Comscore Tracker

Usianya Sudah Seperempat Abad, Ini 5 Fakta Menarik Tentang SMS

Pengirim pesan paling hits sampai sekarang, nih!

Siapa yang tidak kenal dengan SMS? Salah satu layanan seluler ini begitu populer di kalangan pengguna ponsel selama bertahun-tahun. Sebelum kemunculan smartphone dengan aplikasi pesan instannya, SMS menjadi salah satu pilihan utama untuk berkomunikasi melalui ponsel.

Dikirim pertama kali pada 3 Desember 1992, tanpa terasa usianya kini telah seperempat abad. Sejak kemunculannya, ada sejumlah fakta menarik tentang SMS. Yuk, simak ulasannya.
 

1. Orang yang Pertama Kali Mengirim SMS.

Usianya Sudah Seperempat Abad, Ini 5 Fakta Menarik Tentang SMStheglobeandmail.com

SMS pertama kali dikirim oleh Neil Papworth, mantan developer Sema Group Telecoms pada 3 Desember 1992. Papworth mengetik pesan SMS melalui PC karena saat itu ponsel belum memiliki keyboard. SMS yang dikirim Papworth itu berhasil diterima Richard Jarvis di ponsel Vodafonenya. Isi SMS yang dikirim Papworth saat itu adalah "Merry Christmast" .
 

2. Ponsel Pertama yang Menggunakan Layanan SMS.

Usianya Sudah Seperempat Abad, Ini 5 Fakta Menarik Tentang SMSretromobe.com

Ponsel pertama yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan SMS adalah ponsel buatan Nokia. Pada tahun 1993, Nokia membuat ponsel yang dapat mengirim dan menerima SMS. Selanjutnya pada tahun 1997, Nokia mulai memproduksi Nokia 9000i Communicator yang memiliki keyboard lengkap.
 

3. Operator Seluler Pertama yang Memberikan Akses Layanan SMS.

Usianya Sudah Seperempat Abad, Ini 5 Fakta Menarik Tentang SMStopsy.one

Radiolinja menjadi operator seluler pertama yang memberikan akses layanan SMS sehingga orang-orang dapat mengirim dan menerima SMS melalui operator seluler tersebut. Layanan operator seluler yang berbasis di Finlandia ini juga menjadi operator seluler pertama yang menggunakan teknologi GSM dengan jaringan 2G.
 

4. SMS Mulai Digunakan untuk Voting.

Usianya Sudah Seperempat Abad, Ini 5 Fakta Menarik Tentang SMSmadison.com

Pada tahun 2003 SMS mulai digunakan untuk melakukan pemungutan suara (voting). Hal ini merupakan hasil kerjasama American Idon AT&T. Sejak saat itu voting melalui SMS semakin marak digunakan, mulai untuk kepentingan bisnis, politik, hingga hiburan
 

5. Barack Obama Mengumumkan Wakilnya melalui SMS.

Usianya Sudah Seperempat Abad, Ini 5 Fakta Menarik Tentang SMSpopsugar.com

Pada tahun 2008, Barack Obama mengumumkan Joe Biden sebagai wakilnya dalam pemilihan presiden Amerika Serikat. Saat itu, Barack Obama menggunakan layanan SMS massal yang ditujukan ke rakyat Amerika Serikat untuk mengumumkan wakilnya tersebut

Itulah beberapa fakta menarik sejak kemunculan SMS seperempat abad yang lalu. Kira-kira seberapa lama SMS akan bertahan ya? 

Line Ads

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You

I Want More !