Comscore Tracker

Sudah Android 11, Ini 7 Fitur Terbaik ColorOS 11 HP OPPO

Membawa banyak fitur lawas yang disempurnakan

Jika dibandingkan dengan UI atau skin lain, ColorOS dari OPPO bukanlah salah satu yang paling disukai. Secara tampilan, ColorOS menyimpang cukup jauh dari penampilan Android stock dan membuat beberapa pengguna merasa tidak nyaman. Namun, OPPO mendengar komentar dan keluhan itu, dan menjanjikan banyak perubahan besar di versi terbaru dari UI kesayangan mereka yaitu ColorOS 11.

Ini menjadi penerus dari ColorOS 7, dengan basis Android 11. OPPO sendiri menghadirkan sejumlah kemampuan kustomisasi, tampilan yang lebih mirip Android stock dan beberapa fitur-fitur baru yang menarik pada ColorOS 11. Berikut beberapa di antaranya.

1. Penerjemah tiga jari

Sudah Android 11, Ini 7 Fitur Terbaik ColorOS 11 HP OPPOsmartprix.com

Pengguna ColorOS 7 pasti paham mengenai fitur screenshot via gestur, di mana hanya dengan mengusap layar ke bawah dengan tiga jari, pengguna bisa mengambil screenshot dan langsung memotongnya menjadi sebagian. Nah, di ColorOS 11, Oppo memperkenalkan fitur baru yang berkaitan dengan ini.

Lewat kemampuan Google Lens dan Translate, ColorOS 11 sekarang akan secara otomatis menerjemahkan teks asing yang muncul di sebagian screenshot yang diambil. Fitur terjemahan ini juga akan muncul di Smart Sidebar jika pengguna ingin mengaksesnya secara langsung.

2. Mode gaming

Sudah Android 11, Ini 7 Fitur Terbaik ColorOS 11 HP OPPOandroidauthority.com

Saat ini, hampir semua UI atau skin Android besar memiliki mode gaming bawaan atau aplikasi yang dapat membantu sesi bermain game pengguna. Di ColorOS 11, OPPO menambahkan fitur berupa mode gaming baru yang mereka namai “Immersive Mode”.

Maka sama seperti mode gaming lain, Immersive Mode akan memblokir panggilan, membatasi notifikasi sosial media dan menonaktifkan gestur tertentu, ketika pengguna sedang bermain game. Dengan ini, pengguna dapat lebih fokus pada game tanpa perlu khawatir dengan hal lain.

3. Mode gelap yang bisa dikustomisasi

Sudah Android 11, Ini 7 Fitur Terbaik ColorOS 11 HP OPPOandroidcentral.com

Beralih dari mode gelap yang lebih sederhana di ColorOS 7, OPPO menghadirkan mode gelap dengan sejumlah peningkatan di ColorOS 11. Salah satu yang terbesar adalah kemampuan untuk mengustomisasi jenis mode gelap yang diinginkan.

Terdapat tiga opsi mode gelap yang ditawarkan yaitu Enhanced (dengan kontras tinggi dan hitam pekat), Gentle (lebih ke arah abu-abu gelap) dan Medium (yang tingkat kegelapannya berada di antara Enhanced dan Gentle). Selain itu, ada pula fitur penjadwalan untuk mengatur waktu aktif dan non-aktif dari mode gelap itu sendiri.

Baca Juga: 9 Alasan Kuat Menggunakan HP OPPO, Awet Banget sampai Kamu Bosan!

4. Membuat always-on display sendiri

Sudah Android 11, Ini 7 Fitur Terbaik ColorOS 11 HP OPPOxda-developers.com

Sementara always-on display pada ColorOS 7 telah bisa dikustomisasi, di ColorOS 11, OPPO meningkatkan kemampuan itu dengan menyertakan opsi untuk membuat artwork yang dapat dikustomisasi. Pengguna bisa membuat desain animasi yang keren hanya dengan menggesek jari di layar.

Desain yang telah dibuat kemudian dapat diputar di layar ketika AOD aktif. Meski ini bukan fitur mengagumkan yang dapat menjadi faktor penentu untuk membeli HP OPPO, setidaknya ‘trik’ keren ini dapat membantu pengguna untuk membuat HP-nya nampak berbeda dengan yang lain.

5. Membuat wallpaper dan ringtone sendiri

Sudah Android 11, Ini 7 Fitur Terbaik ColorOS 11 HP OPPOxda-developers.com

Sama halnya dengan fitur membuat AOD sendiri, ColorOS 11 juga menawarkan kemampuan untuk membuat wallpaper dan ringtone sesuka hati. Untuk wallpaper, pengguna bisa mengambil foto langsung atau meng-upload gambar dari internet, dan ColorOS 11 akan secara otomatis membuat beberapa wallpaper dengan beragam bentuk dan desain, dari gambar tersebut. Sementara untuk ringtone, ColorOS 11 akan menyediakan nada yang sangat sederhana, dan pengguna hanya perlu menggeser panel sesuai keinginan untuk mengatur mulai dari pitch, timbre hingga kecepatan nada.

6. Fitur menarik lain

Sudah Android 11, Ini 7 Fitur Terbaik ColorOS 11 HP OPPOtechadvisor.co.uk

Selain fitur-fitur di atas, ColorOS 11 juga dibekali dengan sejumlah fitur menarik lain. Beberapa di antaranya seperti OPPO Sans – font bawaan OPPO yang warna dan bentuknya bisa diatur, animasi baru pada sensor fingerprint dalam layar dan nada peringatan khusus untuk notifikasi muncul terus-menerus. Di samping itu, OPPO kini juga menawarkan lebih banyak opsi untuk membuat ColorOS 11 nampak lebih stock, seperti dengan kemampuan untuk tetap menggunakan ikon Material ala Google dan font berjenis Roboto.

7. Fitur stock Android 11

Sudah Android 11, Ini 7 Fitur Terbaik ColorOS 11 HP OPPOandroidauthority.com

Karena ColorOS 11 berbasis Android 11, tentu semua fitur stock pada sistem operasi terbaru dari Android itu juga ikut dihadirkan. Itu seperti control panel baru yang bisa diakses dengan cara menekan lama tombol power, conversation bubbles (gelembung percakapan seperti pada Facebook Messenger), Nearby Share (fitur berbagi file ala AirDrop di perangkat Apple), perizinan satu kali, scoped storage dan banyak lagi. Sementara itu, OPPO sendiri menjanjikan bahwa versi stabil dari ColorOS akan dirilis di HP-HP mereka (terutama yang terbaru) sebelum akhir tahun ini.

Demikian itu tadi ulasan mengenai beberapa fitur terbaik dari ColorOS 11 yang berbasis Android 11. Bagi kamu pengguna HP OPPO, puas dengan pembaruan ColorOS 11 lewat fitur-fitur di atas?

Baca Juga: HP Xiaomi vs OPPO, Mana yang Lebih Unggul dan Worth It?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya