Comscore Tracker

7 Aplikasi Terbaik untuk Melacak Menstruasi, Perempuan Wajib Punya

Bisa memprediksi jadwal haid dan masa subur

Secara umum, perempuan mengalami menstruasi satu bulan sekali atau setiap 28 hari. Tetapi, teori itu tidak selalu berlaku karena kenyataannya menstruasi bisa terjadi lebih cepat atau lebih lambat. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti hormon, aktivitas fisik hingga perubahan berat badan yang tiba-tiba.

Untuk membantu memprediksi jadwal menstruasi dan masa subur, kamu perlu meng-install aplikasi berikut ini. Jangan khawatir, tersedia di Android dan iOS kok!

1. Flo Period Tracker

7 Aplikasi Terbaik untuk Melacak Menstruasi, Perempuan Wajib Punyadigitaltrends.com

Bisa dibilang, Flo Period Tracker adalah aplikasi pelacak menstruasi paling populer. Di Google Playstore, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 50 juta kali sejak dirilis pada 12 April 2016 lalu. Dengan Flo Period Tracker, kamu bisa memprediksi jadwal menstruasi. Selain itu, kamu bisa mengetahui waktu ovulasi atau masa subur dengan kalkulator kesuburan.

Bahkan, perempuan dengan jadwal menstruasi tidak teratur pun bisa mendapatkan prediksi yang akurat. Flo Period Tracker juga berguna untuk mencatat perkembangan kehamilan. Kita juga bisa mencatat suasana hati, aktivitas seks, gairah seks, gejala PMS, durasi tidur dan konsumsi air harian. All in one!

2. Clue

7 Aplikasi Terbaik untuk Melacak Menstruasi, Perempuan Wajib Punyaknowtechie.com

Clue pernah meraih penghargaan sebagai "Best Fertility Apps 2019" dari Healthline. Apakah Clue memang sebagus itu? Dengan Clue, kamu bisa melacak menstruasi, ovulasi dan kesuburan. Kamu juga bisa mencatat gejala, deras atau tidaknya darah yang keluar serta perubahan suasana hati saat haid.

Ada pula artikel seputar menstruasi dan akan menjawab gejala yang kita alami. Sehingga, kamu bisa mendapatkan penjelasan yang akurat. Kamu juga bisa mendapatkan pengingat kapan harus minum pil KB, supaya tidak lupa. Semua fitur lengkap ini bisa kamu dapatkan hanya dengan log-in di aplikasi. Mudah dan simpel!

3. Glow

7 Aplikasi Terbaik untuk Melacak Menstruasi, Perempuan Wajib Punyaglowing.com

Apa saja fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Glow? Di sini, kamu bisa melacak siklus menstruasi, mengetahui masa ovulasi atau masa subur, sehingga sukses untuk hamil. Yang bikin beda, kamu bisa bergabung dengan komunitas online untuk berbagi ilmu dan berbincang dengan perempuan lain. Terdengar seru, kan?

Kamu juga bisa mencatat gejala saat PMS dan membandingkannya dengan PMS di bulan sebelumnya. Itulah mengapa Glow bisa meraih lebih dari satu juta unduhan di Google Playstore sejak 23 Januari 2014. FYI, pengembang Glow Inc juga membuat aplikasi bernama Nurture untuk kehamilan dan Baby untuk mencatat tumbuh kembang bayi.

4. Lunar

7 Aplikasi Terbaik untuk Melacak Menstruasi, Perempuan Wajib Punyaplay.google.com

Masih bingung, kira-kira kapan jadwal menstruasi selanjutnya? Temukan jawabannya dengan mengunduh aplikasi Lunar! Di sini, kamu bisa memprediksi menstruasi, melacak ovulasi dan masa subur. Lunar bertindak layaknya jurnal, kamu bisa mencatat kondisi kesehatanmu setiap hari.

Dengan Lunar, kamu bisa mengetahui kapan hari yang tepat untuk berhubungan seks supaya tidak hamil. Atau justru, kamu bisa memilih hari terbaik untuk program kehamilan, jika kamu dan pasangan ingin punya anak. Selain itu, ada komunitas sosial di mana kamu bisa melakukan tanya-jawab seputar kesehatan dan organ reproduksi perempuan.

Baca Juga: Merasa Stres? Ini 7 Aplikasi yang Bisa Bikin Kamu Lebih Bahagia

5. Mia

7 Aplikasi Terbaik untuk Melacak Menstruasi, Perempuan Wajib Punyaapk4fun.com

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh aplikasi Mia. Misalnya, mengetahui kapan datangnya haid, melacak siklus menstruasi, ovulasi, kesuburan dan PMS. Kamu pun bisa mengetahui peluang tinggi atau rendahnya kehamilan di hari-hari tertentu berkat Mia. Tak hanya itu, kamu bisa mencatat gairah seks, suasana hati, berat badan dan suhu basal dengan aplikasi ini.

Perkaya wawasanmu dengan membaca artikel seputar kesehatan perempuan yang ditulis oleh ginekolog, ahli gizi dan psikolog. Menariknya, kamu bisa mencatat berapa banyak air yang kamu minum setiap hari, sehingga tidak perlu mengunduh aplikasi lain dan lebih menghemat ruang penyimpanan di ponsel.

6. Hawa

7 Aplikasi Terbaik untuk Melacak Menstruasi, Perempuan Wajib Punyahijup.com

Sebagai bentuk kebanggaan terhadap produk lokal, unduh aplikasi bernama Hawa ini, yuk! Hawa dibuat oleh PT. Ideaga Altekno Nusantara, dirilis pada 12 Agustus 2015 dan memperoleh lebih dari sejuta unduhan di Google Playstore. Fiturnya kurang lebih sama dengan aplikasi sejenis, yakni melacak siklus menstruasi dan memprediksi masa subur.

Jika kamu sedang merencanakan atau menunda kehamilan, kamu bisa mengetahuinya di Hawa. Selain itu, kamu bisa membaca artikel seputar menstruasi, kecantikan, fashion, tip hamil, kesehatan, diet hingga asmara. Fitur community bisa digunakan jika ingin berbagi pengetahuan dengan orang lain.

7. Ovia Fertility and Cycle Tracker

7 Aplikasi Terbaik untuk Melacak Menstruasi, Perempuan Wajib Punyajuju.com.au

Terakhir, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Ovia Fertility and Cycle Tracker. Dirilis oleh Ovia Health pada 31 Desember 2014, aplikasi ini berhasil mendapatkan lebih dari satu juta unduhan di Google Playstore. As always, kamu bisa melacak siklus menstruasi, melacak kesuburan dan mengalkulasi ovulasi. 

Selain itu, kamu juga bisa mencatat suhu basal, aliran darah saat haid, suasana hati, gairah seks, gejala dan kondisi kesehatan. Kamu pun bisa membaca ribuan artikel kesehatan yang berkaitan dengan organ reproduksi dan ditulis oleh para ahli. Lengkap, kan?

Nah, itulah 7 aplikasi yang bisa digunakan untuk melacak dan memprediksi siklus menstruasi. Tak usah ragu, langsung unduh, yuk!

Baca Juga: 7 Aplikasi Video Serupa TikTok, Ada yang Bisa Menghasilkan Uang Lho

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya