Comscore Tracker

Kenali 7 Masalah Umum pada macOS Monterey dan Solusinya

Coba ini dulu sebelum memutuskan untuk downgrade

Seperti yang kamu tahu, macOS Monterey adalah macOS terbaru yang dirilis Apple pada pertengahan 2021. Secara keseluruhan, macOS Monterey adalah pembaruan yang hebat, tetapi tidak sempurna.

Dirilis dengan perbaikan yang signifikan, tetapi seperti semua rilis sistem operasi Apple, macOS Monterey memiliki beberapa bug. Karena ekosistem Apple terus berkembang, masih ada beberapa masalah mengganggu yang harus dihadapi pengguna. Berikut adalah beberapa masalah macOS Monterey yang paling umum dan solusinya.

1. Baterai cepat habis

Kenali 7 Masalah Umum pada macOS Monterey dan Solusinyailustrasi MacBook Air (pexels.com/Karolina Grabowska)

Beberapa MacBook yang sistem operasinya di-upgrade ke macOS Monterey mengalami masalah pengurasan baterai yang tidak terduga. Namun, ini sering kali bukan masalah besar. Setelah iterasi terbaru macOS diselesaikan di MacBook, masa pakai baterai normal kemungkinan akan kembali. 

Sementara itu, kamu bisa mencoba kiat-kiat berikut ini untuk membantu meningkatkan masa pakai baterai: 

  • Force Quit dari aplikasi: Keluar dari semua aplikasi yang tidak diperlukan dapat memperpanjang masa pakai baterai.
  • Update semua aplikasi: Aplikasi usang cenderung menghabiskan lebih banyak baterai. Jadi, penting untuk update semua aplikasi.
  • Gunakan Safari alih-alih Chrome: Chrome adalah aplikasi yang memakan banyak masa pakai baterai MacBook, jadi sebaiknya gunakan Safari sebagai default browser.
  • Setel ulang PRAM dan NVRAM: Jika masalah berlanjut, coba reset PRAM dan NVRAM.

2. Aplikasi mengalami crash atau freeze

Kenali 7 Masalah Umum pada macOS Monterey dan Solusinyailustrasi MacBook Air (pexels.com/Pixabay)

Masalah lain yang banyak terjadi pada macOS Monterey adalah aplikasi yang crash. Sementara beberapa aplikasi Mac crash saat diluncurkan, yang lain crash di tengah penggunaan. Ada beberapa solusi praktis yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi yang crash:

  • Update aplikasi: Aplikasi yang ketinggalan jaman cenderung menghadapi masalah crash dan freeze. Karena itu, pastikan aplikasi telah di-update.
  • Hapus dan instal ulang aplikasi: Jika setelah di-update aplikasi masih bermasalah, hapus aplikasi yang bermasalah dan instal ulang.

3. AirDrop tidak berfungsi

Kenali 7 Masalah Umum pada macOS Monterey dan Solusinyailustrasi MacBook Air (unsplash.com/Isaac Martin)

AirDrop yang tidak berfungsi dengan baik juga menjadi salah satu masalah dari perangkat yang di-upgrade ke macOS Monterey. Misalnya, menu AirDrop tidak menampilkan perangkat terdekat atau mengetuk perangkat terdekat tidak menghasilkan apa-apa. Berikut adalah beberapa kiat untuk mengatasi masalah ini.

  • Jadikan perangkat dapat ditemukan oleh semua orang: Jika perangkatmu diatur untuk ditemukan oleh "Contacts Only", ubah pengaturan ke "Everyone" untuk pengalaman berbagi yang bebas repot.
  • Cegah Firewall dari memblokir semua koneksi masuk: Jika kamu telah mengaktifkan Firewall di Mac, kemungkinan itu memblokir koneksi masuk dan mencegah AirDrop bekerja sebagaimana dimaksud pada Mac.

Baca Juga: 7 Software untuk Bantu Mengetahui Kondisi Baterai Laptop

4. Kendala saat membuka kunci dengan Apple Watch

Kenali 7 Masalah Umum pada macOS Monterey dan Solusinyailustrasi Apple Watch (unsplash.com/Luke Chesser)

Banyak pengguna tidak dapat membuka kunci perangkat dengan Apple Watch setelah meng-upgrade perangkat ke macOS Monterey. Terkadang, ini dapat bekerja sekali dan kemudian berhenti kecuali perangkat di-restart.

Perbaikan terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah memutuskan sambungan Apple Watch, lalu menyambungkannya kembali. Menghapus semua konten dan menginstal ulang Apple Watch juga dapat membantu.

5. Performa melambat

Kenali 7 Masalah Umum pada macOS Monterey dan Solusinyailustrasi MacBook Pro (pexels.com/Pixabay)

Kinerja sejumlah perangkat juga menjadi lebih lambat setelah di-upgrade ke macOS Monterey. Jika kamu juga mengalami hal ini, berikut adalah beberapa solusi yang cukup efektif untuk mengatasi masalah:

  • Restart perangkat.
  • Update aplikasi.
  • Bersihkan penyimpanan Mac.

6. Masalah pengisian daya

Kenali 7 Masalah Umum pada macOS Monterey dan Solusinyailustrasi mengisi daya MacBook (unsplash.com/dlxmedia.hu)

Salah satu masalah paling umum yang dihadapi pengguna MacBook dengan macOS Monterey terkait dengan pengisian daya. Banyak pengguna MacBook melaporkan bahwa daya baterai tidak terisi saat perangkat dimatikan. Lampu charger mungkin tetap berkedip, tetapi pengisian daya tidak dimulai.

Kabar baiknya, Apple terus memperbaiki masalah ini dan mungkin sekarang masalah ini sudah dapat diatasi. Jika MacBook kamu masih mengalami masalah ini, coba isi daya perangkat sambil tetap membuka tutupnya.

7. Overheating

Kenali 7 Masalah Umum pada macOS Monterey dan Solusinyailustrasi MacBook Pro (pexels.com/Life of Pix)

Overheating adalah salah satu masalah yang terus dialami pengguna MacBook. Masalah "klasik" ini terus ada di macOS Monterey. Berikut akan diberikan beberapa solusi efektif untuk memperbaiki masalah ini:

  • Pastikan charger tidak rusak: Pengisi daya yang rusak biasanya menjadi penyebab overheating. Coba isi daya MacBook dengan charger lain, jika MacBook tidak menjadi panas, artinya kamu perlu mengganti charger.
  • Restart MacBook: Restart dapat mengatasi berbagai masalah umum pada MacBook, termasuk overheating.
  • Bersihkan penyimpanan: Jika kamu belum membersihkan penyimpanan perangkat untuk sementara waktu, ada kemungkinan besar bahwa penyimpanan yang berantakan berada di balik masalah overheating.

Itulah semua masalah umum pada macOS Monterey dan solusinya. Jika masalah tidak juga teratasi dengan semua cara ini, pertimbangkan untuk downgrade macOS ke versi yang lebih lama.

Baca Juga: 7 Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows dan macOS

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya