Comscore Tracker

5 Rekomendasi Website yang Bantu Sukseskan Penurunan Berat Badan

Bisa diakses secara gratis, lho!

Gaya hidup sehat merupakan fondasi utama dalam penurunan berat badan. Namun, ada hal lain yang juga tak boleh luput dari perhatian, mulai dari menghitung kebutuhan kalori hingga melacak asupan dan pengeluaran kalori setiap hari.

Tentunya, kamu memerlukan sebuah "alat" untuk melakukannya. Untuk memudahkanmu menjalankan program penurunan berat badan, daftar website berikut sangat worth it untuk dikunjungi, lho. Jangan lupa dicatat karena bisa diakses secara gratis!

1. TDEE Calculator

5 Rekomendasi Website yang Bantu Sukseskan Penurunan Berat BadanTdee Calculator (tdeecalculator.net)

Berapa banyak kalori yang kamu butuhkan setiap hari? Ini adalah pertanyaan fundamental yang harus dijawab sebelum memulai proses penurunan berat badan. Mengetahui kebutuhan kalori bantu memberikan gambaran soal asupan makan, seperti porsi dan frekuensi makan.

Kamu bisa mencari tahu kebutuhan kalori dengan mengunjungi situs TDEE Calculator. Setelah mengisi data, situs akan menghitung kebutuhan kalori sesuai dengan usia, berat badan, tinggi badan, dan level aktivitas. Jika kamu memasukkan persentase lemak tubuh, perhitungan kalorinya bahkan akan jauh lebih akurat.

Namun, ketika menurunkan berat badan, metode defisit kalori sangat dianjurkan. Metode ini dilakukan dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori dari kebutuhan. Idealnya, seseorang dapat mengurangi 500-700 kalori setiap hari. Namun, pengurangan kalori sebaiknya dilakukan secara bertahap agar tubuh dapat beradaptasi.

2. Panganku

5 Rekomendasi Website yang Bantu Sukseskan Penurunan Berat BadanPanganku (panganku.org)

Setelah mengetahui kebutuhan kalori harian, langkah selanjutnya tentu saja menyusun pola makan. Dalam hal ini, kamu dianjurkan membuat rencana menu lengkap dengan kalori tiap makanan. Pastikan asupan kalorinya sesuai dengan kebutuhan.

Untuk menghitung kalori setiap makanan, kamu bisa mengunjungi situs Panganku milik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Di sini tersedia database kandungan kalori pangan yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Namun, kamu juga bisa mengunjungi situs FDC USDA milik Departemen Pertanian Amerika Serikat untuk mengetahui kalori makanan yang tak tersedia di situs Panganku.

3. Chloe Ting

5 Rekomendasi Website yang Bantu Sukseskan Penurunan Berat BadanChloe Ting (chloeting.com)

Masih ingat dengan Chloe Ting? Sosok fitness influencer yang namanya sempat naik di awal pandemik COVID-19. Gadis asal Australia ini aktif menciptakan berbagai challenge olahraga yang selalu ramai diikuti netizen. Tak sedikit orang mengaku badannya menjadi lebih bugar dan berbentuk usai mengikuti challenge.

Hingga saat ini, Chloe Ting masih aktif menciptakan program olahraga yang dibagikan melalui situs pribadinya, chloeting.com. Tak perlu khawatir, siapa pun bisa mengaksesnya secara gratis.

Tak hanya program olahraga, Chloe juga membagikan resep makanan sehat untuk jadi inspirasi menu di rumah. Membantu banget, kan?

Baca Juga: 5 Tips Turunkan Berat Badan dalam Seminggu ala Ade Rai

4. Livestrong

5 Rekomendasi Website yang Bantu Sukseskan Penurunan Berat BadanLivestrong (livestrong.com)

Dalam menyusun strategi penurunan berat badan, kamu perlu memahami sains di baliknya. Untuk itu, membaca jurnal ilmiah atau buku rujukan sangat dianjurkan. Namun, jika tak punya banyak waktu untuk menguliknya, kamu bisa mengunjungi situs seperti Livestrong yang menyajikan fakta ilmiah dari sumber terpercaya. 

Segala informasi soal kesehatan, termasuk metode menurunkan berat badan dengan sehat tersedia dengan lengkap. Informasinya juga dibalut dengan gaya bahasa yang cenderung mudah dipahami. Jadi, kamu bisa enjoy membaca tanpa mengernyitkan dahi.

5. Myfitnesspal

5 Rekomendasi Website yang Bantu Sukseskan Penurunan Berat BadanMyfitnesspal (forbes.com)

Ingin menyusun rencana pola makan dengan mudah dan praktis? Myfitnesspal siap jadi bestie kamu saat menjalani program penurunan berat badan. Situs ini dapat bantu mencari kebutuhan kalori hingga melacak asupan dan pengeluaran kalori setiap hari. 

Di sini, kamu juga bisa menemukan resep makanan sehat hingga rekomendasi workout, sehingga kamu gak bakal kehabisan ide. Myfitnesspal juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh di Google Playstore dan Apple Appstore, lho!

Kini perjalanan diet penurunan berat badan kamu akan semakin lebih mudah dengan kehadiran daftar situs di atas. Tak perlu khawatir, semua situsnya bisa diakses secara gratis. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Website yang Berguna untuk Kebutuhan Manusia Zaman Sekarang

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya