Comscore Tracker

Gak Perlu Bingung, Ini Fungsi Quick Access Toolbar pada Excel

Pengguna Microsoft Excel wajib simak, nih!

Pencatatan dan pengolahan data merupakan salah satu tugas atau fungsi dari sebuah program komputer, misalnya Microsoft Excel. Ya, tentu kita semua tahu tentang produk Microsoft yang satu ini, bukan? Selain kompleks dan detail, Excel dianggap menjadi salah satu aplikasi asli buatan Microsoft yang sanggup untuk mengolah dan merangkum data secara masif.

Nah, salah satu fitur bawaan yang disematkan oleh Microsoft adalah quick access toolbar. Lantas, apa saja kegunaan fitur ini dan seberapa penting kehadirannya dalam Microsoft Excel? Yuk, intip penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Cara Mencoret Tulisan di Excel, Dijamin Gampang dan Antiribet 

Pengertian dan fungsi quick access toolbar secara umum

Gak Perlu Bingung, Ini Fungsi Quick Access Toolbar pada Excelilustrasi tampilan Microsoft Excel dan fitur quick access toolbar (microsoft.com)

Secara umum, fitur quick access toolbar memang disematkan oleh Microsoft dalam setiap produknya untuk memudahkan pengguna dalam mengakses perintah penting. Nah, pada gambar di atas, kamu bisa lihat fitur ini di pojok kiri atas (dalam kotak merah). Di sana, kita pun bisa menambahkan beberapa perintah penting sebagai shortcut atau jalan pintas.

Melalui laman resminya, Microsoft menjelaskan bahwa fitur quick access toolbar bisa dimodifikasi dengan beberapa opsi yang kita inginkan. Contohnya dengan cara berikut.

  1. Pilih File dan klik Options, lalu menuju Quick Access Toolbar.
  2. Gunakan Add dan Remove untuk memindah atau memasukkan beberapa item bawaan yang disediakan oleh Microsoft.
  3. Nah, kalau mau mengulang pengaturan seperti awalnya, kamu bisa pilih Customize Quick Access Toolbar.
  4. Pilih Reset dan Reset only Quick Access Toolbar.
  5. Jumlah item dan fitur yang bisa dimasukkan ke quick access toolbar bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna.

Well, jika kamu bisa mengoperasikan quick access toolbar dengan baik, ada beberapa fungsi atau keuntungan yang akan didapatkan, misalnya:

  1. Quick access toolbar memudahkan kamu untuk mengakses semua fitur penting dalam satu perintah. Hal ini tidak hanya terdapat di Microsoft Excel, melainkan juga produk Microsoft lainnya.
  2. Quick access toolbar dapat mengumpulkan beberapa perintah dalam satu baris agar pengguna tidak perlu masuk ke dalam setelan yang ribet dan memusingkan.
  3. Jika kamu sering menggunakan dua atau tiga perintah sekaligus dalam pencatatan, sebaiknya letakkan tombol-tombol perintah tersebut di quick access toolbar.
  4. Quick access toolbar akan menyingkat waktu pekerjaan karena kita bisa menggunakan banyak fitur dengan cara satu kali akses.

So, itu tadi pengertian, fungsi, dan cara mengakses fitur quick access toolbar dalam Microsoft Excel. Gimana, nih? Cukup mudah dan gak ribet, kan? Semoga artikel ini bisa menambah wawasan buat kamu, ya!

Baca Juga: Pengertian, Cara, dan Fungsi Pivot Table Microsoft Excel 

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya