Comscore Tracker

MWC 2020: Ini yang Diharapkan dari Setiap Brand Teknologi Besar

Mulai dari Samsung, Sony hingga Microsoft

MWC atau Mobile World Congress merupakan salah satu event industri mobile terbesar yang diselenggarakan setiap tahun. Ini menjadi ‘rumah’ bagi banyak peluncuran HP baru dan beberapa gambaran teknologi HP di masa depan. Tahun ini, MWC akan berlangsung dari tanggal 24-27 Februari di Barcelona, Spanyol.

Sama seperti tahun lalu, sejumlah brand teknologi besar seperti Samsung, LG, Nokia, Huawei, OnePlus dan Sony, diharapkan untuk kembali memamerkan produk terbarunya. 5G juga dipercaya akan menjadi teknologi yang mendominasi di MWC tahun ini. Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut yang diharapkan dari setiap brand teknologi besar di MWC 2020.

1. Samsung

MWC 2020: Ini yang Diharapkan dari Setiap Brand Teknologi Besardroid-life.com

Samsung dikonfirmasi tidak akan meluncurkan Galaxy S Series terbaru di MWC, karena dua minggu sebelum MWC bergulir, Samsung akan melangsungkan event bertajuk Unpacked 2020. Event tersebut akan mengungkap seperti apa bentuk Galaxy S11/S20 terbaru, sekaligus Galaxy Buds Plus yang juga dirumorkan akan hadir. Kendati demikian, Samsung tetap akan memamerkan sejumlah perangkat baru seperti Galaxy Z Flip – penerus Galaxy Fold dengan bentuk yang lebih sederhana, dan Galaxy A31 serta A11 – yang beberapa waktu yang lalu diketahui telah lolos uji sertifikasi FCC.

2. Huawei

MWC 2020: Ini yang Diharapkan dari Setiap Brand Teknologi Besarventurebeat.com

Pada MWC 2020, Huawei akan memamerkan suksesor HP lipat Mate X yaitu Mate XS. Ini akan membawa chipset Kirin 990 terbaru, fitur fast-charging 65W dan form-factor yang lebih kecil. Untuk P40 Series, dipastikan tidak akan muncul, karena dikonfirmasi akan meluncur pada Maret mendatang.

Selain HP baru, Huawei nampaknya juga akan meluncurkan laptop baru, mengingat tahun lalu, mereka mengungkap MateBook 14 dan MateBook X Pro edisi terbaru. Sementara sub-brand mereka yaitu Honor, dikonfirmasi akan merilis enam perangkat baru – yang mana dua di antaranya adalah Honor View 30 Pro dan Honor 9X Pro.

3. OnePlus

MWC 2020: Ini yang Diharapkan dari Setiap Brand Teknologi Besarpandaily.com

Tahun lalu pada MWC, OnePlus sama sekali tidak meluncurkan HP baru. Namun di tahun ini, itu sepertinya akan berbeda. Setelah biasanya merilis HP baru di April-Mei, OnePlus dikabarkan memajukan perilisan HP flagship terbarunya yaitu OnePlus 8 Series pada Februari-Maret. Dan MWC 2020 bisa jadi tempat perilisan itu.

OnePlus 8 Series sendiri terdiri dari OnePlus 8 dan 8 Pro – yang ditenagai oleh Snapdragon 865, dan varian mid-range bernama OnePlus 8 Lite. Sementara itu, pada CES 2020 kemarin, OnePlus memamerkan OnePlus Concept One yang cantik, yang diharapkan hadir kembali di MWC 2020.

Baca Juga: Ini 10 Brand Teknologi Indonesia yang Kualitasnya Sampai Pasar Dunia

4. LG

MWC 2020: Ini yang Diharapkan dari Setiap Brand Teknologi Besarlg.com

Dilansir dari Korea Herald, LG dikabarkan tengah bersiap-siap untuk memamerkan HP dua layar terbaru di MWC 2020. Dengan nama LG V60 ThinQ, ini akan menjadi penerus dari V50 ThinQ yang tahun lalu juga dirilis di MWC. V60 ThinQ akan mengusung konsep layar sekunder seperti G8X ThinQ, namun dengan mekanisme engsel yang direvisi menjadi lebih baik.

Selain itu, dukungan konektivitas 5G disebut-sebut juga akan disertakan. Di samping V60 ThinQ, LG juga diharapkan untuk mengungkap HP flagship terbaru lain yaitu G9 ThinQ – yang dirumorkan hadir dengan Snapdragon 865 dan empat kamera belakang.

5. Sony

MWC 2020: Ini yang Diharapkan dari Setiap Brand Teknologi Besardreamstime.com

Sony memiliki track record yang cukup baik dalam merilis HP flagship baru di MWC. Tahun lalu misalnya, mereka meluncurkan tiga HP flagship baru dengan aspect ratio yang ‘tinggi’ di 21:9. Tahun ini, Sony dipastikan kembali dan bahkan akan mengadakan pameran khusus, yang dipercaya mengandung perilisan HP baru di dalamnya.

Rumor awal menyebut bahwa Sony akan meluncurkan Xperia 2 – penerus Xperia 1 tahun lalu. Lebih lanjut, baru-baru ini bocoran render menampilkan varian baru dari Xperia 5 yaitu Xperia 5 Plus, yang ditampilkan memiliki layar OLED 6,6 inci, empat kamera belakang dan sensor fingerprint samping.

6. Xiaomi

MWC 2020: Ini yang Diharapkan dari Setiap Brand Teknologi Besarmi.com

Xiaomi telah mengonfirmasi bahwa HP flagship terbaru mereka – Mi 10 Series, akan dilengkapi dengan chipset Snapdragon 865 terbaru dari Qualcomm. Selain itu, Xiaomi juga mengonfirmasi eksistensi dari dua modelnya yaitu Mi 10 dan Mi 10 Pro.

Meski Xiaomi masih bungkam sejauh ini, HP dengan empat kamera belakang itu diharapkan untuk diluncurkan atau setidaknya tampil di MWC 2020. Mi 10 Series sendiri dikabarkan akan mengusung teknologi terkini seperti layar 90Hz, konektivitas 5G, kamera dengan resolusi tinggi (sekitar 108MP) dan fast-charging (di kisaran 40W).

7. Microsoft

MWC 2020: Ini yang Diharapkan dari Setiap Brand Teknologi Besardigitaltrends.com

Microsoft dipastikan akan hadir di MWC tahun ini dan bahkan memiliki panggung khusus untuk memamerkan produk-produk terbaru mereka. Beberapa yang dikabarkan akan tampil adalah Surface Neo dan Surface Duo – yang diumumkan pada Oktober tahun kemarin.

Bagi yang belum tahu, Surface Neo adalah tablet yang menjalankan Windows 10X, sementara Surface Duo adalah perangkat lipat yang menjalankan Android dan bisa digunakan layaknya HP konvensional. Microsoft disebut-sebut akan mengungkap sejumlah detail mengenai keduanya, termasuk spesifikasi, harga dan juga tanggal rilis.

Demikian tadi ulasan mengenai apa saja yang diharapkan dari setiap brand teknologi besar di MWC 2020. Selain HP, MWC juga menjadi ajang pameran perangkat teknologi lain seperti wearable, tablet, smart home device dan lain-lain. 

Baca Juga: Rangkuman Pengumuman Tiap Brand Teknologi Besar di CES 2020!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya