Comscore Tracker

5 Alasan Harus Jaga Privasi di Media Sosial, Hati-Hati!

gak semuanya harus diunggah ya

Fungsi media sosial tak lagi untuk menambah teman, mendekatkan kerabat yang jauh atau cuma sekadar hiburan. Kegunaannya sudah lebih dari itu, bahkan menjadi sumber cuan yang cukup menjanjikan. 

Saking asyiknya berselancar di internet, kita sampai lupa untuk menjaga privasi. Ada batasan dalam hidupmu yang tak selalu harus dibagikan di medsos, ini dia lima alasannya. 

1. Melindungi dirimu dari kejahatan pelecehan seksual

5 Alasan Harus Jaga Privasi di Media Sosial, Hati-Hati!Ilustrasi orang pakai HP (pexels.com/cottonbro)

Banyak yang menggunakan media sosial untuk perbuatan jahat, salah satunya pelecehan. Meski akunnya bisa ditangguhkan, nyatanya pelecehan seksual via media sosial masih sering terjadi. 

Seolah tak jera, pelaku pelecehan hanya mementingkan kesenangannya sendiri. Sebab itu, penting sekali menjaga privasi foto dan data pribadi, karena tidak semua orang menggunakan media sosialnya dengan bijak.

2. Marak terjadi pencurian identitas karena minimnya kesadaran menjaga privasi

5 Alasan Harus Jaga Privasi di Media Sosial, Hati-Hati!Ilustrasi orang pakai laptop (pexels.com/Mati Mango)

Hati-hati jika posting foto, video, atau sembarangan klik tautan yang tidak jelas. Orang lain bisa memanfaatkannya untuk mencuri identitas lewat aktivitasmu di dunia maya.

Kamu pasti sudah gak asing dengan skimming, phising, atau hacking yang memungkinkan identitasmu dimanfaatkan untuk perbuatan jahat. Targetnya tak mengenal usia, semuanya bisa jadi korban kejahatan yang sama. 

3. Tak semua aktivitas harus dibagikan ke media sosial. Lindungi dirimu dari komentar tak bertanggung jawab

5 Alasan Harus Jaga Privasi di Media Sosial, Hati-Hati!Ilustrasi orang pakai HP (pexels.com/Maksim Goncharenok)

Setiap konten yang kamu unggah harus bisa dipertanggung jawabkan isinya. Hati-hati, gak semua aktivitasmu harus dibagikan ke media sosial. Bedakan mana privasi dan bukan bahan konsumsi bagi orang lain. Bijaklah menggunakan media sosial, supaya kamu terhindar dari komentar tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: 5 Alasan Perlunya Sesekali Memposting Foto Pasangan di Sosial Media

4. Membuat diri lebih aman dan nyaman karena terhindar dari sorot publik

5 Alasan Harus Jaga Privasi di Media Sosial, Hati-Hati!Ilustrasi orang pakai HP (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Budaya spill dan doxing di media sosial marak banget terjadi. Sekalinya salah, gak cuma hujatan, data pribadimu dengan mudahnya tersebar dan jadi bulan-bulanan orang lain.

Sebab itu, gunakan media sosial dengan bertanggung jawab demi menjaga privasi. Hidup jauh dari sorotan publik tentu membuatmu lebih nyaman dan terhindar dari tekanan. 

5. Menghindari penyalahgunaan foto pribadi dari orang yang tidak bertanggung jawab

5 Alasan Harus Jaga Privasi di Media Sosial, Hati-Hati!Ilustrasi orang pakai HP (pexels.com/Keira Burton)

Gak sekali atau dua kali, foto atau data seseorang dipakai untuk tindak kejahatan, misalnya penipuan. Melihat celah internet yang gak selalu aman, kamu harus sadar pentingnya menjaga infomasi pribadi supaya gak tersebar. Segala sesuatu yang sudah tersebar di internet, akan tesimpan selamanya. Jadi, hati-hati ya. 

Ada banyak hal mengerikan di internet yang bisa terjadi kalau kita gak menjaga privasi. Mulai sekarang, lebih mawas lagi dalam mengunggah atau menuliskan informasi saat main media sosial, ya. 

Cappucinotea * Photo Verified Writer Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya