Comscore Tracker

Ingin Solo Traveling? 5 Aplikasi Ini Siap Jadi Asisten Liburanmu

Liburan impian makin asyik dengan bantuan aplikasi tarveling

Siapa yang tidak suka liburan? Mengunjungi beragam destinasi wisata yang indah, merasakan suasana baru, mencicipi berbagai kuliner lokal yang lezat sampai mempelajari kekayaan budaya lokal yang menarik. Sebagian alasan yang disebutkan tadi membuat kegiatan liburan selalu masuk dalam daftar resolusi yang dibuat setiap tahun baru datang.

Pada zaman sekarang ini, para traveler dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang mempermudah kegiatan liburannya. Salah satunya kehadiran aplikasi traveling yang bisa menjadi teman travel yang berguna dan memberikan kenyamanan serta kemudahan dalam mewujudkan liburan impian.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi sebuah destinasi baru dan menantang diri sendiri dengan memilih solo traveling, liburan ala backpacker atau liburan ramai tanpa ikut tour, aplikasi traveling berikut ini wajib banget ada di smartphone kamu. Apa saja aplikasinya? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Traveloka dan Tiket.com

Ingin Solo Traveling? 5 Aplikasi Ini Siap Jadi Asisten Liburanmutraveloka.com

Sebagian besar diantara kamu tentu sudah tidak asing mendengar kedua nama aplikasi ini. Traveloka dan Tiket.com menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat, kereta, bus, travel, hotel sampai paket liburan. Kamu bisa melakukan pemesanan tiket transportasi seperti pesawat dan kereta serta memilih penginapan dengan penawaran harga terbaik.

Kalau rajin mengecek promo yang ditawarkan dari kedua aplikasi ini, kamu bisa mendapat harga akomodasi termurah lho.Dengan hadirnya kedua aplikasi ini kamu tidak perlu repot lagi membeli tiket tranportasi dan penginapan untuk liburan. Bahkan sampai tiket wisata bisa disiapkan sejak jauh- jauh hari.

2. Gojek dan Grab

Ingin Solo Traveling? 5 Aplikasi Ini Siap Jadi Asisten Liburanmugo-jek.com

Tiket pesawat atau kereta sudah didapat, jika kamu memilih solo traveling atau liburan dengan eksplore sendiri, berarti kamu juga harus memikirkan jenis transportasi yang akan digunakan selama di destinasi liburan. Tidak perlu khawatir, kehadiran aplikasi Gojek dan Grab bisa kamu manfaatkan sebaik-sebaiknya.

Aplikasi dengan fitur utamanya yang menyediakan layanan transportasi online yaitu motor dan mobil ini dapat digunakan bagi kamu yang tidak ingin menyewa kendaraan atau repot mencari kendaraan lokal yang beroperasi di destinasi tujuan. Selain transportasi online, kedua aplikasi ini memiliki juga memiliki fitur lainnya yang berguna menjadi teman travelmu seperti layanan pemesanan makanan online, isi pulsa dan internet. Sayangnya belum semua daerah di Indonesia yang bisa menggunakan aplikasi ini.

Baca Juga: 10 Tips Traveling Naik Pesawat dengan Si Kecil, Anak pun Happy

3. Cari Aja

Ingin Solo Traveling? 5 Aplikasi Ini Siap Jadi Asisten Liburanmucariaja.com

Aplikasi ini masih terbilang baru, diluncurkan dari awal tahun 2018. Bagi yang belum tahu Cari Aja, aplikasi ini merupakan aplikasi pencarian tempat. Sesuai fungsinya, Cari Aja bisa kamu manfaatkan saat sedang liburan sendiri ke suatu daerah tanpa ada travel guide alias mengeksplor sendiri. Di dalam aplikasinya terdapat berbagai macam kategori seperti kuliner, travel, ATM, mini market, kesehatan, Bank, SPBU, tempat ibadah dan masih banyak lainnya.

Aplikasi ini sangat bermanfaat sekali untuk mencari tempat-tempat penting selain tempat wistata dan kuliner, misal kamu butuh uang mendadak tapi tidak tahu atm terdekat atau mencari camilan di mini market terdekat. Selain pencarian tempat, aplikasi ini juga memiliki fitur tambahan seperti Cari Kiblat, Cek Saldo e-money dan yang terbaru adalah Cari Rute. Aplikasi ini penting ada di smartphone kamu terutama yang ingin menjelajah suatu daerah wisata dengan cara backpacker.

4. XE Currency

Ingin Solo Traveling? 5 Aplikasi Ini Siap Jadi Asisten Liburanmuwww.xe.com

Kalau destinasi tujuanmu masih di Indonesia, mungkin aplikasi ini tidak akan digunakan. Tapi aplikasi ini penting diinstal jika liburan yang dituju adalah luar negeri. Aplikasi XE Currency ini bisa untuk mengkonversi mata uang dan nilai tukar setiap 60 detik sekali. Tidak hanya mata uang dollar dan rupiah saja, namun ada lebih dari 180 mata uang dari seluruh dunia.

Dengan mengetahui nilai tukar mata uang tertentu sesuai negara tempat kamu berlibur, kamu bisa membatasi pengeluaran selama berlibur dan mengetahui transportasi lokal serta penginapan yang terjangkau. Kamu juga bisa memperkirakan jumlah uang yang harus kamu tukar dengan mata uang lainnya, agar liburan tetap terencana sesuai budget yang dimiliki.

5. Zabihah

Ingin Solo Traveling? 5 Aplikasi Ini Siap Jadi Asisten Liburanmuzabihah.com

Traveler muslim kini juga dimudahkan untuk mencari tempat makan halal saat berlibur ke daerah manapun ke negara-negara yang mayoritas penduduknya bukan muslim. Aplikasi bernama Zabihah ini merupakan aplikasi yang memberikan rekomendasi tempat makan atau restoran halal di berbagai negara seperti Indonesia, Australia, Afrika, Amerika Utara, Eropa dan Hong Kong.

Liburan kemana pun sudah tidak perlu bingung atau kesulitan mencari restoran halal. Karena aplikasi zabihah ini memiliki ribuan daftar restoran yang bersetifikat halal. Bahkan informasi restorannya sangat detail, mulai dari alamat, jam buka, harga, peringkat sampai keaslian sertifikat halal yang dimiliki. Zabihah juga dapat memberikan rekomendasi restoran halal yang ada di sekitarmu berada lho. Liburanmu makin nyaman dan sangat terbantu dengan hadirnya aplikasi Zabihah.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Liburan Seru ala Lokasi Syuting Descendant of the Sun

Dini Ayuningsih Photo Writer Dini Ayuningsih

Suka nulis konten kuliner sama traveling :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya