Comscore Tracker

4 Aplikasi Video Editor Ini Bisa Bikin Vlogmu Tampil Lebih Profesional

Ada juga yang bebas watermark lho!

Aktivitas nge-vlog belakangan ini semakin diminati oleh banyak orang. Nggak harus menunggu memiliki kamera canggih, cukup dengan kamera smartphone dan sedikit keterampilan, siapa pun bisa bikin vlog.

Nggak cuma dari segi kamera saja, untuk proses pengeditan videonya pun kini nggak perlu lagi harus repot-repot install software video editor yang tentu saja cuma bisa dipasang di PC atau laptop. Sekarang proses pengeditan video bisa dilakukan dengan lebih simpel, lebih cepat, dan lebih mudah. Lagi-lagi cukup bermodal smartphone ber-OS android.

Yup! Sekarang ini sudah banyak aplikasi video editor yang tersedia di Google Play Store dan bisa kamu install secara gratis. Namun, tentu saja nggak semua aplikasi tersebut bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan video dengan kualitas editan yang oke.

Dari beberapa percobaan, berikut rekomendasi empat aplikasi video editor yang bisa bikin vlog-mu tampil layaknya vlog yang dibuat oleh seorang profesional.

1. FilmoraGo

4 Aplikasi Video Editor Ini Bisa Bikin Vlogmu Tampil Lebih ProfesionalGoogle Play Store/Dok. Penulis

Aplikasi video editor ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Dari mulai banyaknya pilihan tema, mode transisi, bisa menyematkan foto atau video lain ke dalam video utama, hingga tersedianya berbagai pilihan musik yang bisa kamu unduh dan gunakan secara gratis.

Setiap kali kamu selesai mengedit vlog atau video yang akan kamu unggah ke YouTube, aplikasi ini akan menyematkan watermark-nya di bagian akhir video. Namun, nggak perlu khawatir, watermark yang tersemat di akhir video itu bisa dengan gampang dihilangkan jika kamu nggak menginginkannya.

Kamu cukup menggunakan aplikasi Timbre atau aplikasi lain yang bisa memotong bagian watermark yang ingin kamu hilangkan itu.

2. Vlogit

4 Aplikasi Video Editor Ini Bisa Bikin Vlogmu Tampil Lebih ProfesionalGoogle Play Store/Dok. Penulis

Aplikasi ini tampaknya adalah versi minimalis dari aplikasi FilmoraGo karena saat digunakan, aplikasi ini terasa jauh lebih ringan. Meski minimalis, ia justru memiliki beberapa kelebihan. Di antaranya, semua fitur yang dimiliki FilmoraGo ada pada aplikasi ini, ditambah fitur reverse, fitur filter video, dan adjusment yang memungkinkan kamu mengubah kontras, saturasi, dan lainnya.

Tampilannya yang terkesan simpel membuat aplikasi ini bisa digunakan dengan lebih mudah dan nggak membingungkan. Kemudahan ini membuat kamu yang baru mencoba mengedit video atau vlog untuk pertama kalinya dijamin nggak akan merasa kesulitan mengoperasikannya. 

Selain itu, aplikasi ini bebas watermark. Juga menyediakan fitur pembuat thumbnail yang bisa langsung kamu gunakan saat mengunggah hasil akhir vlog-mu ke YouTube.

Baca Juga: 5 Jurus Jitu Menjadi Food Vlogger yang Viral, Wajib Dicoba Segera!

3. Video Editor for YouTube

4 Aplikasi Video Editor Ini Bisa Bikin Vlogmu Tampil Lebih ProfesionalGoogle Play Store/Dok. Penulis

Jika dibandingkan dua aplikasi tadi, aplikasi ini jauh lebih ringan lagi. Sayangnya, fiturnya kurang lengkap. Ia nggak memiliki mode transisi dan nggak bisa menyematkan foto atau video lain ke dalam video utama. 

Meski begitu, aplikasi ini tetap memiliki kelebihan. Saat kamu akan menyimpan hasil editan video atau vlog-mu, kamu bisa memilih kualitas hasil akhirnya. Kamu bisa memilih hasil akhir videomu dengan kualitas high, medium, atau low

Untuk pengeditan vlog sederhana, aplikasi ini bisa diandalkan dengan hasil akhir yang nggak mengecewakan dan bebas watermark.

4. Vlog Star for YouTube

4 Aplikasi Video Editor Ini Bisa Bikin Vlogmu Tampil Lebih ProfesionalGoogle Play Store/Dok. Penulis

Aplikasi ini bisa dibilang kombinasi dari Vlogit dan Video Editor for YouTube karena memiliki semua fitur yang dimiliki oleh kedua aplikasi tersebut. Penggunaannya juga sama ringan dan mudahnya. Kelebihannya, pada fitur musik, kamu akan mendapati koleksi musik yang lebih banyak dari yang disediakan Vlogit dan Video Editor for YouTube, yang bisa digunakan secara gratis. Nggak hanya musik, tersedia juga audio dengan berbagai efek.

Sayangnya, aplikasi ini menyertakan watermark. Jadi, kalau kamu mau menghilangkan watermark-nya, mesti di-upgrade ke premium.

Empat aplikasi yang direkomendasikan tadi memiliki kelebihan dan kekurangan, tapi cukup bisa diandalkan bagi kamu yang ingin membuat vlog atau video dengan tampilan profesional. Kamu bisa mencoba keempatnya dan tentukan sendiri mana yang paling cocok buatmu.

Baca Juga: Mau Mempercantik Instagram Storymu? Gunakan Aja 8 Aplikasi Hits Ini!

El Rui Photo Verified Writer El Rui

Penghuni Pluto. Gemar menulis hal-hal remeh dan berpikir aneh-aneh. Twitter: @EeelRui

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya