Comscore Tracker

7 Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP dengan Cepat dan Mudah

Perhatikan juga kapasitas memori penyimpanan di HP-mu

Melakukan kegiatan fotografi melalui HP atau smartphone memang sangat mengasyikkan. Mengabadikan momen melalui foto juga kerap dilakukan siapa saja untuk dijadikan kenang-kenangan dalam format digital. Namun, kadang, membuat ukuran foto menjadi lebih kecil rupanya menimbulkan tantangan tersendiri.

Yup, dengan ukuran file gambar yang lebih kecil, ruang penyimpanan di HP kita juga bisa lebih lega. Selain itu, dengan ukuran yang kecil, mengirimkan file foto ke platform lainnya juga akan terasa lebih ringkas dan cepat, misalnya mengunggahnya ke media sosial atau mengirimkan data tersebut ke perangkat kita yang lain.

Terus, bagaimana cara mengecilkan ukuran foto di HP dengan simpel? Kalau penasaran dengan jawabannya, kamu bisa simak artikel berikut sampai tuntas.

Baca Juga: 7 Aplikasi Edit Foto Android dengan Efek Bokeh Terbaik

Cara mengecilkan ukuran foto di HP dengan mudah

7 Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP dengan Cepat dan Mudahilustrasi menggunakan kamera HP (unsplash.com/Charlotte Butcher)

Setidaknya, ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan ukuran file foto atau gambar di HP. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Lihat dan perhatikan spesifikasi lengkap di HP Android atau iPhone milikmu. Penting untuk mengetahui apakah HP-mu memiliki fitur mengecilkan foto secara otomatis atau tidak.
  2. Jika ada, masuk ke Galeri di HP dan pilih gambar mana yang akan kamu kecilkan ukurannya.
  3. Pilih opsi Edit dan kamu bisa mengetuk ikon titik tiga, lalu ketuk Resize Image. Di sini, kamu bisa memilih ukuran foto sesuai kebutuhan yang diinginkan.
  4. Jika sudah, kamu bisa ketuk Done atau Selesai. Ukuran foto atau gambar akan menjadi lebih kecil dari sebelumnya. Oh, ya, foto aslinya masih tersimpan di memori internal HP-mu, jadi perhatikan juga kapasitas ruang penyimpanan yang ada di HP.
  5. Akan tetapi, tidak semua HP memiliki fitur mengecilkan ukuran foto secara otomatis. Nah, solusi yang bisa kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi pihak ketiga yang aman.
  6. Setelah mengunduhnya, kamu bisa pilih gambar yang akan diubah ukurannya. Lalu, pilih Start Compress atau Resize Image sesuai dengan aplikasi yang telah terpasang di HP-mu.
  7. Jika sedang online menggunakan wifi, kamu pun bisa melakukannya di website penyedia kompresi file. Pada umumnya, pengguna cukup memilih Resize Image dan mengunggah file foto yang akan diubah ukurannya. Cara ini cukup mudah karena akan berjalan otomatis.

Tujuh langkah di atas bisa dilakukan dengan mudah dan biasanya tidak akan mengurangi kualitas gambar secara masif. Namun, harus diingat jika kamu menggunakan aplikasi dan web penyedia kompresi online, perhatikan kredibilitas mereka. Jangan mengunggah file penting yang bersifat pribadi, rahasia perusahaan, dan foto dokumen.

So, itu tadi cara mengecilkan ukuran foto di HP yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Semoga membantumu, ya!

Baca Juga: 7 Alasan Adobe Lightroom Itu Aplikasi Edit Foto Terbaik!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya