Comscore Tracker

Internet Telkomsel dan Indihome Sedang Gangguan, Ini Penjelasannya!

Memang sedang ada perbaikan di layanan tersebut

Layanan internet Telkomsel dan Indihome tengah mengalami gangguan pada pagi ini, Selasa (5/11). Pengguna sudah mengeluhkan masalah tersebut kira-kira sejak pukul 10.00 WIB.

Sejumlah pengguna mengaku tak bisa mengakses berbagai layanan internet, baik pada jaringan 3G maupun 4G. Akhirnya, akun Twitter kedua penyedia internet tersebut dibanjiri komplain dari netizen. Kira-kira apa penyebabnya? Simak berikut ini!

1. Jaringan internet melambat dan bahkan tak bisa digunakan

Internet Telkomsel dan Indihome Sedang Gangguan, Ini Penjelasannya!my.telkomsel.com

Para pengguna mengeluhkan jaringan internet Telkomsel dan Telkom Indonesia yang sangat lambat. Bahkan sebagian besarnya mengaku mereka tak dapat mengakses internet sama sekali. Awalnya hal ini hanya terjadi di wilayah Jabodetabek saja.

Akan tetapi, ternyata pengguna di daerah lain pun merasakan hal yang sama. Mulai dari Surabaya, Denpasar, Bandung, hingga Semarang. 

“Sinyal 4G tapi memuat ulang terus ada apa @Telkomsel…?? Harga mahal katanya sesuai kualitas. Tapi kok sering gangguan,” tulis user @Nanang57230479 kepada akun Telkomsel di Twitter.

2. Telkomsel membenarkan adanya gangguan, tapi belum ada kepastian sampai kapan

Internet Telkomsel dan Indihome Sedang Gangguan, Ini Penjelasannya!Twitter.com/Telkomsel

Membludaknya komplain dari pengguna membuat admin Telkomsel di Twitter angkat bicara. Mereka meminta maaf dan membenarkan adanya gangguan pada layanan. Namun belum ada kepastian kapan jaringan akan kembali normal.

“Hai, Kak Nanang. Maaf ya buat Kakak ga nyaman :( Mengenai keluhan ga bisa connect internet, saat ini sedang ada peningkatan sistem layanan kami. Diharapkan dapat selesai secepatnya. Makasih selalu setia dengan Telkomsel :),” tulis admin Telkomsel.

3. Tak hanya Telkomsel, IndiHome pun sedang bermasalah dan mencoba memberi penjelasan lewat akun Twitternya

Internet Telkomsel dan Indihome Sedang Gangguan, Ini Penjelasannya!indihome.co.id

Bukan hanya pengguna Telkomsel saja yang komplain, para pelanggan IndiHome pun melakukan hal yang sama di Twitter. Menanggapi banyaknya protes, akun Twitter @IndiHome menawarkan bantuan pengecekan untuk setiap pengguna. 

“Sobat, silakan informasikan untuk nomor internet, nomor hp, email, dna atas nama pemilik layanan IndiHome-nya via DM. Guna kamu bantu pengecekan lebih lanjut. Trims,” respons admin @IndiHome kepada salah satu pelanggan. 

4. Pihak Telkom angkat bicara mengenai gangguan IndiHome

Internet Telkomsel dan Indihome Sedang Gangguan, Ini Penjelasannya!Twitter.com/IndiHome

Telkom telah mengidentifikasi terjadinya gangguan pada jaringan internet mereka dan kini sedang menelusuri asal mulanya. Mereka meminta maaf dan berjanji akan segera memperbaikinya secepat mungkin. 

Sementara itu, menurut pantauan dari Fing, pendeteksi jaringan internet dunia, layanan Telkom Indonesia memang memburuk mulai pukul 10.15 WIB. Namun tercatat bahwa masalah terselesaikan dalam waktu 30 menit. Sayangnya, ini hanya berlaku untuk sebagian pengguna saja.

Untuk saat ini, mari kita tunggu informasi selanjutnya dari pihak Telkomsel dan Telkom Indonesia mengenai penyelesaian gangguan tersebut. 

Baca Juga: 7 Cara Cek Kuota Internet Telkomsel dan Mengaktivasinya

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You