Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Mengoptimalkan WhatsApp Selama WFH

Hampir semua orang menggunakan WhatsApp

Selama pandemik COVID-19, kebanyakan dari kita mesti kerja di rumah atau beken disebut work from home (WFH). Saat WFH, biasanya kita membutuhkan beberapa aplikasi guna memperlancar pekerjaan, salah satunya aplikasi chat WhatsApp. Untuk mengoptimalkan penggunaannya, silakan ikuti beberapa tips berikut. Simak, yuk!

1. Gunakan bintang untuk menandai pesan penting

5 Cara Sederhana Mengoptimalkan WhatsApp Selama WFHpixabay.com/LoboStudioHamburg

Fitur bintang bisa dilihat dengan mengeklik lama sebuah pesan. Guna tanda bintang ini untuk membantumu menemukan suatu chat atau dokumen. Pesan dengan tanda bintang bisa ditemukan pada menu titik tiga vertikal dan pengguna bisa mengeklik pesan berbintang tersebut.

2. Bisukan atau matikan notifikasi

5 Cara Sederhana Mengoptimalkan WhatsApp Selama WFHpixabay.com/Gadini

Kamu mungkin sering mendapat notifikasi yang tidak penting saat sedang rapat online atau video call soal pekerjaan. Supaya bisa fokus terhadap pekerjaan, kamu bisa menyesuaikan notifikasi yang penting untuk mendukung pekerjaanmu dan mana yang tidak mendesak.

Baca Juga: Cara Main Game Werewolf Lewat Chat WhatsApp, Gak Perlu Pakai Kartu

3. Sematkan percakapan atau pinned chat

5 Cara Sederhana Mengoptimalkan WhatsApp Selama WFHpixabay.com/ITECHirfan

Untuk menyematkan obrolan, kamu bisa mengeklik lama obrolan grup tanpa dibuka hingga terlihat ikon pin. Nah, kamu bisa klik ikon tersebut. Ini berfungsi untuk menempatkan percakapan penting di posisi paling atas sehingga mudah ditemukan.

4. Amankan dan backup data

5 Cara Sederhana Mengoptimalkan WhatsApp Selama WFHpixabay.com/Webster

WhatsApp mengatakan pesan sudah terenkripsi secara end-to-end. Dengan begitu, pesan, foto, video, pesan suara, dokumen, pembaruan status, dan panggilan hanya dapat diakses oleh pengguna dan yang dihubungi. Untuk itu, backup datamu secara berkala, ya.

5. Gunakan panggilan grup 

5 Cara Sederhana Mengoptimalkan WhatsApp Selama WFHpixabay.com/soyvanden

Tips yang terakhir, kamu bisa manfaatkan fitur panggilan grup untuk berkomunikasi dengan rekan kerja. Pada update terbaru, WhatsApp bisa digunakan untuk panggilan video delapan orang secara bersamaan. Cara ini efektif membantu kalian yang sedang WFH.

Jadi begitulah cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan penggunaan WhatsApp saat bekerja di rumah. Semoga bisa membantu kinerja kamu lebih efektif selama work from home, ya. Selamat bekerja!

Baca Juga: 9 Fitur Unggulan WhatsApp Business, Bantu Bisnis Online Lebih Laris!

Begras Satria Photo Verified Writer Begras Satria

Pencari makna dalam belantara kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya