Comscore Tracker

9 Pesawat 'Maut' Pembawa Bom di Masa Perang Dunia, Ngeri Lihatnya!

Mereka adalah monster di masanya

Perang Dunia menyisakan kenangan yang mengerikan untuk orang-orang. Tanpa sadar bisa jadi bom jatuh di atas kepala dan meledakkan pemukiman. Bom-bom jatuh dari langit tersebut dibawa oleh pesawat pengebom. Suara mesin pesawat pengebom membawa trauma tersendiri dan dianggap monster pada zaman dulu.

Kamu pernah kebayang gak sih, seperti apa pesawat tempur di Perang Dunia? Berikut pesawat pengebom yang digunakan dari masa perang.

1. Avro Lancaster

9 Pesawat 'Maut' Pembawa Bom di Masa Perang Dunia, Ngeri Lihatnya!7-themes.com

Avro Lancaster adalah pesawat milik Inggris. Badannya yang besar dan daya jelajah yang jauh membuatnya cukup ditakuti. Apalagi kapasitas ruang penyimpanan yang luas sehingga bisa mengangkut bom dengan berat hingga 6 ton sewaktu Perang Dunia II. Avro Lancaster mulai mengudara pada tahun 1941.

2. B-17

9 Pesawat 'Maut' Pembawa Bom di Masa Perang Dunia, Ngeri Lihatnya!talkbass.com

Pertama kali terbang pada 28 Juli 1935. Sebanyak 12.726 unit telah diproduksi sampai Mei 1945. Pesawat produksi Boeing B-17 memiliki kelebihan dapat terbang di berbagai situasi. Selain itu, kehebatan pesawat ini membuatnya dipanggil “Flying Fortress” alias benteng terbang.

3. B-29

9 Pesawat 'Maut' Pembawa Bom di Masa Perang Dunia, Ngeri Lihatnya!airpowersquadron.org

B-29 adalah pesawat bersejarah. Pesawat inilah yang membawa bom atom “Fat Man” dan membuat Hiroshima rata dengan tanah pada 9 Agustus 1945. Selain dapat membawa bom hingga 10 ton, B-29 juga dilengkapi senapan mesin dengan berbagai kaliber. B-29 sekarang beristirahat di Museum Nasional Angkatan Udara Amerika Serikat.

4. B-24

9 Pesawat 'Maut' Pembawa Bom di Masa Perang Dunia, Ngeri Lihatnya!pinterest.com

B-24 disebut juga “Liberator”. Selama Perang Dunia II, ada 18.000 unit lebih yang diproduksi. Keunggulan utamanya adalah daya jelajah yang jauh sehingga dapat digunakan sebagai pesawat penyergap. Bahkan Liberator bisa terbang melintasi Samudra Pasifik.

Baca Juga: Andai Saja 7 Pesawat Canggih Ini Jadi Milik Indonesia. Pasti Tak Terkalahkan!

5. Martin MB-2

9 Pesawat 'Maut' Pembawa Bom di Masa Perang Dunia, Ngeri Lihatnya!nationalmuseum.af.mil

Pertama kali dibangun pada Juni 1920. Martin MB-2 adalah pesawat pengebom milik Amerika Serikat yang dibangun pertama kali dalam jumlah besar. Sekilas Martin MB-2 terlihat sederhana, daya angkutnya pun terbatas. Karena itu militer Amerika Serikat mengembangkan pesawat lainnya bersama Inggris dan Italia.

6. B-21

9 Pesawat 'Maut' Pembawa Bom di Masa Perang Dunia, Ngeri Lihatnya!edocorp.com

Bentuknya aneh namun B-21 adalah pesawat pengebom yang canggih. Ia memiliki daya jelajah tinggi. Misalnya B-21 lepas landas dari pangkalan Amerika Serikat, ia bisa menjatuhkan bom dimana saja di dunia.

7. Northrop B-2 Spirit

9 Pesawat 'Maut' Pembawa Bom di Masa Perang Dunia, Ngeri Lihatnya!en.wikipedia.org

Julukan pesawat ini adalah “stealth” karena ia bisa terbang tanpa terdeteksi radar. Stealth sangat ditakuti karena menjadi pesawat penyergap yang luar biasa mematikan. Daya jelajah yang luas ditambah persenjataan mematikan macam bom nuklir dapat dibawa pesawat ini.

8. B-1B Lancer

9 Pesawat 'Maut' Pembawa Bom di Masa Perang Dunia, Ngeri Lihatnya!wikiwand.com

B-1B Lancer dibangun pada tahun 1981 dan mengudara pada Oktober 1984. Hanya saja baru digunakan pertama kali pada perang Irak tahun 1998. B-1B Lancer adalah pesawat dengan kemampuan lengkap; pengebom kelas berat, pengintai, pengangkut jarak jauh, dan banyak lagi.

9. B-52 Stratofortress

9 Pesawat 'Maut' Pembawa Bom di Masa Perang Dunia, Ngeri Lihatnya!en.wikipedia.org

Termasuk monster penguasa langit. Stratofortress dapat mengangkut 32 ton senjata dengan daya jelajah sejauh 14 ribu kilometer lebih untuk satu kali pengisian bahan bakar.

Ngeri-ngeri, ya! Untungnya kita tak melihat pesawat-pesawat ini di atas kita di langit ya.

Baca Juga: Ini 10 Tipe Pesawat yang Paling Banyak Dipakai Maskapai Penerbangan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya