Comscore Tracker

Inilah Socialblade, Situs yang Bisa Deteksi Fake Followers!

Situs yang jadi heboh gara-gara YouTuber Singapura, Xia Xue!

Baru-baru ini jagad maya dihebohkan oleh munculnya video buatan beauty YouTuber asal Singapura, Xia Xue. Para blogger dan influencer cukup ramai membahas isi video tersebut, karena Xia Xue dinilai sangat berani kalau gak mau dibilang nekat dengan mengungkap akun-akun yang dicurigai follower-nya itu palsu alias beli bot. Xia Xue menggunakan situs analisa yang bernama Socialblade untuk mendeteksi beberapa akun tersebut. Nah, apa benar situs Socialblade mampu mendeteksi akun-akun dengan fake followers?

Ini nih video Xia Xue yang jadi kontroversi.

Sudah nonton videonya?

Bisa dilihat kalau Xia Xue ini benar-benar sangat berani ya mendeteksi akun-akun yang bisa jadi follower-nya palsu. Akun-akun yang diperiksanya merupakan influencer yang cukup terkenal di negeri singa tersebut. Bahkan tak segan dia memasukkan akun PM Lee Hsien Long! Wah kira-kira habis ini Xia Xue bakal dihujat massal gak ya sama temen-temen blogger dan influencer-nya?

Sebenarnya apa sih tujuan utama Socialblade?

Inilah Socialblade, Situs yang Bisa Deteksi Fake Followers!socialblade.com

Ok, terlepas dari kenekatan Xia Xue membuat video demikian, sebenarnya tujuan utama dari Socialblade ini adalah untuk memberikan hasil analisa terkait pertumbuhan suatu akun influencer kepada pemilik bisnis dan agensi secara obyektif. Dengan adanya data analisa, pemilik bisnis dapat membandingkan dan mempertimbangkan faktor-faktor penyerta sebelum memutuskan untuk bekerjasama. Hanya saja, mungkin Xia Xue melihat dari sisi lain bahwa aplikasi ini bisa juga digunakan untuk mendeteksi pengikut palsu dengan melihat pertumbuhan grafiknya yang tidak stabil.

Sudah umum kita ketahui bahwa tren marketing saat ini menggunakan pendekatan personal dengan meng-hire mereka-mereka yang punya pengaruh di media sosial. Salah satu indikatornya adalah jumlah pengikut dan likes dari postingan mereka. Sayangnya, tren positif ini juga diikuti adanya tren negatif dengan munculnya penyedia jasa yang menjual follower palsu dan mereka-mereka yang mungkin tergiur potensi bisnis influencer sehingga ingin ngetop dengan cara instan.

Adanya tren negatif ini tentu saja akan merugikan para influencer sesungguhnya yang sudah susah payah membangun reputasi dan pengikut secara organik. Selain itu, kerugian juga bakal dialami bagi para pemilik bisnis akan mendapatkan hasil yang kurang sesuai ekspektasi.

Lantas bagaimana sih cara kerja Socialblade?

Inilah Socialblade, Situs yang Bisa Deteksi Fake Followers!socialblade.com

Well, dari video di atas mungkin kamu sudah bisa menerka cara kerja Socialblade. Cukup dengan memasukkan nama akun, maka mesin otomatis akan mencari dan mendeteksi nama akun tersebut. Kemudian kita klik dan muncullah hasil analisanya. Media sosial yang bisa dideteksi oleh Socialblade juga baru ada 4 jenis yakni Youtube, Twitter, Twitch dan Instagram.

Hasil analisa yang disajikan oleh Socialblade adalah berupa ringkasan statistik pengguna mingguan, detil statistik pertumbuhan follower dan proyeksi pertumbuhan akun di masa depan. Kamu bisa tahu berapa follower yang didapat secara alami atau 'curang' selama sehari oleh sang influencer melalui fitur analisa future projection.

Apa kamu tertarik untuk mencoba menganalisa akun media sosialmu? Langsung saja berkunjung ke websitenya atau bisa download aplikasinya via Google Play atau App Store. Tapi, jangan senekat Xia Xue bongkar akun orang lain ya. Salah-salah nanti kamu dituntut lho!

Catatan: Data statistik di atas menggunakan akun instagram penulis.

Melissa Olivia Photo Community Writer Melissa Olivia

Full time mom, part time blogger. Author of Mel's Playroom blog (www.melsplayroom.com). Let's keep in touch through my Instagram @melsplayroom.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 12:15:03

Progress: 766.524 dari 813.350 TPS (94.24282%)

Just For You