Comscore Tracker

7 Fitur dari Aplikasi Perpesanan Lain yang Perlu Dimiliki WhatsApp

Nomor 3 jadi yang paling diinginkan

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan terpopuler di dunia, mencatatkan aktivitas pengiriman pesan hingga 100 miliar setiap harinya. Aplikasi yang diakuisisi Facebook pada tahun 2014 ini, secara konsisten memberikan peningkatan dan penambahan fitur sejak pertama kali meluncur di akhir tahun 2000-an.

Entah itu video call, kontrol privasi yang lebih baik maupun autentikasi biometrik, WhatsApp terus hadir dengan sejumlah baru. Kendati demikian, WhatsApp perlu mengadaptasi fitur dari aplikasi perpesanan lain jika ingin benar-benar merajai pasar aplikasi perpesanan. Berikut 7 di antaranya.

1. Dukungan lebih dari satu nomor (Telegram)

7 Fitur dari Aplikasi Perpesanan Lain yang Perlu Dimiliki WhatsApp9to5google.com

Salah satu kekurangan WhatsApp sejauh ini adalah tidak adanya dukungan untuk menggunakan lebih dari satu nomor. Fitur dual apps yang memungkinkan pengguna untuk memiliki dua akun atau nomor dalam satu HP memang telah dihadirkan oleh beberapa brand, namun itu bukan solusi terbaik.

WhatsApp perlu meniru dukungan penuh Telegram terhadap penggunaan lebih dari satu nomor, di mana aplikasi perpesanan yang meluncur pada tahun 2013 itu, mendukung hingga tiga nomor atau akun dalam satu aplikasi.

2. Note to Self (Signal)

7 Fitur dari Aplikasi Perpesanan Lain yang Perlu Dimiliki WhatsAppandroidauthority.com

Signal merupakan satu dari sedikit aplikasi perpesanan yang memberi pengguna kebebasan untuk membuat catatan, menyimpan URL dan banyak lagi. Dengan nama “Note to Self”, Signal menghadirkan fitur di mana pengguna dapat mengirimkan pesan ke diri mereka sendiri.

Sebenarnya pengguna WhatsApp bisa menerapkan fitur ini dengan cara membuat grup, mengundang orang lain, lalu mengeluarkannya agar bisa menjadi anggota grup sendirian. Akan tetapi, metode itu lebih kompleks dan akan lebih baik jika WhatsApp menghadirkan fitur tersebut secara resmi.

3. Polling (Telegram, Threema)

7 Fitur dari Aplikasi Perpesanan Lain yang Perlu Dimiliki WhatsApptelegram.org

Salah satu fitur menarik Telegram (yang juga bisa ditemukan di Threema) adalah kemampuan untuk membuat polling di grup dan channel. Telegram bahkan mengembangkan fitur ini dengan Pools 2.0, di mana kini tersedia opsi untuk kuis, pilihan ganda dan banyak lagi.

Maka sama seperti dukungan untuk lebih dari satu nomor, ini akan jadi fitur yang luar biasa jika bisa hadir secara resmi di di WhatsApp. Fitur semacam ini dapat membantu pengguna untuk misalnya, menentukan tempat nongkrong bersama teman-teman di dalam grup atau sekadar bermain kuis untuk bersenang-senang.

Baca Juga: WhatsApp Bisa untuk Lacak Lokasi Orang Lain, Ini Caranya!

4. Blur wajah sebelum mengirim gambar (Signal)

7 Fitur dari Aplikasi Perpesanan Lain yang Perlu Dimiliki WhatsApppcmag.com

Selain fitur anti-mainstream seperti Note to Self, Signal juga dikenal karena memiliki cukup banyak fitur yang berfokus pada privasi. Salah satu yang paling keren adalah kemampuan atau opsi untuk memberikan efek blur pada wajah seseorang pada gambar yang akan dikirim.

Akan menarik apabila WhatsApp menawarkan fitur serupa, memungkinkan pengguna untuk berbagi gambar tanpa perlu mengkhawatirkan privasi orang asing yang ada di gambar tersebut. Fitur ini juga akan sangat membantu, mengingat banyak kasus pencurian identitas berawal dari wajah yang secara bebas tersebar di internet.

5. Reaksi untuk pesan (Signal, Telegram)

7 Fitur dari Aplikasi Perpesanan Lain yang Perlu Dimiliki WhatsAppandroidauthority.com

Fitur seperti reaksi untuk pesan tersedia pada aplikasi seperti Discord dan Slack, yang kemudian diikuti oleh aplikasi perpesanan semacam Signal dan Telegram untuk aplikasi mereka di perangkat mobile. Seperti namanya, fitur ini pada dasarnya memungkinkan pengguna memberi reaksi berupa emoji terhadap pesan yang masuk.

Reaksi tersebut akan langsung muncul di bawah pesan dan melalui fitur ini, pengguna jadi tidak perlu membalas emoji pada pesan terkait secara terpisah. Dengan banyaknya aplikasi yang telah membawa fitur ini, WhatsApp memerlukan jika tidak ingin tertinggal di belakang aplikasi-aplikasi lain.

6. Mengirim pesan tanpa notifikasi suara (Telegram)

7 Fitur dari Aplikasi Perpesanan Lain yang Perlu Dimiliki WhatsAppgadgets.ndtv.com

Tidak semua pesan harus dibalas secara langsung dan untuk alasan itu, Telegram menghadirkan fitur mengirim pesan tanpa suara. Suara yang dimaksud adalah notifikasi suara pada HP orang yang akan dikirimi pesan. Lewat fitur ini, pesan yang masuk pada HP pengguna yang dikirimi pesan tidak akan memunculkan notifikasi suara atau getar seperti biasanya.

Banyak orang yang menginginkan aplikasi perpesanan lain terutama WhatsApp, untuk mengadopsi fitur menarik ini. Sebab, fitur ini dapat membantu penerima pesan untuk mengatasi gangguan dari pesan yang masuk tanpa harus membisukan kontak atau mematikan HP mereka.

7. Pesan terjadwal (Telegram)

7 Fitur dari Aplikasi Perpesanan Lain yang Perlu Dimiliki WhatsAppandroidauthority.com

Yang terakhir ini mungkin jadi salah satu fitur paling diminta pengguna untuk bisa hadir di WhatsApp. Fitur pesan terjadwal telah ada selama lebih dari satu tahun di Telegram, di mana fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih tanggal dan waktu dari pesan yang akan dikirim.

Sayangnya, WhatsApp saat ini hanya bisa menikmati fitur kirim pesan otomatis ini dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Padahal fitur menarik ini bisa sangat membantu, terutama seperti ketika ingin mengirim ucapan selamat ulang tahun atau pengingat kepada seseorang di waktu-waktu tertentu.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai beberapa fitur dari aplikasi perpesanan lain yang perlu dimiliki WhatsApp. Untuk kamu sendiri, fitur apa yang paling kamu inginkan untuk ada di WhatsApp?

Baca Juga: Cara Mudah Mengembalikan Foto WhatsApp yang Terhapus, Pasti Berhasil!

Topic:

  • Arif Gunawan
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya