Comscore Tracker

Cara Reset HP Vivo, Mudah dan Cepat!

Siapkan ponsel dengan baterai minimal 30%

Mencari cara reset HP Vivo? Langkah-langkah ini bisa kamu ikuti untuk mengatur ulang ponsel ke setelan pabrik. Memiliki banyak fungsi, mereset ponsel dapat meningkatkan kinerja dan mengurangi banyaknya sampah di HP kamu. Ini akan mengosongkan RAM dan memori sehingga performanya kembali maksimal. 

Bahkan ketika ponsel terkena serangan malware, mengembalikan ke pengaturan pabrik merupakan cara tercepat untuk ‘mengobatinya'. Terpenting, cara reset HP ini harus dilakukan ketika hendak menjual atau memindahtangankan gawai. Tujuannya agar terhindar pencurian data yang mungkin masih ada di ponsel.

Nah, terdapat dua cara berbeda. Cara pertama yakni melalui menu pengaturan. Ini bisa dilakukan apabila kamu masih memiliki akses kunci layar. Cara kedua, menggunakan tombol fisik di ponsel. Langkah mereset HP Vivo ini berguna ketika ponsel tidak lagi bisa dibuka kunci atau lupa kata sandi.

1. Cara reset HP Vivo melalui pengaturan

Cara Reset HP Vivo, Mudah dan Cepat!ilustrasi menu pengaturan (unsplash.com/sten ritterfeld)

Apabila kamu memiliki akses penuh pada ponsel atau tidak lupa kata sandi, cara ini bisa dengan mudah kamu lakukan. Pun tidak terlalu rumit karena memang tersedia menu kembali ke setelan pabrik di tiap ponsel.

Sebelum mengikuti langkah mereset HP Vivo di bawah, ada baiknya simpan semua data penting di memori cadangan (backup). Karena nantinya ponsel akan diatur ulang ke setelan pabrik yang mana menjadikan benar-benar kosong.

Agar proses reset berjalan maksimal, sebaiknya cukupkan baterai setidaknya di angka 30%. Jika tidak, ponsel berpotensi kehabisan daya di tengah proses reset dan hasilnya menjadi tidak maksimal.

Apabila sudah siap, kamu bisa mengikuti step-by-step mereset ulang ponsel melalui menu pengaturan.

  1. Buka menu pengaturan atau setting di HP 
    Kamu tentu tidak kesulitan menemukan menu dengan ikon umum bergambar gerigi. 
  2. Klik opsi ‘More Settings’ atau ‘Pengaturan Lainnya’
    Untuk menemukan opsi ini, kamu bisa menggulir layar hingga beberapa kali. Biasanya berada di pertengahan menu. 
  3. Pilih ‘Backup and Reset’
    Jika ponselmu diatur ke dalam bahasa Indonesia, maka pilih menu ‘Cadangkan dan Reset’.
  4. Pilih ‘Erase All Data’
    Setelah mengklik langkah sebelumnya, akan muncul pop-up yang berisi pilihan pencadangan. Kamu tinggal pilih erase all data atau ‘Hapus Semua’ untuk mengosongkan ponsel kembali seperti baru.
  5. Centang ‘Format Phone Storage’ dan klik ‘Clear Now’
    Jika sudah mantap dan data penting sudah di-backup, maka kamu bisa melanjutkan langkah dengan mencentang ketentuan yang diminta. Lalu klik tombol 'Clear Now' atau bersihkan sekarang guna memulai restart.

Kamu mungkin akan diminta memasukkan password guna memberi akses pembersihan ponsel. Cukup masukkan kata sandi layar yang biasa kamu gunakan untuk membuka HP. 

Secara umum, menu kembali ke pengaturan pabrik tersedia di semua HP Vivo. Namun, bisa jadi terdapat perbedaan penempatan dan penamaan di antarmuka sistem tiap versi. Adakalanya terdapat langkah tambahan untuk menemukan menu ‘Erase All Data’.

