliki browser sendiri, namun dengan fokus terhadap privasi.

DuckDuckGo Privacy Browser dapat memblokir semua tracker pihak ketiga yang tersembunyi dan menunjukkan kepada penggunanya apa yang diblokir. Selain itu, ini juga menggunakan search engine-nya sendiri dan tidak melacak aktivitas online pengguna. Sebagai tambahan, aplikasi ini menggunakan HTTPS Everywhere untuk menjaga situs agar tetap aman.

Baca Juga: Ini 10 Browser Extension yang Akan Menjaga Privasimu di Dunia Maya

4. Epic Privacy Browser

Rekomendasi 7 Browser Android dengan Jaminan Keamanan Privasi Terbaikandroidauthority.com

Epic Privacy Browser tidak begitu populer di Play Store, namun versi desktop-nya digunakan oleh banyak orang. Browser yang satu ini berbasis Chromium – seperti Google Chrome dan Microsoft Edge – dan dibekali dengan fitur privasi kelas atas.

Sederhananya, ini seperti Chrome dengan keamanan yang lebih terjamin. Epic Privacy sendiri dilengkapi dengan fitur seperti pemblokir iklan, HTTPS Everywhere dan mode incognito. Di samping itu, ini juga menghadirkan proxy terenkripsi via VPN dengan delapan server yang tersebar di seluruh dunia. Ini sangat direkomendasikan.

5. Firefox Focus

Rekomendasi 7 Browser Android dengan Jaminan Keamanan Privasi Terbaiklifewire.com

Firefox Focus merupakan salah satu browser dengan fokus terhadap privasi paling populer di mobile – terutama di platform Android. Nama Firefox yang diusungnya membuatnya dipilih oleh banyak orang.

Secara fungsi, Focus tidak jauh berbeda dengan browser sejenis, dengan menyediakan fitur seperti pemblokir tracker dan iklan, serta tombol khusus untuk menghapus history secara instan. Focus tidak memiliki begitu banyak fitur ekstra dan kebanyakan bisa didapatkan di Firefox biasa dengan ekstensi tambahan. Kendati demikian, ini tetap disarankan untuk digunakan.

6. Frost+ Incognito Browser

Rekomendasi 7 Browser Android dengan Jaminan Keamanan Privasi Terbaiklifewire.com

Frost+ Incognito Browser menjadi browser lain di daftar ini yang kurang begitu populer, namun dibekali dengan sejumlah fitur luar biasa. Browser dengan fokus terhadap privasi ini dapat menghapus history pengguna secara otomatis, setelah pengguna keluar dari aplikasi.

Selain itu, ini juga memiliki ‘penyimpanan khusus’ untuk menyimpan gambar dan bookmark, yang hanya bisa diakses lewat aplikasi itu sendiri. Menariknya lagi, penyimpanan tidak dapat dibuka kecuali pengguna memasukkan password. Ini mungkin tidak selengkap Epic Privacy Browser, namun setidaknya dapat menjaga file penting pengguna.

7. Tor Browser

Rekomendasi 7 Browser Android dengan Jaminan Keamanan Privasi Terbaikdownload.cnet.com

Tor Browser merupakan salah satu browser dengan nama besar di dunia privasi. Ini terkoneksi secara langsung dengan jaringan Tor, sehingga aktivitas online yang sedang dilakukan sangat sulit untuk dilacak.

Di samping itu, ini juga dapat mencegah tracker, memiliki sistem enkripsi tiga level dan berfungsi dengan baik sebagai browser biasa. Untuk menyenangkan penggunanya, Tor juga menyediakan fitur layaknya VPN yang memungkinkan situs yang diblokir oleh ISP, untuk bisa diakses. Bersama dengan Epic Privacy Browser, ini jadi yang paling direkomendasikan.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi browser Android dengan jaminan keamanan privasi terbaik. Semua browser di atas tersedia di Play Store dan bisa diunduh secara gratis. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Browser Terbaik untuk Setiap Jenis Netizen, Kamu Cocok yang Mana?

Topic:

  • Arif Gunawan
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya