Comscore Tracker

Cara Unduh Status WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan, Praktis!

Gak bikin memori ponsel makin penuh

Pada mulanya, WhatsApp (WA) adalah aplikasi chatting yang dirancang untuk bertukar pesan sederhana sebagai alternatif SMS. Namun, kini layanan tersebut berevolusi menjadi lebih banyak fitur yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi berbagai media, seperti video, dokumen, foto, lokasi, panggilan suara, dan yang terbaru adalah menambahkan pembaruan status.

Hadirnya fitur "Status" ini tentu saja semakin sejalan dengan latar belakang nama WhatsApp yang merupakan plesetan dari "What's Up", yang artinya "Apa Kabar". Ini adalah cara yang bagus untuk tetap terhubung dan berbagi pemikiran atau pembaruan.

Menariknya lagi, fitur status WA ini juga bisa kamu unduh atau simpan, jika kamu menyukai atau membutuhkan konten tersebut. Sudah tahu caranya? Yuk, simak ulasan di bawah ini tentang cara mengunduh status WA tanpa aplikasi yang dijamin mudah dan gak ribet.

Baca Juga: Cara Mencegah Akun Dimasukkan ke Grup WhatsApp Sembarangan

Cara mengunduh status WhatsApp tanpa aplikasi

Cara Unduh Status WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan, Praktis!ilustrasi status WhatsApp (pexels.com/Darlene Alderson)

Secara default, WhatsApp tidak menyediakan opsi simpan atau unduh pada fitur status. Akan tetapi, kamu bisa melakukannya dengan beberapa trik, salah satunya yang cukup praktis adalah dengan menampilkan folder tersembunyi pada pengaturan File Manager.

For your information, ketika kita membuka status orang lain di WA, file tersebut akan secara otomatis tersimpan di perangkat kita. Namun, file tersebut tidak bisa dilihat karena tersimpan dalam sebuah folder tersembunyi yang bisa ditampilkan dengan beberapa pengaturan.

Inilah langkah-langkah yang bisa kamu praktikkan untuk mengunduh status WhatsApp tanpa aplikasi melalui folder tersembunyi di File Manager.

  1. Buka WhatsApp dan tonton status teman kamu.
  2. Selanjutnya, buka File Manager apa pun di perangkat kamu. Kemudian aktifkan Tampilkan Opsi File dan Folder Tersembunyi.
  3. Jika kamu tidak memiliki pengaturan tersebut, kamu bisa menggunakan pengolahan file dari Google File atau Es File Explorer.
  4. Jika kamu menggunakan Google File, ketuk ikon hamburger (garis tiga) di pojok kiri atas > Setelan > aktifkan opsi "Tampilkan Folder Tersembunyi".
  5. Buka File Manager > Penyimpanan Internal > WhatsApp > Media > .Statuses.
  6. Pada folder .Statuses akan muncul story WA yang sudah kamu tonton.
  7. Pilih status yang ingin kamu simpan dengan klik titik tiga pada sisi kanan gambar atau video, kemudian pilih Salin Ke atau Pindahkan Ke. 
  8. Pilih lokasi penyimpanan internal yang kamu inginkan selain dalam folder WhatsApp.
  9. Status WhatsApp berhasil disimpan.
  10. Jika kamu memilih menggunakan pengolahan file Es File Explorer, langkah-langkahnya kurang lebih sama.

Pembaruan status yang tersimpan dalam folder tersembunyi ini juga akan hilang secara otomatis selama 24 jam. Jadi, jika kamu ingin menyimpannya, sebaiknya pindahkan atau salin segera file ke penyimpanan internal setelah menonton status tersebut.

Pada sebagian besar perangkat seluler, File Manager biasanya sudah tersedia secara default. Akan tetapi, beberapa perangkat mungkin tidak tersedia sehingga membutuhkan sedikit langkah tambahan untuk memasangnya.

Meski begitu, ini adalah cara terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengunduh status WA di HP Android kamu tanpa aplikasi pihak ketiga. Hal ini juga dapat menghemat memori penyimpanan ponsel kamu. Semoga berhasil, ya!

Baca Juga: 7 Cara Mengamankan WhatsApp Agar Gak Gampang Diretas

Dwi wahyu intani Photo Verified Writer Dwi wahyu intani

@intanio99

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya