Comscore Tracker

7 Fitur yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli TV OLED

Awas, jangan sampai salah beli!

Selama bertahun-tahun, TV OLED sulit dijangkau bagi banyak orang karena harganya yang tergolong tinggi. Namun, dengan teknologi yang makin maju, biaya untuk pembuatan menjadi lebih rendah yang mana itu pada akhirnya berdampak pada harga yang lebih terjangkau.

Meskipun ada cukup banyak opsi yang ditawarkan oleh banyak brand, bukan sesuatu yang mudah untuk memilih TV OLED terbaik. Untuk kamu yang tertarik membeli TV OLED, berikut beberapa fitur yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli TV OLED.

1. Tingkat kecerahan atau brightness

7 Fitur yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli TV OLEDLG C9 OLED TV (reviewed.com)

Dalam beberapa tahun terakhir, tingkat kecerahan yang bisa dicapai TV OLED membaik sehingga berada di titik di mana mampu memberikan tingkat kecerahan yang memadai ketika fitur seperti HDR diaktif. Penting untuk memastikan bahwa TV OLED incaran kamu punya tingkat kecerahan maksimum sekitar 700-800 nits ketika melihat konten HDR dan 400-500 nits untuk pengalaman menonton konten SDR yang lebih ideal di ruangan dengan pencahayaan cukup. Namun, fitur ini bisa kamu skip jika kamu berencana menempatkan TV kamu di ruangan dengan kondisi pencahayaan redup.

2. Refresh rate tinggi

7 Fitur yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli TV OLEDilustrasi orang bermain game di TV OLED (lg.com)

Sementara 60Hz sudah lebih dari cukup untuk sekedar menonton film atau serial TV, itu masih kurang jika TV OLED yang ingin dibeli juga akan digunakan untuk bermain. Konsol game tersebut seperti PS5 dan Xbox Series X telah mendukung 4K/120fps yang mana jika ingin benar-benar merasakan frame-rate tinggi, dibutuhkan monitor atau layar yang telah mendukung refresh rate tinggi pula.

Untungnya, beberapa TV OLED dalam satu atau dua tahun terakhir telah banyak yang mendukung refresh rate 120Hz lewat dukungan HDMI 2.1. Jadi, pilih TV OLED dengan refresh rate tinggi jika ingin digunakan untuk bermain game.

3. Harga

7 Fitur yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli TV OLEDilustrasi memegang uang (unsplash.com/@alexandermils)

Harga TV OLED memang jadi makin terjangkau dalam beberapa tahun terakhir, namun masih tetap lebih mahal jika dibandingkan dengan TV LED biasa. Selain itu, harga yang dipatok juga tergantung dari brand terkait seperti TV OLED dari Sony misalnya, saat ini masih jauh lebih mahal dari yang ditawarkan oleh LG.

Untuk menghemat budget, kamu bisa membeli TV OLED rilisan tahun lalu, yang mana sebagian besar masih memuaskan baik dari segi kualitas maupun fitur untuk digunakan di tahun ini. Kendati demikian, selalu kembali pastikan jika fitur-fitur yang diusung sesuai dengan kebutuhan kamu.

Baca Juga: 7 Aplikasi Streaming Terbaik untuk Diinstal di Smart TV

4. Kualitas audio

7 Fitur yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli TV OLEDLG G1 OLED TV (reviewed.com)

Di samping kualitas gambar, kualitas audio juga jadi salah satu aspek yang perlu diperhatikan ketika membeli TV OLED. Dengan membeli TV OLED yang punya speaker atau kualitas audio bagus, kamu bisa menghemat budget agar tidak membeli perangkat audio ekstra seperti soundbar.

Terlebih, beberapa TV OLED saat ini juga banyak yang tidak hanya hadir dengan kualitas gambar yang baik, namun juga kualitas audio yang nyaman di telinga. Pastikan speaker dari TV OLED yang bakal kamu beli punya kualitas audio yang tidak kencang namun juga jernih dan tidak pecah.

5. Input lag

7 Fitur yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli TV OLEDLG CX OLED TV (digitaltrends.com)

Input lag merupakan waktu jeda atau delay diantara ketika kamu memencet tombol di kontroler kamu dan respon TV terhadap input yang diberikan. Semakin tinggi input lag, maka semakin terasa juga bahwa ada sedikit lag ketika bermain terutama untuk game dengan pace cepat.

TV OLED saat ini memang banyak yang dibekali dengan “game mode” bawaan untuk meminimalisir input lag, namun tetap pastikan jika TV OLED incaran kamu punya input lag yang tidak begitu tinggi. Input lag di bawah 20ms bisa dikatakan ideal namun jika ingin maksimal, cari yang memiliki input lag 10ms.

6. Prosessor gambar

7 Fitur yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli TV OLEDLG C1 OLED TV (reviewed.com)

Salah satu alasan mengapa kualitas gambar yang ditawarkan TV OLED semakin membaik dan bagus tiap tahunnya adalah fakta bahwa ada komponen penting bernama prosessor gambar. Sederhananya, semakin baru prosessor gambar yang diusung, semakin bagus pula kualitas visual yang ditawarkan.

Jadi, cari TV OLED dengan prosessor gambar terbaru agar mata kamu jadi lebih bisa dimanjakan lewat kualitas gambar yang jernih dan detail. Namun, kamu bisa berkompromi dengan prosessor gambar generasi sebelumnya jika budget mepet mengingat terkadang perbedaan yang dimiliki tidak terlalu signifikan.

7. Fitur tambahan

7 Fitur yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli TV OLEDLG G1 OLED (rtings.com)

Tak kalah penting dari resolusi dan prosessor gambar, software juga jadi bagian yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Hampir semua TV OLED saat ini memang telah dilengkapi dengan aplikasi streaming populer seperti Netflix, Amazon Prime Video, Disney+ dan banyak lagi, namun kamu bisa mencari yang punya fitur tambahan yang jarang ada di TV OLED. Beberapa di antaranya seperti AirPlay yang memungkinkan kamu untuk mirroring layar dari iPhone, iPad dan Mac ke TV dan kompabilitas NVIDIA G-Sync untuk pengalaman gaming di PC dengan GPU NVIDIA yang lebih mulus

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa fitur yang perlu diperhatikan sebelum membeli TV OLED. Agar bisa lebih memaksimalkan budget yang dikeluarkan dengan apa yang didapatkan, pastikan jika TV OLED yang bakal dibeli sesuai dengan kebutuhan kamu dan tidak banyak fitur-fitur yang ada di dalamnya berakhir jarang atau tidak terpakai.

Baca Juga: 7 Android TV Box Terbaik, Bisa Ubah TV Biasa Jadi Smart TV

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya