Comscore Tracker

3 Cara Mengunci WA atau WhatsApp, Chat Gak Diintip Orang Lain

Penting untuk melindungi privasimu!

Kamu pasti punya teman yang suka membuka-buka isi HP orang lain, kan? Entah karena iseng atau kepo. Hal ini tentu membuat kita tidak nyaman. Apalagi jika mereka sampai membuka WhatsApp yang berisi banyak percakapan penting dengan orang lain. 

Bahkan tak jarang, mereka juga mengirimkan pesan kepada orang lain atau istilahnya 'membajak' akun kita dengan alasan bercanda. Kamu tentu tidak mau mengalami hal ini, kan? 

Untungnya ada sejumlah cara mengunci WA untuk menjaga privasi kita dari tangan-tangan jail tersebut. Kita dapat memasang perlindungan yang hanya bisa diakses oleh diri sendiri. Ingin tahu seperti apa cara mengunci WhatsApp? Yuk, simak berikut ini!

1. Cara mengunci WA di Android

3 Cara Mengunci WA atau WhatsApp, Chat Gak Diintip Orang Lainilustrasi Whatsapp (pexels.com/Alok Sharma)

Kita bisa memasang password di WhatsApp menggunakan fingerprint atau sidik jari menggunakan fitur privasi. Jadi, setiap kali kamu akan membukanya, kamu harus menempelkan jarimu pada sensor di smartphone. Berikut ini cara memasangnya:

  1. Pastikan telah meng-update WhatsApp ke versi terbaru
  2. Masuk ke WhatsApp, lalu buka menu 'Settings'
  3. Pilih 'Account' kemudian masuk ke 'Privacy'
  4. Scroll hingga ke bawah dan kamu akan menemukan pilihan 'Fingerprint lock'
  5. Nyalakan toggle 'Unlock with fingerprint' dan klik 'Set up'
  6. Lalu, pilih jenis kunci yang kamu inginkan. Apakah pattern (pola), PIN, atau sidik jari.

Begitu pengaturan tersimpan, maka WhatsApp memerlukan password ini agar bisa terbuka. Tetap ingat pola atau PIN yang sudah dibuat, ya. Seluruh verifikasi ini juga diperlukan ketika kamu ingin menghubungkan WhatsApp ke device lain, seperti laptop. 

Setelah memilih jenis kunci yang kamu inginkan, ada beberapa setelan lain yang harus diatur. Di antaranya adalah jeda waktu untuk mengaktifkan pengunci dan tampilan isi pesan di notifikasi.

Untuk jeda waktu, pilihan pertama yang tersedia adalah 'immediately'. Ini artinya WhatsApp akan langsung dikunci setelah kamu menutupnya atau mengunci layar. Sementara, pilihan lain adalah setelah 1 menit dan 30 menit.

Kemudian kamu juga bisa mengatur tampilan konten pesan di notifikasi. Pengaturan ini terletak tepat di bawah jeda waktu pengunci. Jika kamu mengaktifkannya, isi pesan tetap bisa terbaca di notifikasi. Jika tidak aktif, maka kamu hanya bisa mengakses pesan setelah masuk ke WhatsApp.

2. Cara kunci WhatsApp di iOS

3 Cara Mengunci WA atau WhatsApp, Chat Gak Diintip Orang Lainilustrasi WhatsApp (Pexels/Torsten Dettlaf)

Tak perlu khawatir, fitur pengunci juga tersedia untuk pengguna iOS. Bedanya, jenis pengunci akan menyesuaikan dengan sistem yang tersedia di perangkatmu, yaitu Touch ID atau Face ID. Berikut ini cara memasangnya:

  1. Masuk ke WhatsApp
  2. Buka menu 'Settings' di pojok kanan bawah
  3. Pilih menu 'Account' kemudian masuklah ke 'Privacy'
  4. Scroll hingga kamu menemukan pilihan 'Screen Lock'
  5. Nyalakan toggle untuk 'Require Touch ID/Face ID'.

Setelahnya kamu akan diberikan empat pilihan jeda waktu. Kamu bisa memilih mengunci WhatsApp secara langsung setelah ditutup, setelah 1 menit, 15 menit, dan 1 jam.

Berbeda dengan Android, kamu tidak memiliki pengaturan tampilan notifikasi di iOS. Semua pesan masuk akan tetap masuk ke notification drawer. Namun, bisa diatur apakah ditampilkan atau mau disembunyikan melalui pengaturan.

Baca Juga: WhatsApp Gak Punya 10 Fitur Telegram Ini. Mau Pindah?

3. Menggunakan aplikasi kunci WhatsApp

3 Cara Mengunci WA atau WhatsApp, Chat Gak Diintip Orang Lainilustrasi privasi HP (Unsplash.com/Dan Nelson)

Nah, jika kamu merasa bahwa pengunci default dari WhatsApp belum cukup melindungi privasimu, kamu bisa menambahkan aplikasi lain. Namun, pilihan ini hanya tersedia untuk pengguna Android, ya. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi pengunci yang bisa kamu coba:

  • AppLock
  • AppLock - Fingerprint
  • Smart AppLock
  • LOCKit
  • Norton App Lock
  • Perfect AppLock

Umumnya, cara kerja aplikasi-aplikasi di atas serupa. Kamu akan diminta memasukkan password, kombinasi PIN, ataupun mengatur pattern atau pola penguncian. Perlindungan tersebut nantinya diterapkan pada WhatsApp. Mirip dengan fitur bawaan, aplikasi-aplikasi di atas memintamu memasukkan kata sandi ketika ingin membuka WhatsApp. 

Bonus: mengamankan WhatsApp dengan two-step verification

3 Cara Mengunci WA atau WhatsApp, Chat Gak Diintip Orang Lainilustrasi two-step verification WhatsApp (faq.whatsapp.com)

Selain upaya di atas, jangan lupa aktifkan two-step verification, ya. Selain melindungi dari kepoers, pengaturan ini juga mengamankan akun dari hacker yang mungkin ingin mengambil alih WhatsApp-mu. Fitur ini merupakan keamanan WhatsApp yang berguna untuk melindungi semua data yang tersimpan di dalamnya agar tak diakses orang lain. 

Fitur two-step verification ini akan menanyakan PIN secara berkala. Jadi ketika akunmu dipegang orang lain, mereka tak akan bisa sembarangan masuk. Berikut ini cara mengunci WA dan mengaktifkan perlindungan TSV, baik di Android maupun iOS:

  1. Masuklah ke 'Settings' kemudian pilih 'Account'
  2. Masuk ke menu 'Two-step verification' dan klik 'Enable'
  3. Setelah itu, buatlah 6 digit PIN dan masukkan email untuk melengkapi data. Pastikan memasukkan alamat surel yang masih aktif dan bisa diakses, ya.

Seperti itulah cara mengunci WA atau WhatsApp agar semua data yang ada di dalamnya tidak diintip orang lain. Pastikan kamu memasang fitur-fitur tersebut agar privasimu lebih terjaga, Guys!

Baca Juga: Ini Jenis Data yang Dibagikan WhatsApp ke Facebook

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto
  • Laili Zain
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya