Comscore Tracker

10 Aplikasi Asisten Digital Terbaik yang Bikin Hidup Lebih Praktis

Meski digital, mereka serbabisa, lho!

Aplikasi asisten digital bisa membuat hidup kamu lebih mudah. Karena apa? Aplikasi asiten pribadi bisa mengatur semua kegiatan yang ingin kamu lakukan dari bangun tidur hingga menjelang kamu tidur. Tak hanya itu, asiten pribadi juga bisa memutarkan musik tanpa kamu bersusah payak mencarinya di library musik kamu atau memutar video yang ingin kamu tonton di YouTube.

Dengan kecerdasan buatan yang dimilikinya, asisten pribadi menyesuaikan dengan cara penggunaan smartphone kamu. Di bawah ini adalah 10 asisten digital yang bisa membuat hidupmu jadi lebih mudah dan bisa menghemat waktu.

1. Amazon Alexa

https://www.youtube.com/embed/9c2Rj6dHakE

Amazon Alexa sebenarnya adalah asisten digital yang sangat pintar. Sayangnya, sulit didapatkan. Ini membutuhkan perangkat Amazon Fire atau perangkat Amazon Echo. Aplikasi pada Android sebagian besar hanya merupakan pengontrol untuk
Amazon Alexa.

Alexa dapat melakukan pencarian web, berintegrasi dengan barang-barang smart home lainnya dan bahkan memesan pizza!

2. Bixby

https://www.youtube.com/embed/nWFXbeLGD7k

Bixby adalah aplikasi asisten digital Samsung. Bixby hanya tersedia di perangkat Samsung. Bixby bisa melakukan pencarian web, mengunduh aplikasi dari Google Play dan memiliki dukungan langsung untuk berbagai aplikasi yang tersedia. Bixby juga mendukung teknologi smart home selama kamu menggunakan hub milik Samsung.

Baru berusia sekitar satu tahun. Namun, Bixby masih lebih baik ketimbang asisten pribadi lainnya. Kamu yang menggunakan perangkat Samsung harus mencoba kecanggihan dari Bixby. 

3. Cortana

https://www.youtube.com/embed/DxrJWSi_IWo

Memang benar bahwa Cortana masih memerlukan beberapa hal yang harus diperbaiki dan dikembangkan. Cortana adalah jawaban dari Microsoft untuk Siri buatan Apple yang memiliki banyak hal yang dapat dilakukan dan diintegrasikan ke dalam Windows 10 untuk dukungan lintas platform.

Di antara banyak fiturnya termasuk kemampuan untuk menelpon, mengirim SMS dan email, melacak paket, menceritakan lelucon, membuat catatan, menambahkan catatan atau hari penting ke kalender dan masih banyak lagi.

4. Databot

https://www.youtube.com/embed/3nKpNhPyXZU

DataBot adalah aplikasi asisten digital yang sedikit di atas rata-rata. Memiliki fitur dukungan lintas-platform. Kamu juga mendapatkan beberapa hal dasar seperti di asisten pribadi lainnya, beberapa fitur penyesuaian dan bahkan chat bot.

Databot tidak mendekati fungsi Google Assistant, Siri, Cortana atau Bixby. Namun, Databot adalah solusi yang lebih sederhana dan menghibur bagi mereka yang menyukainya. Databot bahkan bisa menceritakan lelucon, teka-teki dan hal-hal konyol lainnya.

5. Google Assistant

https://www.youtube.com/embed/KVJcz3bR4Yo

Google Asisten menjadi juara untuk aplikasi asisten digital di Android. Muncul dengan berbagai fitur canggih, hal-hal yang lebih maju seperti mengantisipasi kebutuhan kamu, aktivasi dari mana saja, Google Now on Tap dan banyak lagi. Bahkan terintegrasi dengan beberapa barang di smart home seperti lampu Philips Hue.

Google Assitant juga diperbarui secara konstan oleh Google yang tampaknya hanya menambah stabilitas dan beragam fitur. Jika perangkat kamu memiliki Layanan Google Play, kamu mungkin sudah menginstal ini yang berarti kamu hanya perlu menggunakannya.

6. Hound

https://www.youtube.com/embed/VBfhwS3Dr3M

Hound adalah salah satu dari aplikasi asisten digital yang cukup pintar. SoundHound membuat ini beberapa tahun yang lalu. Dasar-dasar dari aplikasi asisten digital ada di sini dan mencakup beberapa hal canggih seperti kalkulator hipotek, dukungan Expedia terintegrasi untuk pemesanan hotel dan SoundHound Now yang membuka pencarian musik dengan cara kita harus bernyanyi/bersenandung.

Kamu bahkan dapat memainkan game interaktif seperti Hangman. Saat ini Hound hanya tersedia di Amerika Serikat, tetapi dalam waktu dekat Hound akan dirilis secara global.

7. Lyra Virtual Assistnat

https://www.youtube.com/embed/kgkfDetUrbM

Lyra Virtual Assistant adalah salah satu aplikasi asisten digital yang sederhana. Lyra bisa melakukan banyak hal mendasar. Beberapa fitur termasuk mencari video YouTube, menceritakan lelucon, menemukan arah, mengelola buku harian, mengatur alarm dan beberapa hal lainnya.

8. Robin

https://www.youtube.com/embed/dwX2BGecNrI

Robin adalah salah satu penantang Siri buatan Apple. Meskipun demikian, pengembang masih menyatakan Robin sebagai aplikasi beta yang berarti mereka pasti ingin semuanya tepat sebelum dirilis. Robin mendukung perintah dasar seperti menelepon dan mengirim SMS dan juga dapat menanggapi gerakan, mencari tahu tentang parkir dan peringatan lalu lintas dan banyak lagi.

9. To do list apps

https://www.youtube.com/embed/dzB5JuoZ5TM

To do list melakukan banyak hal yang sama dengan aplikasi asisten digital. Kamu dapat mengingatkan diri sendiri untuk melakukan sebuah hal, menjadwalkan hal-hal untuk dikerjakan nanti, menambahkan catatan dan bahkan mengakses kalender. Salah satunya disematkan dengan aplikasi cuaca dan Pencarian Google.

Kamu jelas tidak akan mendapatkan integrasi smart home dan beberapa hal yang lebih kompleks. Namun, kamu yang tidak menginginkan hal-hal itu dapat mengunduh aplikasi Todoist, TickTick dan Gtasks sebagai asisten digital kamu.

10. Xiao Ai

https://www.youtube.com/embed/6iiiYI08dX4

OEM lainnya sedang mempertimbangkan atau secara aktif mengembangkan asisten AI untuk smartphone mereka. Beberapa contohnya adalah LG, Huawei dan Xiaomi. Ini kurang lebih seperti Bixby. Mereka adalah aplikasi asisten digital yang harus dimasukkan ke dalam smartphone yang dibuat oleh pabrikan tersebtu.

Beberapa dari mereka datang dengan beberapa fitur unik. Misalnya, asisten Xiaomi dapat menemukan foto kamu dari waktu tertentu di tempat tertentu. Namun assitant pribadi dari Xiaomi ini masih banyak hal yang harus diperbaiki dan dikembangakan sebelum dirilis secara masal.

Buat hidup kamu lebih mudah dengan 10 aplikasi asisten digital di atas. Adakah yang sudah pernah kamu coba?

Bima Kristian Pranoto Photo Verified Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya