Comscore Tracker

7 Benda Mengejutkan yang Bisa Memantau Aktivitas Kamu

Privasi menjadi hal yang langka saat ini, waspada ya!

Benda apa yang menurutmu dapat digunakan hacker atau perusahaan besar untuk mengintai kita? Jawaban yang umum diberikan adalah komputer, handphone, webcam, hingga kamera pengintai. Namun apakah kamu yakin hanya itu saja?

Faktanya, benda-benda yang terlihat biasa saja justru menjadi sasaran empuk para pengintai karena kita tidak akan menyadarinya. Ditambah lagi dengan perkembangan teknologi yang semakin advance. Urusan intai-mengintai menjadi hal yang mudah dan bukan masalah besar.

Kita memang tidak bisa mencegahnya, namun kita perlu mengetahui lewat benda apa saja mereka bisa mendapatkan informasi pribadi kita. Catat dan simak penjelasan berikut ini!

1. Robot Vacuum

7 Benda Mengejutkan yang Bisa Memantau Aktivitas Kamuqualcomm.com

Robot vacuum adalah alat yang memudahkan pekerjaan membersihkan rumah. Namun tahukah kamu bahwa vacuum cleaner ini bisa mengintai aktivitasmu? Pada tahun 2017 lalu, Roomba iRobot i7+ tertangkap mengintai pemiliknya.

Bagaimana caranya? Robot vacuum keluaran Google tersebut mampu untuk membuat peta rumahmu saat ia sedang bersih-bersih. Mereka beralasan hal tersebut akan memudahkan Roomba ketika membersihkan ruangan tertentu. Namun ternyata peta buatan tersebut dibagikan ke smart device lainnya yang dipegang oleh Google.

2. Earphone

7 Benda Mengejutkan yang Bisa Memantau Aktivitas KamuIlustrasi earphone (IDN Times/Umi Kalsum)

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Earphone yang kita kira tidak berbahaya ternyata bisa mengintai penggunanya. Ini karena mereka pada dasarnya adalah mikrofon. Earphone dan mikrofon memiliki cara kerja yang sama. Hanya saja, earphone mengubah sinyal elektrik menjadi suara sedangkan mikrofon mengubah suara menjadi sinyal elektrik.

Teknologi ini bisa dieksploitasi menjadi mikrofon pengintai, seperti yang pernah dicoba oleh peneliti dari Ben Gurion University. Mereka melakukannya dengan memasang malware pada komputer. Dengan begitu mereka bisa mendengarkan pembicaraan orang melalui earphone yang disambungkan.

3. Alexa

7 Benda Mengejutkan yang Bisa Memantau Aktivitas Kamugeekwire.com

Alexa, digital assistant yang diluncurkan oleh Amazon ini bisa mengintai pemiliknya. Perusahaan tersebut mempekerjakan ribuan orang untuk meninjau suara perintah yang ditujukan ke Alexa. Orang-orang tersebut mengaku pernah mendengarkan suara-suara yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

Mereka pernah mendengarkan informasi konfidensial bank, percakapan yang seharusnya rahasia, suara perempuan mandi, hingga kekerasan seksual. Amazon mengklaim suara tersebut dianalisis secara anonim padahal sebenarnya tidak. Mereka tentu memiliki data pengguna.

Baca Juga: 7 Aplikasi Anti Spyware Terbaik untuk Smartphone, supaya Datamu Aman

4. Mainan anak-anak

7 Benda Mengejutkan yang Bisa Memantau Aktivitas Kamupcmag.com

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan mainan yang bisa mengintai pemiliknya akibat gambaran pada film. Hal seperti itu ternyata benar terjadi, lho. Ada perusahaan mainan yang memasang kamera dan mikrofon pada produknya.

Genesis, perusahaan mainan asal Hong Kong dan Los Angeles salah satunya. Mereka tertangkap mengintai anak-anak melalui boneka yang bernama My Friend Cayla. Boneka tersebut mampu menerjemahkan percakapan ke teks dan mengirimnya ke pihak lain. Hacker juga bisa menggunakan mainan untuk mengambil gambar, video, rekaman suara, hingga mengidentifikasi lokasi pemiliknya.

5. Lampu LED

7 Benda Mengejutkan yang Bisa Memantau Aktivitas Kamuecvv.com

Kasus lampu LED yang memiliki kemampuan mengintai terjadi di New Jersey, Amerika Serikat. Lampu jalan tersebut dipasangi sensor dan terkoneksi dengan kamera pengintai untuk mengawasi orang di sekitar terminal bandara.

Tentunya karena dipasang di tempat umum, ini tidak berbahaya. Lampu pengawas tersebut memiliki fungsi yang sama dengan CCTV. Informasi yang dikumpulkan digunakan untuk kepentingan kepolisian.

6. CCTV rumah

7 Benda Mengejutkan yang Bisa Memantau Aktivitas Kamuallcooper.com

Kamu mungkin berpikir, tentu saja CCTV bisa mengintai kita. Fungsi utama dari kamera pengintai tersebut adalah untuk mendeteksi pencuri dan aktivitas mencurigakan dari orang luar yang ada di rumah penggunanya. Ternyata hal ini berfungsi dua arah. CCTV juga bisa merekam aktivitas orang rumah.

Kemampuan tersebut membuat sebagian pengguna khawatir. Mengingat banyaknya aktivitas dan percakapan pribadi yang dilakukan di rumah. Oleh karena itu, sebuah perusahaan membuat CCTV yang bisa berputar menghadap tembok saat pemiliknya ada di rumah.

7. Mouse

7 Benda Mengejutkan yang Bisa Memantau Aktivitas Kamumakeuseof.com

Sudah bukan rahasia lagi bahwa komputer bisa mengintai aktivitas penggunanya. Namun masih banyak orang yang tidak tahu bahwa mouse juga memiliki kemampuan tersebut. Hal ini terjadi di Singapura pada tahun 2012.

Sebuah perusahaan dilaporkan karena mengintai pegawainya melalui beragam gadget, termasuk kalkulator, jam beker, dan mouse komputer. Perusahaan memasang mikrofon dan SIM card built in di dalam mouse sehingga bisa mendengarkan percakapan dalam radius 10 meter.

Sudahkah kamu memeriksa barang-barang yang kamu gunakan? Jangan-jangan salah satunya bisa mengintaimu, lho!

Baca Juga: 7 Cara Hacker Mencuri Identitas Lewat Media Sosial, Lebih Waspada ya! 

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya