Comscore Tracker

7 Fitur Baru Android yang Akan Meluncur Pertengahan 2021

Tidak hanya akan tersedia di Android 12 saja

Android 12 diprediksi tidak akan tersedia di banyak HP hingga musim gugur tahun ini atau awal tahun depan, namun sembari menunggu perilisannya, Google dikabarkan akan merilis 7 fitur baru untuk perangkat Android.

Fitur-fitur tersebut direncanakan untuk meluncur musim panas ini dan hadir dalam bentuk update seperti sistem emoji kustom baru di Gboard, opsi personalisasi di Android Auto dan perluasan fitur peringatan darurat ketika terjadi bencana seperti gempa. Daripada penasaran, berikut ulasan lengkapnya.

1. Menandai pesan di aplikasi Messages

7 Fitur Baru Android yang Akan Meluncur Pertengahan 2021androidauthority.com

Untuk mempermudah pengguna menemukan pesan-pesan penting, Google menambahkan fitur menandai pesan di aplikasi perpesanan default mereka yaitu Messages. Dengan fitur ini, pengguna jadi bisa dengan mudah melihat pesan penting yang telah mereka tandai sehingga tidak perlu mencari secara manual.

Untuk melakukannya, pengguna hanya perlu menekan dan tahan pesan yang ingin ditandai lalu meng-klik ikon “bintang”. Pesan yang ditandai bisa ditemukan di bagian tersendiri yang diurutkan berdasarkan kategori.

2. Enkripsi end-to-end di Messages

7 Fitur Baru Android yang Akan Meluncur Pertengahan 2021hothardware.com

Setelah memberi dukungan enkripsi end-to-end pada provider yang mendukung protocol RCS, kini Google turun tangan sendiri dengan mengimplementasikan enkripsi serupa secara langsung ke aplikasi Messages. Namun, dukungan tersebut hanya berlaku untuk percakapan satu lawan satu, alias pesan grup tetap tidak akan terenkripsi. Google menjelaskan bahwa enkripsi mereka memastikan bahwa tidak akan ada orang atau pihak tidak bertanggung jawab yang melihat pesan pengguna ketika pesan tersebut dikirim dari satu HP ke HP lainnya.

3. Fitur peringatan gempa hadir di lebih banyak negara

7 Fitur Baru Android yang Akan Meluncur Pertengahan 2021blog.google

Melalui postingan di blog resminya, Google mengumumkan bahwa mereka memperluas fitur peringatan gempa ke lebih banyak negara seperti Turki, Filipina, Kazakhstan, Kirgizstan, Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan. Sebelumnya di akhir April, Google juga membawa fitur serupa ke Selandia Baru dan Yunani.

Fitur yang Google sebut sebagai Earthquake Alerts System itu menggunakan sensor accelerometer pada HP Android dan mengubahnya menjadi seismometer mini. Nantinya, data akan dikumpulkan dan diverifikasi untuk memastikan bahwa gempa terjadi atau tidak.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Tingkatkan Performa Chrome di HP Android

4. Android Auto dapat lebih banyak opsi kustomisasi

7 Fitur Baru Android yang Akan Meluncur Pertengahan 2021autoblog.com

Google menambahkan lebih banyak opsi kustomisasi di Android Auto di mana pengguna kini dapat mengustomisasi halaman layar utama via HP dan mengatur mode gelap secara manual. Selain itu, aplikasi berjenis media juga mendapat tab baru untuk browsing jenis konten yang lebih mudah.

Lebih lanjut, ditambahkan pula tombol A-Z di bagian scroll bar, opsi “back to top” untuk navigasi lebih mudah dan dukungan untuk meluncurkan aplikasi perpesanan tertentu langsung dari layar Android Auto. Terakhir, Android Auto mendapat akses ke jenis aplikasi baru seperti aplikasi parkir, navigasi dan EV charging.

5. Mengakses aplikasi langsung via suara

7 Fitur Baru Android yang Akan Meluncur Pertengahan 2021androidpolice.com

Salah satu fitur menarik yang segera dihadirkan Google adalah dukungan untuk mengakses aplikasi langsung via suara. Nantinya, pengguna bisa mengatakan seperti, “Hei Google, berapa KM yang sudah saya tempuh di Strava” dan Strava akan otomatis terbuka dan memperlihatkan informasi terkait langsung dari lock screen perangkat Android pengguna. Selain Strava, masih ada banyak lagi aplikasi Android yang mendukung fitur Voice Access ini dan pengguna bisa mengetahuinya hanya dengan cara mengatakan, “Hei Google, shortcuts”.

6. Voice Access yang mendeteksi tatapan

7 Fitur Baru Android yang Akan Meluncur Pertengahan 2021xda-developers.com

Tidak hanya memungkinkan pengguna untuk menavigasi HP mereka via suara, nantinya Voice Access juga akan dibekali dengan fitur pendeteksi tatapan atau gaze detection. Lewat fitur itu, Voice Access dapat melihat apakah pengguna sedang menatap layar HP mereka untuk memastikan bahwa suara yang mereka keluarkan, merupakan bentuk perintah atau hanya sekadar obrolan dengan orang lain. Selain itu, fitur input password pada Voice Access juga disempurnakan di mana pengguna kini bisa “mengetikkan” password berupa huruf, angka atau simbol via suara.

7. Peningkatan pada Emoji Kitchen

7 Fitur Baru Android yang Akan Meluncur Pertengahan 20219to5google.com

Bagi yang tidak tahu, Emoji Kitchen merupakan fitur di mana pengguna bisa menggabungkan dua emoji untuk membuat satu emoji unik. Nah, Google memberi peningkatan pada fitur ini dengan memberi dukungan berupa saran atau suggestion pada Gboard berdasarkan pesan apa yang sedang pengguna ketik.

Fitur ini saat ini sudah tersedia untuk pengguna Gboard di channel beta, namun untuk publik baru dijadwalkan meluncur musim panas ini. Fitur keren yang satu ini sekarang hanya bisa bekerja untuk bahasa Inggris, Spanyol dan juga Portugis.

Demikian tadi ulasan mengenai fitur-fitur baru di Android yang akan meluncur musim panas ini. Untuk kamu sendiri, kira-kira fitur apa yang paling kamu harapkan untuk segera hadir di Android?

Baca Juga: Daftar 7 Browser Terbaik dengan VPN Bawaan di Android

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya