Comscore Tracker

6 Aplikasi Media Sosial yang Bisa Menghapus Pesan Pribadimu Secara Otomatis

Tren baru di dunia aplikasi media sosial!

Guys pada sadar gak sih, kalau beberapa waktu belakangan banyak aplikasi sosial media alias sosmed menerapkan model pesan hilang atau self destructing message. Model pesan ini bakal otomatis hilang dalam jangka waktu tertentu, sehingga buat kamu yang kerap khawatir pesanmu dibaca atau diketahui orang lain bisa merasa aman dengan kehadiran model pesan seperti ini.

Mulanya, model pesan seperti ini muncul di aplikasi Snapchat. Namun, model pesan seperti ini sekarang sudah banyak diadopsi aplikasi pesan atau sosial media lainnya seperti Instagram, Facebook Messenger, BlackBerry Messenger, Telegram, hingga yang terbaru LINE.

Biar lebih afdhol, mari kita bedah satu per satu saja model pesan hilang ala pesan di film-film Mission Imposible di masing-masing aplikasi sosmed tersebut. Check this out!

1. Snapchat

 6 Aplikasi Media Sosial yang Bisa Menghapus Pesan Pribadimu Secara Otomatisbeebom.com

Sebagaimana diketahui, Snapchat adalah salah satu aplikasi sosmed yang pertama kali mengusung model pesan hilang. Saat pertama kali diluncurkan pesan hilang ala Snapchat ini pun menarik banyak perhatian.

Model pesan hilang ala Snapchat ini bisa kamu akses dalam bentuk pesan video atau tertulis. Jadi, kamu bisa mulai bikin pesan video dan bagikan ke teman-temanmu di aplikasi. Secara otomatis pesan itu akan hilang setelah 24 jam di upload di Snapchat-mu.

Pesan ini sangat privat, karena kamu bisa mengatur tingkat keprivasian pesanmu. Ingin ditonton satu orang saja, teman-temanmu di Snapchat saja, atau oleh follower yang bukan temanmu di Snapchat.

2. Instagram

 6 Aplikasi Media Sosial yang Bisa Menghapus Pesan Pribadimu Secara Otomatiscoolradiohd.com

Instagram pun juga mengusung model pesan hilang ala Snapchat. Bahkan uniknya, CEO dari aplikasi yang sudah dimiliki sahamnya oleh Facebook ini jelas-jelas mengakui kalau Instagram Stories (nama fitur pesan hilang ala Snapchat milik Instagram) itu meniru desain dari Snapchat.

Bedanya, Instagram Stories ini sifatnya lebih umum ketimbang Snapchat. Orang yang gak punya kedekatan apa pun denganmu, tapi jadi teman di Instagrammu atau sengaja mem-following dirimu akan bisa melihat Instagram Stories-mu atau pesan yang kamu buat.

Jadi, gak privat-privat amat lah!

3. BlackBerry Messenger

 6 Aplikasi Media Sosial yang Bisa Menghapus Pesan Pribadimu Secara Otomatisnews18.com

Gak cuma aplikasi sosial media saja, aplikasi berkirim pesan yang cukup ternama di Indonesia, BlackBerry Messenger juga sudah mengusung fitur pesan hilang otomatis juga lho! Fitur yang diberi nama Timer ini akan memudahkanmu menghilangkan pesan atau chatting yang sifatnya rahasia di BBM.

Kamu bisa mengatur mau berapa lama jangka waktu pesan itu bisa di baca. Nah, kalau sudah mencapai batas waktu yang ditentukan maka pesan akan otomatis hilang atau gak bisa dibaca lagi termasuk olehmu atau oleh orang lain.

Asyik kan?

Baca Juga: CEO Instagram Mengakui Stories Menjiplak Snapchat

4. Facebook Messenger

 6 Aplikasi Media Sosial yang Bisa Menghapus Pesan Pribadimu Secara Otomatisjamesvincent.life

Gak ketinggalan dari Instagram, aplikasi pesan 'asli' buatan Facebook ini juga sudah mengusung model pesan hilang secara otomatis. Sama seperti halnya Facebook Messenger, kamu bisa mengatur waktu hilangnya pesan itu.

Mulai 5 detik hingga 24 jam, kamu bisa mengatur waktu hilangnya isi pesanmu kepada orang lain. Jadi lebih aman lagi lah kalau mau berkirim pesan yang sifatnya privat.

5. LINE

 6 Aplikasi Media Sosial yang Bisa Menghapus Pesan Pribadimu Secara Otomatisofficial-blog.line.me

Baru kemarin, aplikasi pesan asal negeri Sakura ini juga sudah mengeluarkan fitur pesan hilang secara otomatis ala Snapchat. Berbeda dengan aplikasi lainnya, LINE menerapkan pesan hilang hanya untuk status yang kamu tulis di timeline LINE-mu.

Jadi, saat kamu sudah upgrade aplikasi LINE maka akan muncul satu tanda khusus di sebelah kanan kotak update saat kamu akan menulis status. Saat tanda itu diklik maka secara otomatis dalam kurun waktu 24 jam status pesan yang kamu buat akan hilang dari timeline akun LINE-mu.

6. Telegram

 6 Aplikasi Media Sosial yang Bisa Menghapus Pesan Pribadimu Secara Otomatisbeebom.com

Telegram yang punya desain antarmuka mirip WhatsApp ini diklaim punya fitur pesan hilang ala Snapchat juga. Jadi, saat berkirim pesan kamu bisa memilih apakah chat kamu dengan temanmu itu nanti akan hilang dalam jangka waktu tertentu.

Caranya, kamu tinggal mengatur pesan lewat tanda titik tiga yang ada di pojok kanan atas kolom chat. Pilih pengaturan "Set self-destruct timer" di kolom tersebut dan secara otomatis segala chatting-mu dengan temanmu akan hilang dalam jangka waktu tertentu.

Asyik kan? Kira-kira kalau disuruh menjajal, aplikasi sosmed dengan fitur pesan hilang mana yang ingin kamu gunakan? Bagi jawabanmu lewat kotak komentar di bawah ini ya!

Baca Juga: Cara Mudah Block Nomor Orang Rese di WhatsApp. Kamu Gak Lagi Terganggu!

Line Ads

Topic:

Just For You

I Want More !