Setelah melewati langkah-langkah di atas, ponsel akan otomatis melakukan pengosongan dan kembali ke pengaturan pabrik. Proses ini membutuhkan beberapa saat hingga benar-benar berhasil. Hindari mematikan ponsel saat proses restarting sedang terjadi, ya.

Baca Juga: Ini Cara Reset HP Xiaomi dengan Mudah, Data Tetap Aman!

2. Cara reset HP Vivo melalui recovery mode

Cara Reset HP Vivo, Mudah dan Cepat!ilustrasi recovery mode (unsplash.com/caspar camille rubin)

Lalu, bagaimana jika tidak lagi dapat mengakses ponsel karena lupa kata sandi layar? Cara reset HP Vivo dengan tombol melalui recovery mode ini bisa kamu coba. Berbeda dengan menu pengaturan yang mudah diakses, menu recovery mode ini sedikit tersembunyi. 

Perlu trik khusus agar menu recovery mode bisa muncul dan digunakan untuk mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik. Langkah mereset HP Vivo dengan masuk ke mode pemulihan yakni:

  1. Matikan ponsel seperti biasa
    Jika masih memiliki akses, kamu bisa mematikan ponsel melalui menu pengaturan. Namun apabila lupa password, cukup tekan tombol power sekian detik untuk otomatis mematikan ponsel.
  2. Pastikan HP sudah dalam keadaan mati
    Untuk bisa masuk ke mode pemulihan, kamu perlu menunggu proses penonaktifan tuntas. Berikan jeda sejenak untuk memastikan ponsel sudah dalam keadaan tidak aktif.
  3. Tekan tombol power + volume up
    Lakukan selama beberapa detik. Jika tombol telah ditekan secara bersamaan, maka ponsel akan secara otomatis masuk ke menu recovery mode. Lepaskan tombol jika sudah muncul tulisan ‘Fastboot Menu and Recovery’ di layar. 
  4. Pilih opsi ‘Recovery Mode’
    Masuk ke menu fastboost mode lalu klik ‘Recovery Mode’ untuk membuka menu penghapusan data ponsel. 
  5. Pilih ‘Wipe Data’ atau ‘Factory Reset’
    Di sini, kamu akan mendapati beberapa opsi yang bisa kamu lakukan pada ponsel. Termasuk reboot system, system repair mode, juga install update. Karena ingin mengatur ulang ponsel, maka pilih ‘wipe data’ atau ‘factory reset’.
  6. Kembali pilih ‘Wipe Data’
    Selanjutnya akan muncul menu penghapusan. Termasuk pilihan penghapusan sebagian, mengembalikan pengaturan ke manual, juga penghapusan data. Klik opsi ‘Wipe Data’.

Konfirmasi penghapusan data jika diperlukan sebelum proses reset dimulai dan membutuhkan beberapa saat. Jika sudah selesai, kamu bisa tekan tombol ‘Back’ untuk kembali ke halaman awal recovery mode.

Untuk mengaktifkan ponsel kembali, cukup pilih opsi ‘Reboot System’. Secara otomatis ponsel akan melakukan reboot dan siap digunakan kembali. 

Sebagai catatan, beberapa tipe HP Vivo mungkin belum mendukung layar sentuh saat memasuki menu recovery mode. Jika begini, pilih opsi menggunakan tombol volume up untuk navigasi naik dan volume down untuk navigasi ke bawah. Tombol power berfungsi sebagai ‘ok’ untuk mengonfirmasi pilihan.

Sudah deh, cara reset HP Vivo mudah, bukan? Kini ponselmu telah kembali ke pengaturan pabrik. Kamu bisa menyesuaikan pengaturan kembali sesuai kebutuhan. 

Baca Juga: Cara Reset HP Samsung Tanpa Kehilangan Data, Seperti Baru!

Topic:

  • Laili Zain
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya