Comscore Tracker

7 Fitur Viber, Aplikasi Pesan Instan yang Tak Kalah dari Whatsapp

Mau coba kirim chat pakai Viber?

Layanan pesan instan yang kita kenal ada banyak macamnya. Mulai dari Whatsapp, LINE, Telegram, WeChat, Facebook Messenger, Skype dan lain sebagainya. Namun, ada satu layanan pesan instan yang mungkin belum kamu coba, yaitu Viber! Viber adalah layanan pesan instan yang dioperasikan oleh perusahaan multinasional Jepang, Rakuten.

Mau tahu apa saja fitur-fitur menarik yang tersedia di Viber? Dan apakah Viber bisa menggantikan posisi Whatsapp atau LINE? Simak selengkapnya di sini!

1. Beralih pembicaraan dengan cepat

7 Fitur Viber, Aplikasi Pesan Instan yang Tak Kalah dari Whatsapphongkiat.com

Apa yang terjadi jika kamu harus membalas banyak chat, sementara kamu perlu beralih di antara ruang obrolan dengan cepat? Kamu tak perlu pergi ke halaman utama aplikasi setiap kali perlu membalas chat, karena akan menghabiskan banyak waktu.

Cukup geser layar ke sebelah kanan, maka semua ruang obrolan aktif akan muncul. Untuk beralih ke ruang obrolan yang berbeda, kamu hanya perlu mengetuk nama ruang obrolan teman atau grup, saran laman Hongkiat. Easy, right?

2. Menyembunyikan status online dan seen

7 Fitur Viber, Aplikasi Pesan Instan yang Tak Kalah dari Whatsappvaluestuffz.blogspot.com

Sama seperti Whatsapp, kamu bisa menyembunyikan status online dan seen, lho! Kamu bisa mengaktifkan fitur ini apabila sedang butuh privasi. Selain itu, mematikan status seen berguna agar kamu bisa melihat chat tanpa harus membalasnya saat itu juga.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkannya? Pergilah menuju halaman utama Viber, lalu ketuk Navicon dan pilih Pengaturan. Setelahnya, pilih Privasi dan hapus centang pada pilihan online dan seen. Sesimpel itu!

3. Mengaktifkan fitur Smart Notification

7 Fitur Viber, Aplikasi Pesan Instan yang Tak Kalah dari Whatsapphongkiat.com

Secara default, aplikasi Viber akan mengirimkan notifikasi apabila ada chat yang masuk. Jika kamu merasa notifikasi ini mengganggu, lebih baik hidupkan Smart Notification. Lalu, Viber akan menggabungkan pesan yang masuk menjadi satu notifikasi.

Cara untuk mengaktifkannya mudah, yaitu masuk ke ruang obrolan dan geser layar ke sebelah kiri. Pilihan Smart Notification pun akan muncul seketika. Centang kotak di samping Smart Notification untuk menghidupkannya, jelas laman Hongkiat.

4. Mensenyapkan notifikasi yang masuk

7 Fitur Viber, Aplikasi Pesan Instan yang Tak Kalah dari Whatsapphongkiat.com

Jika kamu sedang sibuk dan tak ada waktu untuk membaca pesan, maka kamu bisa mematikan seluruh notifikasi di Viber. Hal ini bisa kamu lakukan untuk membuatmu tetap fokus dan tak terdistraksi dengan banyaknya pesan yang masuk.

Pertama, ketuk Navicon > Pengaturan > Notifikasi. Lalu, matikan seluruh pengaturan yang berkaitan dengan notifikasi dengan menghapus centang. Kamu juga bisa mematikan notifikasi Viber dengan klik Pengaturan > Aplikasi > Viber > Matikan Notifikasi.

Baca Juga: 8 Messenger Jadul Ini Sempat Populer Sebelum WhatsApp dan Line

5. Menghapus pesan di perangkatmu

7 Fitur Viber, Aplikasi Pesan Instan yang Tak Kalah dari Whatsappgihosoft.com

Ingin menghapus pesan yang dikirim oleh mantan di aplikasi Viber? Kamu bisa menghapus ruang obrolan dengan mudah dan cepat. Tetapi, sama seperti Whatsapp, ruang obrolan yang dihapus hanya di perangkatmu saja. Sementara, di perangkat lawan bicara, pesan itu tetap ada dan tak terhapus. Tak jauh berbeda dari Whatsapp.

Terapkan langkah-langkah berikut ini! Pertama, masuk ke ruang obrolan dan pilih mana pesan yang ingin dihapus. Lalu, ketuk dan tahan pesan, selanjutnya pilih opsi Hapus. Untuk menghapus pesan secara menyeluruh, kamu bisa memilih Hapus Riwayat Pesan.

6. Mencoret dan menghias foto

7 Fitur Viber, Aplikasi Pesan Instan yang Tak Kalah dari Whatsappviberisthebest.blogspot.com

Jika kamu sedang bosan, tak ada salahnya untuk mencoba fitur ini: doodle! Kamu bisa mencoret-coret dan menghias foto dengan tools yang tersedia di aplikasi Viber. Setelah selesai, kamu bisa menyimpan hasil doodling dan mengirimnya ke teman.

Caranya mudah, yaitu pilih foto apa pun yang diterima di aplikasi Viber, lalu ketuk Navicon. Setelahnya, pilih opsi Doodle This Photo. Kamu bisa bermain-main dengan kuas, warna dan penghapus. Apabila sudah selesai, ketuk dan kirim hasil doodling ke temanmu!

7. Memblokir kontak yang mengganggu

7 Fitur Viber, Aplikasi Pesan Instan yang Tak Kalah dari Whatsapptechbout.com

Terus-menerus diteror oleh orang asing di aplikasi Viber? Tenang, kamu bisa memblokirnya supaya hidupmu kembali damai! Dengan memblokir, mereka tak akan bisa menghubungi atau mengirim chat lagi kepadamu. Bagaimana cara mempraktikkannya?

Pertama, pilih percakapan yang ingin kamu blokir. Lalu, geser layar ke kiri dan pilih menu Navicon. Lalu, pilih opsi 'Block this Contact'. Sementara, untuk membuka blokir, pilih Navicon > Pengaturan > Privasi > Daftar Blokir > Unblock. Mudah, kan?

Nah, itulah 7 fitur aplikasi Viber yang bisa kamu coba dan terapkan. Tertarik untuk berpindah dari Whatsapp atau LINE ke Viber?

Baca Juga: 5 Fitur WhatsApp Ini Bikin Berkirim Pesan Makin Mudah, Sudah Tahu?

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You