Comscore Tracker

5 Cara Memulai Obrolan Rahasia di Telegram, Bisa Terhapus Otomatis!

Jadi gak khawatir obrolan diintip orang lain

Di era digital, media sosial memang menjadi cara paling efektif dan efisien untuk saling  bertukar kabar dan informasi, baik yang sifatnya umum maupun rahasia. Oleh sebab itu, faktor keamanan selalu menjadi pertimbangan penting sebelum menggunakannya.

Seperti yang kita tahu, Telegram merupakan aplikasi pesan instan yang tidak menyediakan enkripsi ujung ke ujung (end-to-end encryption) sebagai keamanan default-nya. Aplikasi ini juga memiliki fitur secret chat dan self-destruction yang bisa diandalkan untuk memulai obrolan rahasia.

Dengan fitur tersebut, tidak ada pihak lain yang bisa membaca pesanmu, termasuk Telegram. Jadi, hanya kamu dan penerima saja yang dapat mengakses informasi tersebut. Menarik bukan? Yuk, simak panduan memulai obrolan rahasia di Telegram berikut ini.

1. Mengenal fitur secret chat Telegram

5 Cara Memulai Obrolan Rahasia di Telegram, Bisa Terhapus Otomatis!ilustrasi privasi (pexels.com/Nothing Ahead)

Secret chat merupakan fitur keamanan tambahan dari Telegram. Fitur ini memungkinkan penggunanya memulai obrolan pribadi rahasia yang hanya bisa diakses pengirim dan penerimanya saja. Bahkan penyedia aplikasi pun tak akan bisa mengaksesnya.

Fitur obrolan rahasia ini berbeda dengan obrolan biasa. Pada obrolan biasa, pesan mungkin masih bisa diakses oleh pihak Telegram saat diperlukan meskipun telah dienkripsi. Sedangkan melalui secret chat, pesan tidak akan bisa dijangkau siapa pun yang tidak terlibat obrolan, termasuk Telegram karena data tidak disimpan di server aplikasi.

Selain itu, fitur secret chat hanya bisa digunakan untuk percakapan satu lawan satu, tidak bisa digunakan untuk obrolan grup. Jadi, sifatnya sangat personal.

Keunggulan lainnya, obrolan rahasia hanya bisa diakses dari satu perangkat di  mana kamu memulainya. Jadi, ketika kamu berpindah dari ponsel ke tablet atau komputer, percakapan tidak bisa diakses. Tentu, ini akan memberi keamanan obrolan yang lebih kompleks, bukan?

2. Fitur self-destruction

5 Cara Memulai Obrolan Rahasia di Telegram, Bisa Terhapus Otomatis!ilustrasi pengaturan medsos (pexels.com/cottonbro)

Jika kamu menginginkan keamanan obrolan yang lebih private lagi, kamu juga bisa mengaktifkan self-destruction. Ini adalah fitur tambahan dalam obrolan rahasiamu yang memungkinkan untuk menghapus pesan secara otomatis sehingga tidak meninggalkan jejak.

Fitur ini menawarkan rentang waktu penundaan antara 1 detik hingga 1 minggu untuk penghapusan pesan otomatis. Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhanmu. Misalnya, kamu memilih waktu self-destruction 1 detik, maka pesan akan dihapus setelah 1 detik dibuka oleh penerima.

Sebagai informasi tambahan, fitur self-destruction hanya dapat ditemukan ketika menggunakan fitur secret chat. Ini tidak akan ditemukan di obrolan biasa, ya!

3. Cara memulai obrolan rahasia di Telegram

5 Cara Memulai Obrolan Rahasia di Telegram, Bisa Terhapus Otomatis!ilustrasi chatting (pexels.com/Roman Pohorecki)

Sebelum memulai obrolan rahasia, kamu harus tahu dulu bahwa fitur ini hanya bisa diterapkan di aplikasi Telegram atau Telegram seluler. Secret chat tidak bisa digunakan di desktop maupun web. Inilah beberapa langkah untuk memulainya:

  1. Buka aplikasi Telegram dan carilah kontak yang akan kamu hubungi.
  2. Buka kontak penerima, lalu klik pada nama kontak.
  3. Pilih menu titik tiga dan pilih Start Secret Chat. Setelah itu, akan muncul pop-up untuk mengonfirmasi memulai obrolan rahasia. Klik Start.
  4. Sekarang kamu sudah berada di obrolan rahasia. Obrolan ini terpisah dari obrolan biasa yang ditandai dengan ikon gembok di sebelah nama kontak. 

Fitur secret chat mengharuskan pengirim dan penerima online. Jika kontak yang dituju sedang offline, kamu harus menunggunya online untuk bisa memulai obrolan rahasia. 

Baca Juga: 5 Cara Mengunci Chat Telegram dengan Kode Sandi agar Aman

4. Cara mengaktifkan self-destruction di Telegram

5 Cara Memulai Obrolan Rahasia di Telegram, Bisa Terhapus Otomatis!ilustrasi stopwatch (pexels.com/Monstera)

Setelah mengirimkan pesan rahasia, kamu mungkin ingin mengatur supaya pesan terhapus otomatis dalam jangka waktu tertentu. Dengan begitu, keamanan obrolan bisa semakin terjaga. Untuk melakukannya, berikut langkah-langkahnya:

  • Jika kamu menggunakan iPhone: klik ikon stopwatch di kotak teks. Kemudian pilih waktu tunda yang diinginkan. Lalu, klik Done.
  • Jika kamu menggunakan Android: klik ikon stopwatch di bilah atas, tepatnya sebelah foto profil kontak. Pilih jangka waktu penundaan, lalu klik Done. Atau klik menu titik tiga pada bilah atas > Set Self-Destruct Timer.

Setelah mengatur fitur self-destruction pada obrolan rahasiamu, kamu jadi lebih leluasa untuk berkirim pesan dengan kontakmu. Kamu bebas berkirim pesan teks, video, GIF, dan jenis pesan lainnya tanpa khawatir lupa menghapusnya.

Jika ingin menghentikan pengaturan waktu ini, kamu bisa klik ikon stopwatch > pilih Off > Done. Pengaturan waktu berhasil dihentikan. 

5. Apakah obrolan rahasia dapat dibagikan?

5 Cara Memulai Obrolan Rahasia di Telegram, Bisa Terhapus Otomatis!ilustrasi telegram di komputer (pixabay.com/geralt)

Obrolan rahasia di fitur secret chat hampir tidak dapat dibagikan. Kamu maupun penerima tidak akan bisa meneruskan pesan atau mengambil  tangkapan layar di dalam chat sehingga tidak bisa disebarkan. 

Jika seseorang mengambil tangkapan layar, akan ada pemberitahuan otomatis ke pihak lain. Dengan begitu, kerahasiaan obrolan bisa benar-benar bersifat rahasia. 

Bagaimana, mudah bukan mengatur obrolan rahasia di Telegram? Kamu bisa menerapkan cara ini untuk mengirim data-data sensitif yang membutuhkan kerahasiaan tinggi. Semoga berhasil menerapkannya, ya!

Baca Juga: WhatsApp Luncurkan Fitur Polling, Ini Cara Menggunakannya

Dwi wahyu intani Photo Verified Writer Dwi wahyu intani

@intanio99

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya