Comscore Tracker

Cara Menyingkirkan SMS Spam, supaya Gak Merasa Terganggu Lagi 

Bosan dapat SMS spam tiap hari, kan?

"Selamat! Anda memenangkan undian 150 juta. No ID: DRV8819. Cek hadiah anda di www.undianhadiah9.blogspot.com"

Pernah dapat SMS semacam itu? Atau justru kamu menerimanya hampir setiap hari? SMS spam memang membuat kita sebal. Mungkin, kita bisa mengabaikan dan langsung menghapusnya. Tapi, apakah kita bisa melenyapkannya selamanya?

Ternyata, ada cara yang bisa dilakukan untuk menyingkirkan SMS spam, agar kita tidak diganggu lagi. Terapkan cara ini supaya hidupmu lebih tenang!

1. Apa itu SMS spam?

Cara Menyingkirkan SMS Spam, supaya Gak Merasa Terganggu Lagi consumerinfo.my

Sebelum beranjak lebih jauh, mari mengenal seputar SMS spam terlebih dahulu. Definisi SMS spam adalah pesan teks yang tidak diinginkan atau tidak diminta yang dikirim secara membabi buta ke device kita dengan tujuan komersial, dilansir dari laman T-Mobile.

Wujud SMS spam bermacam-macam, ada teks yang berisi tautan ke situs website atau nomor tertentu. Jika kita klik link tersebut, mungkin saja perangkat kita disusupi oleh malware atau diarahkan untuk mengunduh sesuatu yang berbahaya.

2. Mengapa kita bisa menerima SMS spam?

Cara Menyingkirkan SMS Spam, supaya Gak Merasa Terganggu Lagi tunisianmonitoronline.com

Mungkin kamu bertanya-tanya, kok bisa ada banyak SMS spam yang nyasar ke perangkatmu? Dilansir dari laman USA Today, para scammer mendapatkan nomor telepon kita dari situs website atau aplikasi yang menjual data kita.

Bisa jadi, kamu sendiri yang menyerahkan datamu dengan mengisi formulir di situs website yang tidak jelas. For your information, SMS spam bisa dikirim oleh perusahaan resmi untuk mengiklankan barang, layanan, atau penjualan. Tetapi, pesan ini juga bisa dikirim oleh penipu dan telemarketer.

3. Install aplikasi spam blocker

Cara Menyingkirkan SMS Spam, supaya Gak Merasa Terganggu Lagi consumeraffairs.com

Pertama, kamu bisa menghentikan SMS spam dengan meng-install aplikasi spam blocker. Salah satunya adalah Block Text yang dirilis oleh Key Messages. Aplikasi ini secara otomatis memblokir SMS spam dari pengirim yang tidak dikenal.

Kecerdasan buatan yang ditanamkan bisa membedakan mana nomor pribadi dan nomor yang digunakan oleh scammer atau telemarketer. Selain itu, sebagian aplikasi spam blocker juga bisa memblokir panggilan dari nomor yang tidak dikenal. Tanpa basa-basi, langsung download dan install, yuk!

4. Manfaatkan fitur blokir bawaan perangkat

Cara Menyingkirkan SMS Spam, supaya Gak Merasa Terganggu Lagi IDN Times/Nena Zakiah

Beberapa perangkat telah menyertakan fitur blokir SMS spam, salah satunya Oppo. Caranya mudah, masuklah ke menu pesan, lalu tekan dan tahan pada pesan yang ingin kamu blokir. Lalu, pilih opsi "Tambahkan ke Daftar Hitam". Selesai!

Sementara, untuk iPhone, buka teks dari nomor yang ingin kamu blokir dan ketuk nomor pengirim. Klik ikon info (i) dan klik nomor telepon. Kamu bisa memilih opsi "Blokir Penelepon" atau "Blokir Kontak", pilih sesuai kebutuhanmu, saran laman USA Today.

Baca Juga: 7 Aplikasi Perekam Panggilan Terbaik, Bisa untuk Menyimpan Bukti

5. Gunakan "pengaturan rahasia" di perangkatmu

Cara Menyingkirkan SMS Spam, supaya Gak Merasa Terganggu Lagi gadgethacks.com

Sebenarnya, ini bukan pengaturan rahasia. Tetapi, banyak orang yang belum mengetahuinya. Fitur ini bisa membantu menghilangkan pesan spam dan teks robot dengan memfilter spam di perangkat seluler kita, jelas laman USA Today.

Untuk perangkat iPhone, klik Pengaturan > Pesan > pilih Memfilter Pengirim Tidak Dikenal dan aktifkan pengaturan. Sementara, jika kamu pengguna Android, pilih menu Telepon > ketuk ikon tiga titik di sebelah kanan atas > Pengaturan > Blokir > Blokir Pesan > pilih Blokir Pesan dari Nomor tidak Dikenal. Kamu juga bisa mengatur kata kunci untuk pesan spam dan masukkan kata-kata yang ingin kamu saring.

6. Adukan nomor ke otoritas yang berwenang

Cara Menyingkirkan SMS Spam, supaya Gak Merasa Terganggu Lagi smartcalling.com

Jika kamu sudah muak, kamu bisa mengadukan nomor spam ke otoritas yang berwenang. Per Desember 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) membuka layanan aduan nomor telepon yang melakukan penipuan atau dianggap menyebar pesan spam.

Adukan nomor tersebut ke akun Twitter @aduanBRTI dan nomor itu akan diblokir oleh Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). Kamu cukup mengunggah screnshot pesan beserta nomor yang dianggap melakukan spam, lalu mention ke @aduanBRTI. Semakin banyak aduan, semakin cepat nomor itu diblokir.

7. Jika tidak berhasil, cobalah berganti nomor

Cara Menyingkirkan SMS Spam, supaya Gak Merasa Terganggu Lagi home.bt.com

Lelah dengan puluhan atau bahkan ratusan pesan spam yang masuk setiap harinya? Jika segala cara sudah dilakukan dan tak membuahkan hasil, lebih baik ganti nomor saja. Ini adalah opsi terakhir dan perlu dipertimbangkan matang-matang sebelum dilakukan.

Jika nomor baru telah terpasang di perangkatmu, pastikan untuk tidak mengisi data pribadi di situs website yang tidak jelas kredibilitasnya. Biasanya, dengan iming-iming hadiah, orang-orang akan dengan mudah menyerahkan data pribadinya. Lindungi privasimu dengan tidak sembarangan menyebar data pribadi, ya.

Nah, itulah penjelasan mengenai SMS spam sekaligus cara untuk menghindarinya. Terapkan yuk, agar hidupmu bebas dari gangguan!

Baca Juga: 7 Aplikasi Terbaik untuk Menambahkan Watermark di Foto, Simpel Banget!

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya