Comscore Tracker

Inovatif dan Penuh Kejutan, Ini 7 Pengumuman Besar Google di I/O 2019!

Nomor 4 jadi yang paling keren dan ditunggu-tunggu

Setelah fokus dengan pengumuman software di I/O tahun lalu, mengikuti kebiasaannya, Google beralih untuk memberikan banyak hal baru terkait hardware di I/O tahun 2019 ini. Saat ini, sesi utamanya yaitu keynote telah usai dan dapat dikonfirmasi bahwa rumor yang beberapa bulan terakhir diperbincangkan, berakhir menjadi kenyaatan.

Selain itu, I/O tahun ini membawa banyak update mengenai Android Q dan beberapa pembaruan yang akan segera hadir untuk Google Assistant. Baiklah, tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut 7 pengumuman besar Google di I/O 2019!

1. Pixel 3A dan Pixel 3A XL

Inovatif dan Penuh Kejutan, Ini 7 Pengumuman Besar Google di I/O 2019!reddit.com

Secara berurutan, Pixel 3A dan Pixel 3A XL merupakan varian terjangkau dari Pixel 3 dan Pixel 3 XL. Keduanya sama-sama dibekali dengan Snapdragon 670, RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB. Akan tetapi, Pixel 3A XL sedikit lebih unggul karena memiliki ukuran layar dan kapasitas baterai yang lebih besar.

Menariknya meskipun murah, keduanya tetap dilengkapi dengan fitur-fitur kamera canggih dari Pixel 3 seperti Night Sight, Zoom Super Res dan Portrait Mode. Pixel 3A dan 3A XL tersedia dalam tiga warna (hitam, putih, ungu) dan dijual di harga mulai dari US$399 (atau setara Rp5,7 juta) dan US$479 (atau setara Rp6,9 juta).

2. Nest Hub Max

Inovatif dan Penuh Kejutan, Ini 7 Pengumuman Besar Google di I/O 2019!expertreviews.co.uk

Google mengumumkan Nest Hub Max, produk pertama Home pasca di-rebranding di bawah naungan Google Nest. Pada dasarnya ini adalah kombinasi dari kamera Nest, Home Hub dan Home Max, yang menawarkan kamera, smart display dan loudspeaker ke dalam satu gadget.

Yang menarik dari perangkat ini adalah, tidak seperti Home Hub, ia memiliki kamera built-in dengan fitur facial recognition yang mampu mengenali banyak wajah dan menampilkan hasil yang berbeda-beda. Nest Hub Max dijadwalkan untuk meluncur di akhir musim panas ini dan dibanderol senilai US$299 (atau setara Rp4,3 juta).

3. Android Q

Inovatif dan Penuh Kejutan, Ini 7 Pengumuman Besar Google di I/O 2019!9to5google.com

Android Q Beta 3 telah tersedia untuk beberapa perangkat saat ini dan itu menawarkan Dark Mode yang lebih menyeluruh. Mengikuti perilisan Digital Wellbeing tahun lalu, Google juga menambahkan fitur baru berjuluk Focus Mode.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan notifikasi atau aplikasi tertentu, dalam jangka waktu yang diinginkan. Tak hanya itu saja, Smart Reply di Q juga akan lebih baik, karena akan hadir untuk lebih banyak aplikasi perpesanan pihak ketiga. Ini juga dapat menyarankan tindakan, seperti membuka Maps ketika pesan yang masuk berisi alamat atau rencana perjalanan.

Baca Juga: 7 Fitur Unik ala Google Assistant Ini Wajib Kamu Coba, Canggih Banget!

4. Live Caption

Inovatif dan Penuh Kejutan, Ini 7 Pengumuman Besar Google di I/O 2019!venturebeat.com

Salah satu pengumuman paling menakjubkan dari Google di I/O kemarin adalah Live Caption. Melalui ini, pengguna bisa mendapatkan subtitle secara langsung ketika sedang menonton video maupun video call.

Google menyebut jika ini dibuat untuk membantu orang-orang tuna rungu atau yang kesulitan mendengar, untuk dapat memahami isi dari konten atau video yang mereka lihat. Ke depannya, Live Caption akan ditambahkan ke panggilan telepon, dengan menambahkan transkripsi langsung dari percakapan yang sedang berlangsung.

5. Project Mainline

Inovatif dan Penuh Kejutan, Ini 7 Pengumuman Besar Google di I/O 2019!androidcentral.com

Dimulai dari Android Q, Google akan mulai merilis pembaruan software secara langsung melalui Play Store, alih-alih menunggu dari produsen smartphone terkait. Disebut sebagai Project Mainline, Google mengatakan bahwa sistem pembaruan baru ini akan ditawarkan dalam bentuk ‘modul’, sehingga dapat membantu menangani permasalahan secara spesifik di bagian-bagian tertentu seperti kamera, misalnya. Ini harusnya juga bisa mencegah pembaruan yang masuk, mengacaukan bagian lain dari perangkat yang seharusnya tidak ‘disentuh’ oleh pembaruan.

6. Google Maps

Inovatif dan Penuh Kejutan, Ini 7 Pengumuman Besar Google di I/O 2019!androidpolice.com

Sebagai bagian dari upaya Google untuk meminimalkan lokasi dan pelacakan pencarian, Google Maps akan mendapatkan mode incognito untuk penggunaan yang lebih privat. Setiap aktivitas seperti mencari lokasi atau mendapatkan arah, datanya tidak akan disimpan ke dalam Google Account.

Google juga menyebut bahwa Maps nantinya akan mempersilakan penggunanya untuk secara otomatis menghapus lokasi, history pencarian dan lain-lainnya, setiap tiga hingga 18 bulan sekali. Ini belum memiliki tanggal peluncuran pasti, namun akan tersedia untuk masing-masing web dan aplikasi.

7. Google Lens

Inovatif dan Penuh Kejutan, Ini 7 Pengumuman Besar Google di I/O 2019!theverge.com

Tahun ini, Google membekali Lens dengan kemampuan untuk memberikan saran makanan terbaik dari suatu restoran dan bahkan dapat menampilkan seperti apa makanan tersebut berdasarkan informasi yang dihimpun dari Google Maps. Selain itu, Lens juga akan dapat membuat majalah resep makanan seperti Bon Appetit Magazine menjadi benar-benar hidup, hanya dengan memindainya. Google mengatakan jika pembaruan ini akan meluncur dalam beberapa bulan ke depan, dengan pembaruan penerjemah yang akan datang dengan lebih dari selusin bahasa baru.

Itulah tadi sedikit rangkuman dari beberapa pengumuman besar yang Google sampaikan di I/O 2019. Bagaimana dengan kalian? dari 7 pengumuman di atas, mana yang paling kalian tunggu-tunggu?

Baca Juga: Cara Melacak Nomor HP yang Hilang Menggunakan Google Maps, Mudah loh!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You