Comscore Tracker

7 Layanan Penyimpanan Cloud Gratis yang Tawarkan Kapasitas Terbesar

Hingga 100GB!

Di luar sana, ada cukup banyak penyedia layanan penyimpanan cloud gratis yang tersedia, meski tidak semuanya sama. Masing-masing berbeda satu sama lain dalam hal fitur dan kapasitas penyimpanan yang ditawarkan.

Nah, di kesempatan kali ini, IDN Times akan membagikan beberapa rekomendasi layanan penyimpanan cloud gratis terbaik, dengan kapasitas penyimpanan terbesar. Perlu dicatat bahwa yang direkomendasikan di bawah ini, semuanya merupakan penyedia layanan penyimpanan cloud dari perusahaan terkemuka yang punya reputasi baik dan banyak mendapatkan ulasan positif juga.

1. Degoo – 100GB

7 Layanan Penyimpanan Cloud Gratis yang Tawarkan Kapasitas Terbesardealmango.com

Degoo melampaui yang lain di daftar ini dengan menawarkan penyimpanan cloud berkapasitas 100GB secara gratis. Namun, ada sejumlah batasan pada layanan ini. Salah satu yang terbesar adalah pengguna hanya bisa mengunggah file dari satu perangkat saja.

Kendati demikian, tidak ada batasan untuk melihat atau mengunduh file tersebut, dan pengguna bisa melakukan di lebih dari satu perangkat. Degoo didukung oleh iklan, dan pengguna harus log-in setidaknya sekali tiap 90 hari untuk memastikan akun tetap aktif.

2. Mega – 50GB

7 Layanan Penyimpanan Cloud Gratis yang Tawarkan Kapasitas Terbesarmega.nz

Didirikan oleh Kim Dotcom yang kontroversial, Mega berada di nomor dua di daftar ini dengan menawarkan penyimpanan cloud gratis sebesar 50GB. Akan tetapi, 50GB gratis itu hanya tersedia untuk 30 hari pertama dan akan turun jadi 15GB setelahnya.

Bagi pengguna yang ingin kapasitas ekstra, Mega menawarkan 20GB jika mau menginstal aplikasi desktop dan 15GB untuk aplikasi mobile (keduanya kedaluwarsa setelah 180 hari). Mega sendiri tidak membatasi ukuran file yang diupload, namun lebih menerapkan pembatasan bandwidth (maksimal 1GB tiap enam jam).

3. Google Drive – 15GB

7 Layanan Penyimpanan Cloud Gratis yang Tawarkan Kapasitas Terbesarradionshop.com

Selanjutnya adalah Google Drive, yang mungkin jadi layanan penyimpanan cloud dengan pengguna terbanyak di daftar ini. Ini mudah untuk digunakan, tidak mengandung iklan dan tersedia di semua platform besar. Drive dimiliki oleh Google dan menyediakan penyimpanan cloud gratis yang tidak begitu besar yaitu 15GB saja.

Perlu dicatat pula jika kapasitas itu dibagi untuk Drive, Gmail dan Photos. Dengan itu, pengguna jadi bisa dengan mudah menyimpan lampiran email dari Gmail maupun mencadangkan foto atau video dari Photos ke Drive.

Baca Juga: 7 Penyimpanan Cloud Alternatif Google Drive yang Patut Kamu Coba

4. Box – 10GB

7 Layanan Penyimpanan Cloud Gratis yang Tawarkan Kapasitas Terbesaryoutube.com/Box

Box merupakan salah satu penyedia layanan penyimpanan cloud populer yang menawarkan penyimpanan gratis sebesar 10GB untuk penggunanya. Bukan tanpa batasan, Box membatasi pengguna untuk meng-upload file dengan ukuran maksimal 250MB.

Layanan yang satu ini juga hadir dengan sejumlah fitur standar seperti membuat folder untuk menaruh file, berbagi file dengan beberapa klik saja, akses file dari beragam platform berbeda dan banyak lagi. Ini cocok untuk dijadikan tempat penyimpanan file berukuran kecil seperti dokumen dan juga foto.

5. pCloud – 10GB

7 Layanan Penyimpanan Cloud Gratis yang Tawarkan Kapasitas Terbesartechrepublic.com

pCloud mungkin tidak setenar Google Drive atau Box, namun ini tetap layak untuk digunakan. Ini memberikan penggunanya penyimpanan cloud sebesar 10GB yang sepenuhnya gratis dan tidak ada batasan ukuran untuk file yang ingin di-upload.

pCloud mengemas cukup banyak fitur mengagumkan seperti berbagi file dengan mudah, mengakses file dari banyak perangkat di berbagai platform, dan memulihkan serta mengakses versi lama dari akun pengguna – hingga 30 hari. Plus, layanan ini bahkan juga dibekali dengan pemutar video dan audio bawaan.

6. MediaFire – 10GB

7 Layanan Penyimpanan Cloud Gratis yang Tawarkan Kapasitas Terbesarsoftpedia.com

MediaFire memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi file dengan mudah, dengan pengguna ‘gratisan’ mendapat penyimpanan gratis sebesar 10GB. Setiap file yang di-upload dibatasi dengan batas ukuran maksimal 4GB per upload.

Melalui MediaFire, pengguna juga bisa meng-upload lebih dari satu file secara bersamaan dan menggunakannya di berbagai platform seperti Windows, Android dan iOS. Ini mendukung semua jenis file di luar sana, mulai dari gambar, video, dokumen dan banyak lagi. Yang kurang dari MediaFire mungkin hanyalah fakta bahwa ini didukung oleh iklan.

7. OneDrive – 10GB

7 Layanan Penyimpanan Cloud Gratis yang Tawarkan Kapasitas Terbesaronedrive.live.com

Yang terakhir di daftar ini adalah OneDrive dari Microsoft yang menawarkan penyimpanan cloud gratis dengan kapasitas minim yaitu 5GB. Ini merupakan layanan yang bisa dijadikan bagian dari akun Microsoft, alias pengguna tidak perlu mendaftar secara terpisah untuk bisa menggunakannya.

Sebagai tambahan dari fitur dasar yang tidak jauh berbeda dari yang lain, OneDrive juga hadir dengan Personal Vault, yang menambahan lapisan keamanan ekstra untuk dokumen atau file sensitif. Bagi pengguna gratisan, Personal Vault hanya bisa digunakan untuk menyimpan hingga tiga file saja.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi layanan penyimpanan cloud gratis yang tawarkan kapasitas terbesar. Setiap layanan di atas juga menyediakan pilihan berlangganan untuk kapasitas penyimpanan yang lebih besar, dengan harga bervariasi mulai dari US$1,99 hingga US$5,43 per bulannya.

Baca Juga: Google Stadia vs GeForce Now, Mana Layanan Cloud Gaming Terbaik?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya